Pabrik di zaman modern sekarang memang  sudah memiliki lingkungan kerja yang jauh lebih baik dibandingkan pada masa revolusi industri dulu.

Meski demikian kebersihan pabrik tetap wajib untuk dijaga baik menjaga kebersihan dengan cara standar seperti membersihkan lantai dan perlengkapan produksi secara rutin, hingga membersihkan dengan metode khusus untuk menjaga sebuah ruangan tetap steril dan bebas kontaminasi misalnya dengan metode fumigasi.

Pabrik yang terjaga kondisi kebersihannya tidak hanya akan terlihat bagus bagi konsumen atau klien perusahaan yang melakukan kunjungan tapi juga bisa menjaga kesehatan dan keamanan para pekerja yang bekerja di dalam pabrik setiap hari. Berikut ini adalah beberapa area pabrik yang paling wajib untuk dibersihkan.

  1. Area kerja atau produksi

Yang pertama tentu saja adalah area yang digunakan untuk kerja karyawan dalam memproduksi produk pabrik tersebut. Area produksi adalah area utama di mana kegiatan produksi yang melibatkan mesin, alat-alat produksi, dan berbagai macam bahan mentah akan meninggalkan residu-residu yang jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan masalah keselamatan.

Mesin-mesin yang mengeluarkan asap atau uap, penggunaan bahan bakar, sisa-sisa bahan produksi, permukaan lantai dan area kerja yang berminyak, semuanya harus dibersihkan setiap hari agar hasil produksi pun kualitasnya tidak terkontaminasi.

  1. Gudang

Gudang adalah area tempat penyimpanan hasil jadi produksi yang belum didistribusikan atau untuk menyimpan bahan-bahan yang akan digunakan untuk produksi.

Gudang juga digunakan sebagai tempat penyimpanan alat produksi dan juga aset yang dimiliki oleh pabrik. Dengan banyaknya barang yang ada di gudang wajar jika area ini mudah kotor, berdebu, penuh dengan serpihan-serpihan material, dan hal-hal lain yang mengganggu kebersihannya.

Gudang adalah area pabrik yang juga wajib untuk dibersihkan, pastikan lorong-lorongnya bebas dari kotoran dan minyak, serta pastikan suasana lingkungan di gudang sesuai dengan kebutuhan barang yang disimpan misalnya pengaturan suhu dan juga sirkulasi udaranya.

  1. Ruang penyimpanan dingin

Untuk bahan-bahan maupun produk tertentu dibutuhkan ruang penyimpanan khusus dengan suhu yang dijaga di tingkat yang rendah. Apakah ruangan yang dingin sampai titik beku pun juga harus dibersihkan?

Pada ruangan yang dingin pun kontaminasi tetap bisa terjadi. Tempat penyimpanan yang tidak dibersihkan juga bisa mengurangi daya pendingin yang bekerja menjaga suhu ruangan tetap rendah.

  1. Dinding, langit-langit, dan lantai

Ketika membersihkan area tertentu pada pabrik, tidak hanya lantai saja yang menjadi perhatian namun juga dinding dan langit-langit pun harus dibersihkan. Hal ini karena dinding dan langit-langit pun bisa terkontaminasi dengan debu, kotoran, minyak, abu bekas pembakaran, dan lainnya.

Ketika membersihkan dinding dan langit-langit bersihkan pula kacanya karena kaca yang kotor lama kelamaan akan makin buram dan menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Ruangan yang minim matahari akan lebih lembab dan mudah menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman.

  1. Area persiapan bahan produksi

Pada pabrik yang menggunakan bahan basah atau bahan organik untuk membuat produknya, maka akan ada risiko kontaminasi organisme seperti bakteri, jamur, dan juga kuman bahkan virus yang bisa tumbuh dari bahan organik tersebut.

Terutama untuk pabrik industri makanan, area persiapan pembuatan makanan harus dibersihkan yang biasanya dibutuhkan metode yang lebih mutakhir seperti misalnya melakukan fumigasi. Fumigasi dengan menyemprotkan bahan sanitasi berpartikel kecil bisa mematikan organisme kontaminator pada ruangan dan juga peralatan yang digunakan.

  1. Area kantor

Area kantor yang digunakan untuk manajemen pun juga merupakan tempat yang wajib untuk dibersihkan. Housekeeping yang digunakan untuk kantor bisa berbeda dengan yang digunakan pada pabrik di mana kegiatan produksinya berlangsung. Untuk membersihkan kantor cukup dengan menggunakan perlengkapan rumah tangga dan tidak dibutuhkan metode khusus untuk melakukannya. Asalkan dilakukan dengan rutin oleh staff yang profesional, kantor yang bersih pun bisa meningkatkan branding dari perusahaan.

  1. Area R&D

Area R&D (research and development) adalah area yang tidak kalah pentingnya untuk selalu dijaga kondisi kebersihannya. Terutama jika kegiatan R&D yang dilakukan melibatkan bahan-bahan kimia maupun bahan organik untuk menciptakan produk yang berkualitas tinggi. Bahan-bahan tersebut sangat mudah terkena kontaminasi apabila ruangan tidak dibersihkan rutin.

  1. Toilet

Toilet pada lingkungan pabrik adalah fasilitas sanitasi yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Hal ini karena toilet di pabrik memiliki traffic yang cukup tinggi, artinya digunakan oleh banyak orang yang masing-masing membawa bahan kontaminasinya sendiri dan bisa tertular ke orang lain.

Maka dari itu petugas toilet harus menjaga kebersihan toilet, menyediakan sabun cuci tangan dan juga tisu atau mesin pengering tangan pada setiap toilet agar bahan kontaminasi tidak masuk ke dalam tubuh pekerja pabrik yang menggunakan toilet secara bergiliran.

  1. Area istirahat

Untuk para pekerja yang telah bekerja dengan giat tentunya pabrik memiliki tempat khusus untuk istirahat. Misalnya kantin atau kafetaria yang bisa digunakan sebagai tempat makan siang, atau ruangan khusus untuk pekerja yang ingin merokok. Area-area ini pun juga harus dibersihkan karena merupakan bagian dari pabrik dan jadi tempat aktivitas para pekerja.

Lantai tempat makan juga bisa berminyak karena kegiatan memasak, ruang merokok pun biasanya kotor dengan puntung rokok dan juga abu yang meleset dari tempat sampah yang disediakan. Untuk sanitasi dan kebersihan yang menyeluruh area istirahat tidak boleh ketinggalan untuk dibersihkan.

  1. Area luar pabrik

Tidak hanya area dalam pabrik, area luar pabrik pun juga harus dibersihkan. Misalnya pada area tangga, area pintu masuk, dan juga area loading barang. Jika tidak dibersihkan maka tentunya bisa mengganggu alur jalan orang yang sering kali sedang membawa barang dan bisa membahayakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *