terhindar dari coronavirus

Saat ini Bumi sedang tidak baik-baik saja, Seluruh dunia terpaksa harus tunduk akan Coronavirus. Namun bagi beberapa orang masih tidak mengerti akan bahaya dari coronavirus. Virus Corona dapat terinfeksi pada siapapun. Dan akan sangat mudah menyerang orang orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah seperti anak bayi atau anak kecil  dan juga orang lanjut usia. Maka dari itu untuk kali kita akan memberikan ulasan mengenai Coronavirus dan 7 area yang harus diwaspadai agar terhindar dari coronavirus.

Dimulai dari apa itu Coronavirus ? Coronavirus adalah Keluarga besar dari virus yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan yang ringan hingga sedang. Penyakit ini hampir sama dengan penyakit Flu. Namun ada beberapa Virus corona yang dapat menimbulkan penyakit yang serius dan berbahaya yaitu :

  • Pneumonia
  • Middle East Respiratory Syndrome ( MERS-coV )
  • Severe Acute Respiratory Syndrome ( SARS –coV )

Penyebab infeksi Coronavirus adalah melalui virus corona dan dapat ditularkan melalui :

  • Tinja atau Feses 
  • Menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi
  • Percikan air liur Pengidap dapat terjadi melalui bersin dan batuk
  • Dengan menyentuh mata, mulut dan hidung setelah memegang banyak barang yang terkena percikan air liur pengidap virus Corona.

Dan untuk saat ini kita sangat dianjurkan untuk tetap dirumah saja dan menghindari keramaian. Karena ini merupakan salah satu cara untuk memutuskan mata rantai dari virus corona. Dan juga salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona yang dapat mengancam jiwa. Meskipun ada beberapa hal yang membuat kita terpaksa untuk keluar rumah. Ada beberapa kondisi dan kegiatan yang harus dilakukan diluar rumah. 

Dan ada terdapat 7 area yang harus diwaspadai agar terhindar dari coronavirus yang membuat anda untuk lebih berhati-hati. Berikut adalah tempat-tempat perlu anda waspadai :

1. Kantor

Kantor adalah salah satu tempat berkumpulnya orang-orang yang sangat mudah terjadi penularan virus Corona. Maka saat berada dikantor sangat dianjurkan untuk memakai masker selama bekerja. kecuali anda hanya berada seorang saja di dalam ruangan maka anda bisa melepaskan masker. Kantor harus bersih dan juga perlu menerapkan pertukaran udara dan sterilisasi rutin. Dan ketika ada rapat maka sebaiknya ruangan tersebut memiliki ventilasi yang baik. Meja dan kursi perlu disinfeksi mulai dari meja, gagang pintu, dan juga lantai.

2. Lift

Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan lift. Anda harus mencegah penularan virus corona saat berada didalam lift. Selama berada didalam lift anda tetap harus menjaga jarak dari satu orang dengan orang lainnya. Pastikan anda menghindari kontak langsung dengan besi pegangannya dan juga tidak menekan tombol lift langsung dengan tangan tanpa perlindungan. Anda dapat menggunakan siku atau melapisi tangan dengan tisu maupun kain.

3. Tempat Makan

Ini adalah salah satu tempat berkumpulnya banyak orang maka tempat ini juga perlu diwaspadai akan tertularnya virus corona. Anda perlu memakai masker dan menjaga jarak. Anda dapat memilih tempat duduk dengan  ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. 

4.Pusat perbelanjaan atau Mall

Salah satu tempat yang tidak pernah sepi dan selalu saja dipadati oleh para pengunjung. Maka tak heran selama pandemi virus corona mall terpaksa untuk ditutup agar menghindari berkumpulnya masyarakat dalam suatu tempat. Dan dapat membahayakan banyak orang. Saat berbelanja maka anda perlu menjaga jaga aman dan jarak. Pastikan anda menggunakan masker dan menjaga kebersihan.

5. Rumah sakit

Dan ini adalah salah satu tempat yang sangat harus anda waspadai maka hindarilah tempat ini jika memang bukan dalam keadaan yang darurat. Selama berada di rumah sakit pastikan selalu menggunakan masker. Anda juga perlu menjaga kebersihan tangan dengan tidak menyentuh benda-benda di rumah sakit dengan tangan telanjang. Jangan lupa untuk mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah.

6. Transportasi Umum

Transportasi umum juga merupakan tempat yang rentan untuk terjadinya penularan virus corona. Berada di dalam angkutan umum seperti MRT, Angkot, bus kereta api dan juga beberapa transportasi umum lainnya. Maka kita akan bertemu banyak orang dan akan sangat berbahaya jika bersentuhan. Anda perlu membatasi bepergian ke luar rumah apalagi jika harus menggunakan angkutan umum.

7. Sekolah / Universitas

Dan tempat yang terakhir yang perlu untuk anda waspadai adalah sekolah maupun Universitas. Ini adalah tempat berkumpulnya orang banyak dan tentunya akan berbahaya jika dalam keadaan seperti saat ini. Pemerintah mengambil keputusan untuk meliburkan sekolah dan proses mengajar ditiadakan.  Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona. 

Dan untuk anda yang sampai saat ini masih sangat sering melakukan aktivitas diluar rumah maka perlu hati hati dan mewaspadai  7 area yang harus diwaspadai agar terhindar dari coronavirus. Dan sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat mencegah virus corona. Maka sebisa mungkin untuk menghindari tempat tempat yang ramai dikunjungi banyak orang. Dan sering-seringlah untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air selama 20 detik. Hindari untuk tidak menyentuh hewan atau unggas liar. Dan hal yang mungkin sangat sering anda lakukan menyentuh bagian wajah, maka anda perlu menghindari hal tersebut.

Pastikan anda menyentuh bagian wajah saat tangan anda dalam keadaan bersih dan tidak kotor.  Gunakan masker dan juga jangan lupa untuk menutup hidung dan mulut saat bersin dan batuk.

Anda dapat menggunakan tisu ataupun kain. Cara untuk mencegah penyebaran virus corona agar tidak semakin menyebar adalah dengan cara melakukan Social Distancing atau menjaga jarak. Dan harapan kita semua agar Virus Corona cepat menghilang dari dunia ini. Dan Bumi kembali membaik seperti semua. 

Anda juga dapat menggunakan disinfektan khusus untuk mensterilkan ruangan kerja dan rumah Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *