Apakah anda sedang mencari cara untuk membuat restoran anda bebas dari coronavirus? Apabila iya, maka anda sudah datang ke tempat yang tempat. Pandemi coronavirus sudah mengubah berbagai aspek dalam kehidupan semua orang. Pandemi ni merupakan krisis kesehatan yang berimbas kepada berbagai industri dan usaha yang ada di luar sana.

Salah satu jenis industri yang paling terpengaruh ialah industri perhotelan dan restoran. Berbagai hotel, restoran, kafe, dan tempat makan lainnya terkena imbas dari coronavirus yang hingga saat ini masih tersebar luas. Bahkan, berbagai usaha tersebut terpaksa tutup karena tidak mampu bertahan di era pandemi ini.

Menurut World Health Organization (WHO), coronavirus merupakan penyakit respiratorik. Artinya, penyakit ini menyebar melalui saluran napas, bukan melalui makanan. Tidak ada bukti yang mengatakan bahwa virus ini bisa disebarkan melalui makanan atau kemasan makanan. Coronavirus membutuhkan host berupa bintatang maupun manusia untuk bisa menyebar. Maka dari itu, dengan protokol kebersihan yang baik, seharusnya restoran bisa beroperasi dengan baik pula.

Restoran Beroperasi Selama Pandemi Coronavirus

Apakah restoran masih beroperasi selama pandemi coronavirus berlangsung? Nah, beberapa restoran dan kafe sudah mulai beroperasi kembali saat ini. Namun, restoran-restoran tersebut beroperasi dengan berbagai limitasi tertentu. Banyak sekali restoran di luar sana yang hanya melayani takeaway atau delivery. Beberapa restoran yang memperbolehkan pelanggan untuk makan di tempat juga memberlakukan beberapa peraturan untuk mengurangi penularan dari coronavirus.

Peraturan-peraturan yang diberlakukan pada berbagai restoran tersebut meliputi prosedur-prosedur kebersihan. Misalnya, pelanggan yang hendak makan di tempat akan diperiksa suhunya terlebih dahulu sebagai bentuk skrining terhadap coronavirus. Selain itu, restoran-restoran tersebut juga biasanya memberlakukan peraturan social distancing pada meja dan kursi yang ada di restoran tersebut.

Apabila anda memiliki sebuah restoran, maka penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara mengurangi penularan coronavirus di dalam restoran anda. Kami akan memberikan beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melakukan hal tersebut. Inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memastikan bahwa restoran anda bebas dari coronavirus.

#1. Terapkan Peraturan Kebersihan yang Ketat

Pertama, anda harus memastikan bahwa restoran anda memiliki peraturan kebersihan yang ketat. Hal ini ditujukan untuk membebaskan restoran anda dari coronavirus yang mungkin dibawa oleh pelanggan maupun staff restoran anda. Anda bisa melakukan hal ini dengan cara mewajibkan staff restoran untuk mencuci tangan dengan air secara rutin. Selain itu, anda juga bisa menyediakan hand sanitizer di berbagai sudut dalam restoran anda.

#2. Batasi Jumlah Pengunjung

Selain menerapkan peraturan kebersihan, anda juga bisa membatasi jumlah pengunjung di dalam restoran anda. Dengan begitu, anda bisa menerapkan social distancing dengan lebih baik lagi. Hal ini tentunya akan mengurangi kemungkinan penularan dari coronavirus dari pelanggan yang hendak makan di restoran anda.

#3. Himbau Pembayaran tanpa Kontak

Berkat teknologi, pelanggan dari restoran anda bisa melakukan pembayaran tanpa mengharuskan kontak fisik dengan staff restoran anda. Metode pembayaran yang bisa dilakukan antara lain dengan QR code yang tidak melibatkan kontak fisik sama sekali. Maka dari itu, sebaiknya anda menyediakan metode pembayaran seperti ini dan menghimbau pelanggan anda untuk melakukan pembayaran tanpa kontak fisik.

#4. Penggunaan Masker dan Sarung Tangan Sekali Pakai

Tentunya, anda harus mewajibkan staff dan pelanggan dari restoran anda untuk tetap menggunakan masker di dalam area restoran. Masker dapat mengurangi penularan dari coronavirus dengan cukup efektif. Selain itu, anda juga sebaiknya mewajibkan staff restoran anda untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai saat memproses makanan. Masker dan sarung tangan sekali pakai tersebut juga sebaiknya dibuang ke sebuah tempat sampah yang terpisah dengan sampah rumah tangga.

#5. Social Distancing untuk Antrian

Restoran anda juga sebaiknya menerapkan social distancing atau physical distancing untuk antrian di luar restoran anda. Anda bisa memberikan batas antrian dengan jarak tertentu untuk memastikan bahwa pelanggan anda tidak berdempetan. Hal ini juga bisa anda terapkan pada antrian di kasir restoran anda.

#6. Batasi Jumlah Staff Restoran

Selain membatasi jumlah pengunjung restoran anda, anda juga sebaiknya membatasi jumlah staff restoran dalam satu jam kerja. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kontaminasi dalam restoran anda. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa staff restoran anda tidak berdekatan ketika mereka sedang bekerja.

#7. Himbau Delivery dan Takeaway

Restoran anda juga sebaiknya menghimbau para pelanggan untuk membeli makanan secara delivery atau takeaway. Dengan begitu, restoran anda bisa beroperasi tanpa meningkatkan risiko kontaminasi coronavirus. Anda juga harus memastikan bahwa staff delivery restoran anda menggunakan alat perlindungan diri yang efektif, contohnya masker dan sarung tangan.

#8. Bersihkan Semua Permukaan dengan Disinfektan

Salah satu hal yang harus anda lakukan untuk membebaskan restoran anda dari coronavirus adalah dengan membersihkan semua permukaan dengan disinfektan. Sebaiknya semua meja dibersihkan dengan disinfektan setiap 30 menit.

#9. Skrining Suhu dengan Alat Ukur Tembak

Anda bisa melakukan skrining coronavirus awal menggunakan alat ukur temperatur tembak di restoran anda. Salah satu gejala dari infeksi coronavirus adalah kenaikan suhu. Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa mendeteksi apabila seseorang mungkin memiliki infeksi coronavirus sebelum masuk ke dalam restoran anda.

#10. Pastikan Alat Dapur Tidak Terkontaminasi

Alat dapur juga harus anda bersihkan secara teratur. Hal ini bisa anda lakukan untuk memastikan bahwa alat-alat tersebut tidak terkontaminasi dengan coronavirus.

#11. Sediakan Hand Sanitizer untuk Pelanggan

Hand sanitizer juga harus anda sediakan untuk pelanggan restoran anda. Selain itu, anda juga harus menghimbau para pelanggan untuk tetap menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan.

#12. Gunakan Jasa Pembersih Spesialis Coronavirus

Terakhir, anda bisa menggunakan jasa pembersih khusus coronavirus di luar sana. Tenang saja, ada berbagai pilihan jasa yang

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *