dry ice cleaning

Teknologi dry ice cleaning merupakan teknik pembersihan terobosan baru yang tengah diminati oleh industry-industri di dunia. Apa itu dry ice cleaning dan industri apa yang paling menarik manfaat darinya?

Apa Itu Dry Ice Cleaning?

Teknik ini merupakan cara membersihkan mesin dan berbagai permukaan yang aman dan efektif. Pembersihan es kering atau pembersihan tekanan kering menggunakan media ledakan berupa karbon dioksida padat. Teknologi pembersihan terbaru ini memberikan hasil yang lebih bersih, waktu yang lebih singkat serta tak meninggalkan limbah sekunder seperti teknik pembersihan bertekanan lainnya.

Teknik pembersihan dry ice cleaning membutuhkan pembongkaran terbatas dan peralatan bisa diaktifkan kembali setelah dibersihkan sehingga mengurangi durasi shutdown dan mampu meningkatkan produksi. Teknologi dry ice cleaning sangat tepat digunakan untuk pembersihan mesin yang kritis dengan durasi pembersihan yang singkat. Anda bisa menggunakan teknik pembersihan es kering untuk menghilangkan residu hidrogen sulfida, resin, karbon, sisa makanan, korosi, residu minyak dan debu bijih besi.

Mengapa Memilih Metode Ini?

Ada beberapa keuntungan pemakaian teknik pembersihan es kering, di antaranya seperti :

  • Menghemat waktu shutdown

Pekerjaan pembersihan tak membutuhkan waktu lama. Teknik ini memiliki sifat unik yakni tak mengandung kelembaban sehingga kontaminan yang dibersihkan bisa tetap kering dan tak meninggalkan debu. Sisa-sisa pembersihan bisa dengan mudah disedot maupun ditangkap oleh filter sehingga Anda tetap bisa melanjutkan pekerjaan selama pembersihan berlangsung.

  • Minimal limbah buangan

Teknik pembersihan es kering hanya membutuhkan sedikit pembersihan tambahan setelah seluruh prosesnya selesai. Hal ini tentu mengurangi biaya pembuangan limbah secara signifikan. Bahkan dalam beberapa kasus biaya tambahan dan limbah dari proses pembersihan es kering bisa benar-benar dihilangkan.

  • Mempersingkat pekerjaan

Proses pembersihan yang bersifat kering memungkinkan pengurangan kebutuhan penggunaan alat pengeringan maupun oven untuk mengeringkan selama berhari-hari. Pembersihan es kering di lokasi juga mengurangi potensi kerusakan peralatan selama proses transportasi.

  • Tak memakai bahan kimia berbahaya

Proses pembersihan es kering tak membutuhkan bahan kimia berbahaya. Hal ini membuat teknik ini sangat aman bagi kesehatan serta mengurangi resiko cedera karena bisa menjangkau area yang sulit dengan mudah. Teknik pembersihan es kering memanfaatkan berbagai macam bentuk nozzle yang mampu menjangkau lokasi sulit dan membersihkannya secara sempurna.

  • Lebih banyak mencapai hasil pembersihan selama shutdown

Teknik pembersihan ini dinilai lebih praktis. Anda tak perlu membongkar dan merakit peralatan kembali setelah dibersihkan. Hal ini membuat banyak aktivitas bisa diselesaikan selama durasi shutdown. Waktu shutdown pun bisa dipotong secara drastis. Karena proses pembersihan es kering merupakan proses yang kering, Anda bisa langsung mengembalikan peralatan listrik ke kondisi semula setelah proses pembersihan selesai.

Bagaimana Teknik Dry Ice Cleaning Bekerja?

Metode pembersihan ini menerapkan metode pembersihan bertekanan tinggi. Teknik ini dinilai lebih unggul daripada metode tekanan air di semua aplikasi. Proses pembersihan es kering dikendalikan oleh accelerator es kering yang bertindak sebagai media pemberi tekanan dan pengendali laju umpan es. Setidaknya ada 3 sumber energy yang dipakai dalam proses pembersihan ini yakni energi kinetik, perbedaan termal dan sublimasi serta ekspansi molekul.

Energi kinetik yang digunakan dalam proses dry ice cleaning mirip metode peledakan tradisional yakni butiran dry ice dipercepat dalam tekanan jet udara yang terkompresi. Ketika butiran dry ice menjangkau kontaminan, maka akan membentuk perbedaan termal antara kontaminan dan lapisan yang terkontaminasi sehingga tercipta pecahan ikatan. Dry ice terbentuk dari karbon dioksida yang terkompresi. Bila diekspansi dengan cepat, maka dry ice mampu menghilangkan kontaminan. Ketika dry ice menyentuh permukaan, butirannya akan berubah dari padat kembali ke gas normal secara instan.

Industri Apa yang Paling Menarik Manfaat Dari Dry Ice Cleaning?

Hingga saat ini, teknik dry ice cleaning banyak digunakan di Australia, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Indonesia, China, Thailand dan Singapura. Peningkatan laju ekonomi dinilai sebagai pemicu penggunaan dry ice cleaning. Hal ini juga berdampak pada penerapan teknik pembersihan manual dan kimia yang dianggap memiliki banyak kekurangan dan tak lagi dibutuhkan. Di negara-negara maju, dry ice cleaning diterapkan di 80% industri. Industri yang mendapatkan manfaat dari teknik pembersihan dry ice di antaranya seperti :

  • Industri pembangkit listrik, meliputi pembersihan turbin gas, substations, switchyards dan gulungan stator generator.
  • Mining, meliputi pembersihan lokasi, draglines, face shovels,winders, slip rings, commutators, resistor banks, heatsinks dan kabinet distribusi alat listrik.
  • Kilang minyak, meliputi pembersihan mesin derek, mesin proses, cabinet listrik MDB, peralatan manufacturing dan sistem kontrol.
  • Percetakan dan kertas, meliputi pembersihan mesin cetak, rol anilox dan karton dan kertas manufaktur peralatan.
  • Pengolahan makanan, meliputi pembersihan peralatan produksi, pengemasan, lokasi produksi dan komponen elektrik.

Tindakan Pencegahan Dry Ice Cleaning

Meski menawarkan banyak keuntungan dan memiliki tingkat keselamatan tinggi, teknik pembersihan ini juga memiliki kelemahan. Kelemahannya yakni kontaminan akan beterbangan ketika proses pembersihan berlangsung. Partikel kontaminan yang dilepaskan dari permukaan bisa terbang dan mendarat di area yang tak diinginkan. Oleh sebab itu, lindungi peralatan dengan memberi kain penutup ketika proses pembersihan berlangsung.

Permukaan yang dicat juga bisa rusak ketika terkena dry ice cleaning. Menyesuaikan kecepatan dan tekanan dry ice cleaning sangat diperlukan guna menghindari kerusakan pada permukaan lainnya. Jangan lupa pula untuk memastikan adanya aliran udara yang baik selama proses pembersihan berlangsung. Hal ini karena bekerja dengan konsentrasi gas CO2 yang tinggi bisa memicu sesak napas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *