tips aman naik pesawat

Droplet atau tetesan yang keluar ketika orang terinfeksi Covid-19 batuk maupun bersih adalah salah satu jalan penyebaran virus corona. Hal itu karena tetesan tersebut bisa jatuh ke permukaan sebuah benda lalu bertahan selama berhari-hari. Begitu juga di dalam pesawat, dimana mungkin ada penumpang sudah terinfeksi lalu bersin ataupun batuk dan tetesannya jatuh mengenai kursi maupun benda-benda lain yang ada di dalam pesawat.

Hal di atas tentu menjadi alasan untuk beberapa penumpang pesawat merasa ragu untuk terbang. Tapi, pada nyatanya maskapai penerbangan tentu sudah mengantisipasi hal-hal seperti itu terjadi. Mereka melakukan berbagai cara atau langkah pencegahan penularan virus di dalam pesawat. Selain itu, ada beberapa cara membersihkan pesawat yang dilakukan maskapai tersebut supaya pesawat tetap aman dari ancaman berbagai virus, terutama virus corona. Apa saja kira-kira caranya? Berikut pembahasannya.

Beberapa Cara Membersihkan Pesawat untuk Mencegah Virus Corona dan Virus Lainnya

  1. Membersihkan Kabin Pada Tiap Malam Hari

Jeda penerbangan yang umumnya terbatas, awak kabin sangat mungkin untuk hanya membersihkan bagian dalam pesawat, terutama sampahnya. Namun pada malam hari, pesawat akan dibersihkan dengan menyeluruh mulai dari kursi, toilet, bagasi kabin, serta berbagai bagian lainnya.

  1. Menyemprot Pesawat Menggunakan Disinfektan

Pada setiap bulan, maskapai penerbangan mempunyai jadwal pembersihan pesawat secara lebih menyeluruh. Maskapai pun melakukan penyemprotan dengan disinfektan pada pesawat. Penyemprotan disinfektan ini mampu untuk memberikan perlindungan hingga 10 hari pada pesawat. Tidak hanya itu, di saat pandemi seperti ini penyemprotan disinfektan dibutuhkan untuk mematikan berbagai virus yang mungkin terdapat di pesawat. Tentunya cara ini dilakukan untuk menjaga kesehatan para penumpang supaya tidak tertular covid-19 ataupun penyakit yang lainnya selama terbang bersama mereka.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan pesawat yang dilakukan maskapai. Namun, mencegah penularan covid-19 di dalam pesawat haruslah tidak hanya diupayakan oleh maskapai penerbangan, melainkan juga dari para penumpang. Caranya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan. Tidak hanya itu, penumpang pesawat pun bisa mengikuti beberapa tips terbang aman ini agar terbebas dari covid-19. Tips ini sebagaimana dilansir Live Strong, laman informasi kesehatan yang mempunyai basis di Amerika Serikat. Berikut adalah pembahasannya.

Tips Aman Naik Pesawat untuk Penumpang

  1. Teliti Ketika Memilih Maskapai Penerbangan

Meneliti berbagai hal yang memiliki kaitan dengan pesawat yang akan digunakan untuk terbang adalah hal penting dilakukan sebelum memesan tiket. Anda harus mengetahui tentang bagaimana cara maskapai dalam menjaga keamanan dari penumpang maupun pegawainya. Saat ini sudah maskapai-maskapai penerbangan sudah banyak yang menerapkan berbagai peraturan guna mencegah penyebaran covid-19 di dalam pesawat. Bahkan maskapai-maskapai tersebut sudah menginformasikannya di situs resmi mereka. Anda bisa meneliti terlebih dahulu bagaimana maskapai memberlakukan peraturan protokol kesehatan ketika di pesawat, misalnya saja mengenai jarak fisik antar penumpang maupun awak kabin sampai bagaimana pelayanan makanan dan minumannya.

  1. Mengurangi Interaksi Saat Berada di Bandara

Salah satu area public yang bisa menjadi tempat yang sangat berpotensi untuk penularan covid-19 adalah bandara. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memperhatikan diri sendiri saat berada di sana. Meskipun mengurangi kontak dengan orang lain adalah hal yang cukup sulit, tapi sebaiknya Anda mencoba meminimalisirnya. Misalnya saja, ketika membeli tiket Anda memilih membeli dengan melalui online serta menggunakan layanan mobile boarding pass. Anda juga bisa membawa hand sanitizer dan rajin mencuci tangan dengan air yang mengalir karena benda-benda di bandara sangat mungkin disentuh oleh banyak orang.

  1. Membatasi Intensitas untuk ke Kamar Mandi

Saat berada di bandara maupun pesawat, cobalah untuk membatasi intensitas Anda ke kamar mandi. Hal itu karena kamar mandi merupakan salah satu sarang kuman. Benda-benda yang ada di kamar mandi bisa saja menjadi media penularan covid-19 seperti engsel pintu kamar mandi serta closet. Namun, jika Anda harus ke kamar mandi pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Lalu hindari sebisa mungkin menyentuh engsel pintu.

  1. Menyalakan Ventilasi Udara

Jika sudah berada di dalam pesawat, Anda dan penumpang lainnya disarankan untuk menyalakan ventilasi udara yang ada di atas tempat duduk. Hal itu untuk membantu aliran udara menghalau virus serta kuman untuk ke arah kabin.

  1. Menjaga Jarak Fisik dengan Orang Lain

CDC sangat merekomendasikan menerapkan jarak fisik untuk mencegah penularan Covid-19. Jarak fisik yang disarankan CDS adalah minimal 1,8 – 2 meter. Tidak hanya itu, saat membeli pesawat sebaiknya Anda mencari informasi lebih dulu apakah maskapai yang akan digunakan menjamin adanya jarak fisik saat penerbangan.

  1. Memakai Masker

Salah satu cara utama dalam protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona adalah menggunakan masker. Hal itu karena masker tidak hanya untuk menghindari paparan droplet namun juga untuk mengurangi aktivitas Anda menyentuh mulut dan hidung serta bagian wajah lainnya.

  1. Rajin Membersihkan Tangan

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun serta menggunakan hand sanitizer harus dilakukan untuk memastikan bahwa tangan anda selalu dalam keadaan yang bersih. Lalu saat naik pesawat, pastikan Anda juga membersihkan permukaan benda-benda yang ada di sekitar dengan menggunakan larutan disinfektan.

Demikian pembahasan mengenai berbagai cara membersihkan pesawat yang dilakukan maskapai serta tips untuk penumpang pesawat agar terhindar dari penularan covid-19 selama berada di perjalanan dengan moda transportasi tersebut. Patuhi protokol kesehatan yang diterapkan agar senantiasa merasa aman dan nyaman dari virus corona.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *