Dapur adalah salah satu ruangan yang penting, tidak hanya di rumah namun juga di area industri dan perkantoran.

Tidak jarang ada orang yang menumpahkan bahan makanan atau apapun yang mereka buat di dapur, sehingga adalah suatu hal yang penting dan perlu untuk membersihkan dapur secara rutin.

Dapur juga bisa mencerminkan karakter dan kepribadian dari sebuah perusahaan dan orang-orang yang bekerja di dalamnya. Sehingga menjaga dapur yang bersih adalah sebuah keharusan. Ada banyak langkah, peralatan, dan tips yang digunakan saat ingin membersihkan dapur industri secara menyeluruh. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat membersihkan dapur industri.

Alat-Alat yang Dibutuhkan

  • Spons dan Kain Lap

Spons digunakan untuk mencuci peralatan makan seperti sendok, garpu, piring, gelas, dan lain-lain. Selain itu, spons juga bisa digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan di dapur industri.

Permukaan di dapur juga bisa dibersihkan menggunakan kain lap. Permukaan kompor atau tumpahan makanan atau minuman juga bisa dibersihkan menggunakan kain lap. Gunakan 2 jenis kain lap; kain lap basah dan kain lap kering untuk membersihkan kotoran secara menyeluruh.

  • Sarung Tangan Karet

Jika dapur industri Anda menggunakan cairan pembersih yang mengandung bahan-bahan kimia yang keras, sarung tangan karet akan melindungi tangan Anda dari segala kontaminasi ataupun mungkin efek samping dari bahan pembersih yang digunakan. Anda juga bisa menggunakan sarung tangan karet saat mencuci peralatan makan atau peralatan dapur industri.

  • Cairan Pembersih Serbaguna

Seperti namanya, cairan pembersih serbaguna bisa digunakan untuk membersihkan berbagai perabotan di dapur industri Anda. Seperti wastafel, countertop, kitchen cabinet, permukaan kompor, dinding dapur, dan lain sebagainya. Karena itulah, akan lebih baik jika cairan pembersih serbaguna selalu tersedia di dapur industri Anda.

  • Sapu atau Vacuum Cleaner dan Kain Pel

Tidak hanya perabotan, peralatan, dan permukaan dapur industri yang perlu dibersihkan. Tapi juga lantai dapur industri. Sapu ataupun vacuum cleaner harus ada di dapur industri untuk digunakan membersihkan area lantai dapur industri.

Alat pembersih ini bisa menjaga lantai bersih dari debu dan kotoran lainnya. Setelah membersihkan area lantai dengan sapu atau vacuum cleaner, lanjutkan dengan mengepel lantai untuk memastikan lantai bersih dengan maksimal. Selain itu, mengepel lantai juga bisa membuat area lantai terlihat mengkilap. Gunakan pembersih lantai yang non-abrasif sehingga tidak merusak lantai.

  • Ember

Jika terdapat peralatan dapur atau peralatan makan dengan noda yang membandel, Anda bisa merendamnya di dalam ember berisi air hangat atau air panas. Air panas bisa mengangkat noda membandel di peralatan makan atau peralatan dapur. Selain itu, ember juga dibutuhkan untuk menampung air saat Anda mengepel area lantai dapur industri.

  • Botol Spray

Jika Anda menggunakan cairan pembersih homemade yang Anda buat sendiri, botol spray bisa menjadi wadah untuk menampung cairan pembersih homemade tersebut. Untuk membuat cairan pembersih homemade, Anda bisa menggunakan campuran air, cuka, dan perasan lemon. Atau Anda juga bisa menggunakan campuran lainnya yang bisa Anda cari di internet.

  • Steel Wool

Jika ada peralatan dapur atau peralatan memasak yang gosong atau berkerak di dapur industri Anda, Anda bisa menggunakan steel wool untuk membersihkannya. Steel wool terbuat dari logam halus sehingga Anda tidak perlu khawatir peralatan dapur atau peralatan memasak di dapur industri Anda menjadi rusak atau tergores saat Anda menggosoknya dengan steel wool.

Langkah-Langkah Membersihkan Dapur Industri Secara Menyeluruh

Pembersihan dapur secara menyeluruh atau juga sering disebut sebagai deep clean kitchen sangat berguna untuk menjaga dapur industri Anda higienis dan bersih. Membersihkan dapur secara menyeluruh berarti Anda harus membersihkan tidak hanya peralatan makan dan peralatan memasak, namun juga perabotan, lantai, jendela, hingga ventilasi di dapur industri. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat membersihkan dapur industri secara menyeluruh.

  1. Mulailah dengan mencuci peralatan dapur dan peralatan makan yang terkecil, seperti sendok, garpu, whisk, cheese grater, penggorengan, panci, dan lain-lain. Gunakan cairan cuci piring untuk membersihkan semuanya. Jika ada noda membandel di penggorengan atau panci, gunakan steel wool terlebih dahulu untuk membersihkan noda tersebut dengan menggosoknya. Lalu, cuci menggunakan cairan pembersih.
  2. Selanjutnya, bersihkan perabot dapur seperti kitchen cabinet, countertop, permukaan kompor, dan lain-lain dengan menggunakan lap basah. Jika ada perabot dapur yang terkena noda minyak, gunakan spons yang sudah dicelupkan ke cairan pembersih untuk menghilangkan noda minyak tersebut. Setelah itu, bersihkan lagi dengan lap basah untuk mencegah permukaan licin karena cairan pembersih.
  3. Setelah itu, bersihkan peralatan dapur yang cukup besar seperti microwave, oven, dan kompor. Lepas semua komponen peralatan dapur tersebut dan jangan lupa untuk mencabut listrik yang terkoneksi ke peralatan dapur tersebut sebelum membersihkannya.
  4. Bersihkan area lantai dapur industri Anda dengan menyapu dan mengepelnya. Anda bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu atau kotoran lainnya dari lantai.
  5. Bersihkan jendela dan ventilasi dapur industri dengan kain lap basah.
  6. Cuci semua serbet dan celemek kotor dengan merendamnya terlebih dahulu di ember berisi air panas. Kemudian cuci menggunakan deterjen.

RMC Indonesia siap memberikan layanan pembersihan terbaik untuk area dapur pabrik atau perusahaan Anda. Hubungi kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *