Saat ini dunia sudah mulai menerapkan era normal yang baru. Oleh karena itu, kini berbagai tempat kerja sudah memulai operasionalnya tak terkecuali bagi perusahaan dan industri. Tetapi, di era new normal ini bukan berarti kita menjalani hari dengan normal pada zaman sebelum ada pandemi, tetapi normal dengan standar yang baru.

Maksudnya seperti apa? Maksudnya kita akan melakukan berbagai kegiatan seperti biasa akan tetapi juga harus menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus corona yang sangat cepat dan berbahaya ini.

Di bawah ini akan kita bahas mengenai beberapa hal yang harus dilakukan oleh perusahaan dan industri kepada tenaga kerja agar mereka selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berikut penjelasannya secara lengkap:

1.    Sediakan Tempat Cuci Tangan Bagi Tenaga Kerja Sebelum Masuk Gedung

Pertama, sediakan tempat untuk mencuci tangan di berbagai tempat. Anda bisa menyediakan di luar maupun di dalam gedung. Selalu ingatkan pekerja untuk selalu mencuci tangan mereka, bukan hanya satu saat akan masuk ke tempat kerja saja.

Sediakan sabun cair karena akan digunakan untuk bersama. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan alat yang dilengkapi dengan sensor kulit untuk mengeluarkan sabun dan juga air sehingga dapat mengurangi sentuhan.

Lakukan edukasi kepada para tenaga kerja untuk selalu melakukan cuci tangan dengan baik dan benar dengan menggunakan 5 langkah cuci tangan yang bena sehingga lebih efektif dalam membunuh kuman, bakteri, dan virus.

2.    Ingatkan Pekerja Untuk Tidak Menyentuh Fasilitas Perusahaan dengan Menggunakan Tangan Secara Langsung

Selanjutnya, Ingatkan pekerja untuk tidak menyentuh berbagai fasilitas perusahaan menggunakan tangan secara langsung. Akan tetapi jika terpaksa dan memang harus selalu beritahu untuk segera mencuci tangan atau menggunakan larutan alkohol 70% sebagai anti septik.

Anda bisa menerapkan beberapa cara yang mudah, misalnya dalam membuka pintu sebaiknya dengan menggunakan siku. Menyediakan sarung tangan sekali pakai secara khusus terutama untuk industri makanan sehingga lebih higienis dan lebih aman.

3.    Jangan Membuat Acara yang Membuat Kesempatan Pekerja Melakukan Perkumpulan

Jangan lakukan acara yang membuat tenaga kerja Anda berkumpul. Mungkin pada saat acara Anda sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat akan tetapi ternyata karena ada suatu acara dan mereka berkumpul lalu menjadi kesempatan.

Jika memang harus melakukan acara yang mengundang banyak orang pastikan jangan hanya pada saat acara saja dilakukan pengawasan yang ketat akan tetapi lebih baik juga dilakukan pengawasan setelahnya karena hal ini memungkinkan banyak tenaga kerja yang saling berkumpul dan hal ini akan sangat membahayakan area perusahaan dan industri sendiri.

4.    Bersihkan Area Kerja dengan Disinfektan Secara Berkala dan Siapkan Disinfektan Siap Pakai untuk Para Pekerja

Selalu lakukan pembersihan di area kerja secara berkala, idealnya dilakukan dalam 4 jam sekali. Perusahaan harus ekstra mengeluarkan uang untuk membeli disinfektan namun juga untuk kebaikan diri pekerjaan itu sendiri.

Anda bisa membeli disinfektan dengan jumlah yang banyak secara langsung sehingga biasanya akan lebih murah. Pilih disinfektan yang terbukti efektif untuk membasmi virus sehingga ruangan kerja menjadi aman dan sehat.

Sediakan juga semprotan disinfektan yang dapat langsung digunakan sehingga para pekerja dapat membersihkan tempat kerjanya secara mandiri setiap waktu mereka butuh kan. Selalu tanamkan kepada tenaga kerja Anda untuk selalu peduli dengan kesehatan sendiri, teman kerja, dan juga keberlangsungan perusahaan dan industri.

5.    Hilangkan dan Beri Pengertian Kepada Tenaga Kerja Mengenai Berjabat Tangan

Hilangkan kebiasaan menjabat tangan di area kantor. Hal ini mungkin masih menjadi pro dan kontra karena berjabat tangan merupakan budaya yang sangat kental. Akan tetapi kembali lagi karena penyebaran virus corona ini sangat cepat dan kebanyakan berasal dari tangan sebaiknya hilangkan terlebih dahulu kebiasaan tersebut.

Anda bisa menggantinya dengan cara yang lain seperti membungkuk, salam siku, atau yang lainnya. Bagi tenaga kerja yang merasa kontra dengan kebiasaan baru tersebut maka tugas perusahaan harus bisa memberikan pengertian dengan baik dan benar sehingga mereka bisa paham dengan keadaan yang sebenarnya.

6.    Usahakan Sirkulasi Udara dan Sirkulasi Cahaya Matahari di Setiap Ruangan Dalam Keadaan yang Baik

Selanjutnya, Jangan sampai ruangan kerja hanya memiliki sirkulasi udara dan juga sirkulasi cahaya matahari yang sangat minim. Biasakan untuk sekarang selalu membuka ventilasi sehingga udara dapat keluar dan masuk secara bebas serta pastikan cahaya matahari juga dapat masuk ke ruangan kerja agar udara di dalam tidak lembap yang sangat disukai oleh berbagai mikroorganisme.

Sebaiknya juga tidak menggunakan AC karena sirkulasi udaranya masih kurang baik. Virus yang berada dalam mikro droplet dapat melayang-layang dengan bebas jika sirkulasi udara tidak baik dan hal ini akan sangat membahayakan.

7.    Awasi dengan Ketat Penggunaan Masker Pekerja

Penggunaan masker ini masih sangat rendah di Indonesia karena banyak alasan, dari mulai masker yang membuat pengap, ada yang sering ketinggalan, dan alasan-alasan yang lainnya. Sebagai perusahaan dan industri yang tidak ingin bangkrut karena kehabisan tenaga kerja dan juga kehilangan kepercayaan dari masyarakat akibat corona lebih baik Anda tegas dari sekarang.

Awasi dengan ketat penggunaan masker para tenaga kerja. Pastikan mereka menggunakan masker dengan baik dan benar. Jika sampai ada yang melepas masker di area kerja atau bahkan tidak menggunakan sama sekali lakukan tindakan tegas.

Butuh Disinfektan Ampuh? Gunakan F-29 RTU – Klik Disini Untuk Info.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *