Seberapa pentingkah menjaga kebersihan cooling tower itu? Untuk anda yang penasaran, berikut ini adalah ulasannya.

Mengenai Cooling Tower

Cooling tower adalah alat untuk menyalurkan udara panas ke udara. Biasanya alat ini menggunakan sistem evaporasi untuk menghilangkan panas sehingga udara dingin dapat masuk ke ruang yang dituju. Contoh dari penggunaan cooling tower adalah untuk AC, baik AC untuk perusahaan maupun untuk pabrik-pabrik.

Jenis dari cooling tower sangat banyak, ada yang besar dan ada juga yang kecil. Ukuran cooling tower yang kecil bisa cukup kecil sehingga aman untuk dipasang di bagian atap rumah. namun ada juga cooling tower yang ukurannya sangat besar. Biasanya cooling tower yang memiliki ukuran sangat besar ini memiliki bentuk seperti cerobong asap raksasa dan digunakan untuk kepentingan yang sangat besar seperti untuk pabrik-pabrik.

Pabrik adalah salah satu pengguna dari cooling tower yang sangat membutuhkannya, karena keberadaannya yang sangat penting ini membuat kebersihan dari cooling tower juga wajib untuk diperhatikan. mengapa? berikut ini adalah ulasannya.

1. Cooling Tower yang Tidak Dibersihkan Akan Mengandung Banyak Biofilm

Salah satu alasan mengapa cooling tower wajib dibersihkan secara teratur adalah karena adanya kemungkinan hidupnya biofilm di cooling tower. Biofilm adalah sebuah organisme atau mikro organisme yang dapat hidup di tempat lembab, biasanya jenis mikro organisme ini antara lain adalah bakteri, jamur dan juga ganggang.

Jenis mikro organisme ini sangat mudah dan dapat bertumbuh dengan cepat di lingkungan yang lembab seperti yang dimiliki oleh cooling tower. Salah satu tempat hidup dari mikro organisme yang paling disukai di cooling tower adalah pada bagian cooling water yang dimilikinya.

2. Fungsi Cooling Tower Dapat Menurun

Alasan lain mengapa cooling tower perlu dibersihkan secara teratur, ada hubungannya dengan efektivitas penggunaan dari cooling tower itu sendiri. Cooling tower merupakan sebuah alat yang bekerja dengan menggunakan panas, yaitu dengan sistem evaporasi. Karena bekerja dengan panas maka adanya gangguan akan menyebabkan penggunaannya energinya tidak bisa efektif.

Gangguan-gangguan yang  ada di dalam cooling tower juga diperparah dengan adanya biofilm yang tumbuh berkembang dengan bebas jika cooling tower tidak dibersihkan. Makin banyak mikro organisme yang mengganggu cooling tower maka makin rendah efektivitas dari fungsi cooling tower. Selain itu, keberadaan biofilm pada cooling water juga akan membahayakan karena dapat mengontaminasi udara.

3. Mencegah Pertumbuhan Legionella

Salah satu jenis biofilm yang sangat membahayakan yang bisa tumbuh di cooling tower adalah bakteri Legionella. Bakteri ini adalah bakteri yang dapat menyebabkan masalah pernafasan. Biasanya orang yang terkontaminasi bakteri ini cepat atau lambat akan mengalami infeksi saluran pernafasan akut. Jika keberadaannya terus menerus dan tidak segera diatasi maka bisa jadi orang yang mengidap penyakit ini dapat meninggal dunia.

Penyakit dari bakteri Legionella ini awalnya ditandai dengan gejala batuk ringan. Setelah itu penderita akan mengalami demam dan juga pneumonia. Penemuan bakteri yang hidup di cooling tower ini sudah terjadi berpuluh-puluh tahun yang lalu. Dahulu pada saat belum banyak orang sadar dengan masalah kebersihan dari cooling tower banyak pegawai dari perusahaan dan pabrik yang mengidap sakit yang sama yaitu sakit pernafasan dan akhirnya meninggal dunia karena penanganan yang tidak segera dilakukan.

Serangan dari bakteri yang hidup dari cooling tower yang kotor ini tidak terjadi secara langsung melainkan melalui proses yang panjang. Awalnya gejala akan ringan tapi lama kelamaan akan menjadi sangat berat. Bakteri ini menular melalui udara dan juga dari makanan minuman yang terhinggapi bakteri dari udara dari cooling tower yang kotor.

4. Agar Lebih Hemat Energi

Alasan selanjutnya mengapa pembersihan cooling tower adalah hal yang penting untuk rutin dilakukan adalah karena ini akan berpengaruh pada biaya pengoperasiannya. Cooling tower yang bersih dapat bekerja dengan energi yang lebih rendah, sedangkan cooling tower yang kotor membutuhkan energi yang lebih banyak untuk bisa beroperasi tapi hasil yang di berikan tetap tidak efektif.

Hal ini disebabkan terjadinya pengerakan pada permukaan unit pemanasannya sehingga makin banyak energi yang harus digunakan dalam penggeraknya. Jika dilakukan pembersihan secara rutin maka penggunaan energi yang makin efisien bisa didapatkan. Selain itu penggunaan energi yang efisien juga merupakan salah satu cara untuk mengubah perusahaan dan pabrik menjadi perusahaan yang ramah lingkungan.

5. Menghindari Korosi

Cooling tower digunakan untuk mengalirkan air ke dalam ruangan yang panas. Hal ini menyebabkan cooling tower memiliki banyak komponen mesin, jika tidak sering di bersihkan, maka air dari cooling water yang dialirkan ke ruangan dapat menyebabkan masalah. Salah satunya adalah korosi. Jika terjadi korosi bukan hanya penggunaan daya yang makin tinggi, komponen cooling tower  juga akan lebih cepat pensiun dari seharusnya.

6. Melakukan Overhaul

Overhaul adalah sebuah pembongkaran mesin. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah ada bagian mesin yang rusak sehingga dapat dilakukan langkah perawatan yang sepatutnya. Dengan membersihkan maka otomatis akan dilakukan overhaul juga karena bagian cooling tower dalam juga akan dibersihkan.

7. Mencegah Kerak Air

Air dalam cooling tower bisa memiliki banyak kandungan, baik kandungan organik dan anorganik. Membersihkan cooling tower akan membantu anda untuk mengendalikan kerak agar dapat mempertahankan efektivitas penggunaan cooling tower.

Jika perusahaan Anda membutuhkan solusi untuk pembersihan cooling tower, maka silakan hubungi kami. RMC sangat berpengalaman dalam hal ini dan juga menyediakan tenaga ahli maupun produk-produk yang efektif untuk pembersihan cooling tower.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *