kebersihan kantor

Kali ini kita sedang memasuki musim hujan yang mana selain membawa kesejukan di alam juga menyebabkan berbagai masalah baik di lingkungan luar maupun di dalam gedung. Hujan dengan intensitas yang banyak dan lama bisa menyebabkan banjir apalagi jika tempat Anda berada di perkotaan yang serapannya minim. Musim hujan juga sangat berpengaruh pada kebersihan lingkungan dalam gedung khususnya gedung kantor.

Kantor yang berisi banyak pekerja tersebut terkadang membawa kotoran dari luar sehingga kantor menjadi terlihat kotor, tidak hanya pekerja saja namun jika kantor Anda menerima Klien pasti juga akan berakibat sama. Selain itu cuaca dingin dan lembab pada musim hujan juga akan menyebabkan aroma ruangan menjadi tidak sedap. Lalu bagaimana tips untuk menjaga kebersihan kantor saat musim hujan ?

Sediakan Kran Air di Luar

Banyak sekali karyawan kantor yang menggunakan sepatu yang sudah banyak terkena tanah bahkan lumpur. Sehingga menyediakan kran air di luar ini sangat efektif untuk membersihkan sepatu bagian bawah sebelum masuk ke kantor. Kran dengan aliran air yang kecil bisa digunakan untuk membasuh sepatu bagian bawah

Jika kantor Anda tidak menerima klien, kran air bisa Anda letakan di mana pun Anda suka baik di depan kantor, di samping kantor, atau di belakang. Namun, jika kantor Anda menerima klien sebaiknya menghindari peletakan kran air di depan kantor, Anda bisa memindahkannya ke samping atau ke belakang dan membuat kesepakatan karyawan masuk lewat pintu belakang.

Pakai Keset PVC atau Keset Karet

Setelah sepatu dibasuh dengan menggunakan air pastinya sepatu akan basah bukan ?. Untuk mengeringkan bawah sepatu yang basah bisa menggunakan keset PVC yang teksturnya kasar dan pas untuk sepatu sehingga saat karyawan masuk ke dalam kantor tidak menimbulkan bercak kotoran atau pun air.

Jika Kantor Anda menerima klien sebaiknya menggunakan keset yang terbuat dari karet yang berwarna gelap seperti hitam. Keset ini sifatnya lebih keras dan lebih tangguh. Keset ini bisa langsung digunakan oleh klien yang akan masuk ke kantor Anda tanpa membasuh sepatu terlebih dahulu, karena akan tidak sopan jika menyuruh klien membasuh alas kakinya terlebih dahulu.

Anda harus menyediakan banyak sekali keset seperti ini karena akan sangat banyak digunakan dan akan gampang kotor. Namun, jika Anda tidak gengsi menggunakan kardus bekas juga sangat membantu untuk menjaga lantai kantor tetap bersih, kardus bisa menyerap air pada bawah sepatu dengan maksimal dan juga tidak sayang jika terkenal lumpur, setelah itu bisa langsung dibuang.

Pastikan Saluran Air di Area Kantor Lancar

Anda harus memperhatikan saluran-saluran air yang ada di area kantor, apakah ada yang tersumbat atau ada yang kurang besar. Hal ini bisa mencegah terjadinya banjir atau genangan air di area kantor. Selain itu, saluran air yang lancar juga bisa menjadi aliran air hujan serta air dari kran untuk membasuh alas kaki. Agar tidak menggenang dan menjadikan Area kantor terlihat kotor.

Gunakan Silika Ruangan

Pada saat musim hujan biasanya ruangan kantor akan terasa sangat lembap dan menyebabkan jamur banyak tumbuh apalagi banyak furnitur kantor yang terbuat dari kayu yang merupakan habitat terbaik bagi jamur. Oleh karena itu gunakan silika ruangan yang berguna menyerap kelembapan ruangan dan mengurangi potensi jamur tumbuh di ruangan kantor. Silika bekerja menyerap butiran-butiran air yang ada di ruangan penyebab kelembapan di ruangan.

Gunakan Pewangi Ruangan yang Ekstra

Saat musim hujan, apalagi ruangan terasa sangat lembap dan berjamur biasanya akan menimbulkan berbagai bau yang tidak sedap. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan lebih banyak pewangi ruangan agar karyawan tidak terganggu dengan bau begitu juga dengan klien yang masuk ke dalam gedung kantor.

Lebih Rajin Menyapu dan Mengepel Lantai

Saat musim hujan tiba memang yang paling menjadi masalah adalah kebersihan lantai. Anda bisa membayar cleaning service dengan lebih untuk menyapu serta mengepel lantai. Karena jika hanya pagi dan sore saja lantai akan terlihat sangat kotor. Jika lingkungan kantor terlihat sangat kotor pasti akan membuat klien tidak nyaman.

Menyiapkan Banyak Tempat Sampah yang Tertutup

Sampah adalah salah satu hal yang sangat menjijikkan apalagi saat musim hujan datang, cuaca yang dingin, lembap dan berjamur dapat membuat lalat-lalat bermigrasi ke lingkungan kantor, apalagi banyak tempat sampah yang terbuka maka lalat akan sangat senang mengunjunginya. Tidak hanya lalat saja, kecoak pun sangat suka lingkungan yang seperti itu.

Tempat sampah yang tertutup dapat mengurangi potensi sampah tercium oleh lalat, kecoak dan hewan sebangsa mereka. Selain itu, tempat sampah yang tertutup juga bisa mengurangi bau pada ruangan. Tempat sampah yang tertutup juga mengurangi tersebarnya bakteri ke ruangan.

Menyiapkan lebih banyak cairan antiseptik dan desinfektan

Untuk persiapan musim hujan, Anda bisa menyiapkan lebih banyak antiseptik dan desinfektan. Antiseptik adalah salah satu bahan yang bisa membunuh mikroorganisme pada tubuh, bisa berupa handrub atau pun hand wash. Hal ini bisa melindungi karyawan dari berbagai penyakit, mikroorganisme dan juga jamur.

Desinfektan merupakan zat yang digunakan untuk membunuh bakteri pada ruangan. Desinfektan ini sangat berguna untuk membunuh mikroorganisme yang membuat ruangan bau, bisa berupa obat pel atau karbol. Selain itu desinfektan juga bisa mengatasi adanya hewan-hewan seperti lalat dan kecoak masuk ke dalam lingkup kantor.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *