Bagi suatu pabrik, kebersihan adalah hal yang sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang baik. Apalagi pabrik memiliki peranan yang sangat besar dengan kualitas produk, di mana nantinya produk tersebut akan digunakan oleh para konsumen.

Sehingga, kebersihan haruslah menjadi prioritas agar tidak menimbulkan masalah pada konsumen. Tidak hanya untuk konsumen, kebersihan pabrik juga memberikan manfaat untuk pekerjanya sendiri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berjalannya aktivitas bekerja.

Pentingnya Pembersihan Pabrik

Keberadaan dari industrial cleaning atau pembersihan area industri seperti pabrik adalah sebuah usaha untuk membuat area pabrik Anda dalam kondisi yang bersih. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika kebersihan pabrik dijaga dengan baik.

  1. Lingkungan Kerja Yang Lebih Nyaman Dan Sehat

Lingkungan kerja yang bersih, tentu membuat pekerjanya merasa nyaman dalam menjalani tugas dan tentu mendukung kesehatan para pekerja. Sedangkan lingkungan kerja yang kotor akan menjadi tempat bersarangnya jamur, penyakit, dan bakteri yang bisa menyebar dengan sangat cepat. Dengan membersihkan area pabrik, maka bisa segera menghilangkan kotoran dan aktivitas bekerja pun tidak akan terganggu.

  1. Mampu Meningkatkan Produktivitas

Kebersihan pabrik yang dijaga dengan baik, hal ini mampu untuk meningkatkan produktivitas para pekerja. Di mana kotoran yang membawa penyakit bisa langsung dibasmi dan pekerja pun akan terhindar dari berbagai penyakit. Otomatis mereka akan lebih sehat dan bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya di pabrik dan hal ini akan meningkatkan produktivitasnya.

  1. Area Pabrik Tetap Rapi Dan Bersih

Pabrik yang biasanya dikenal dengan kondisinya yang berantakan karena jumlah barang yang banyak, namun jika memperhatikan kebersihannya maka pabrik pun bisa tertata dengan rapi dan bersih.

Lantai yang selalu dibersihkan bisa mencegah terjadinya slip yang berpotensi membuat pekerja saat melintas menjadi jatuh. Sehingga, pabrik yang rapi dan bersih juga bisa menghindarkan para karyawan dari terjadinya kecelakaan kerja.

  1. Menciptakan Citra Yang Baik Bagi Pabrik

Secara tidak langsung, pabrik yang selalu dijaga kebersihannya, hal ini akan memberikan citra yang baik bagi pabrik yang bersangkutan. Misalnya saat ada pihak yang sedang mengantarkan atau mengambil barang di pabrik, maka bisa melihat bagaimana kondisi di pabrik tersebut.

Jika kondisinya rapi dan lantainya bersih, maka pabrik Anda akan mendapatkan respon yang positif dan jauh dari masalah yang berkaitan dengan kualitas pabrik.

Cara Membersihkan Lantai Pabrik

Pabrik memiliki lantai yang berbeda dengan lantai di rumah-rumah. Di mana lantai pabrik didesain dengan kekuatan yang lebih karena di sinilah setiap harinya aktivitas bekerja dilakukan. Bahkan tidak hanya dilalui oleh banyak pekerja, tetapi juga tempat diletakkan rak-rak, mesin, bahan baku, dan alat-alat lainnya. Oleh karena itu, lantai pabrik haruslah dibuat dari bahan yang terjamin kekuatannya, misalnya seperti bahan beton.

Oleh karena itu, untuk menjaga kebersihan, maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan lantai pabrik.

  1. Pressure Washer

Bagi pabrik yang dalam kegiatan produksinya melibatkan bahan berupa minyak dan grease, jika ada yang tumpah maka membersihkannya tidaklah mudah meski dengan air sekali pun.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan pressure washer. Dengan menggunakan high pressure washer yang menyemprotkan air bertekanan tinggi di satu titik, hal ini ampuh untuk bisa membersihkan kotoran yang menempel di lantai pabrik Anda yang terbuat dari beton. Anda hanya membutuhkan air sebagai inlet lalu disemprotkan secara kencang. Pressure washer ini juga memerlukan adanya aliran listrik maupun bahan bakar.

Mesin pressure washer diesel biasanya digunakan ketikan area tersebut tidak tersedia kontak listrik, sedangkan pressure washer listrik lebih tepat digunakan untuk membersihkan bagian dalam pabrik, yang mana tersedia kontak listrik serta tidak membutuhkan tekanan air yang besar. Sebaiknya Anda memilih pressure washer yang bisa menghasilkan air panas, karena hal ini sangat memudahkan dalam menghilangkan minyak

  1. Pembersihan Dini

Selain menggunakan pressure washer, Anda juga bisa menggunakan pembersihan dini. Dalam hal ini kecepatan adalah yang paling penting. Saat Anda zat yang tumpah, baik itu minyak, cat, atau bahan lainnya, segeralah membersihkannya dan jangan dibiarkan sampai bahan itu mengeras.

Jika sudah mengeras, maka semakin sulit untuk dibersihkan dan jika dipaksakan bisa berisiko merusak lantai. Anda bisa menggunakan deterjen yang dicampur dengan sedikit air, lalu menggosoknya memakai sikat. Dengan begitu, noda pun bisa mudah dan cepat dihilangkan.

  1. Menggunakan Chemical

Anda juga bisa membersihkan lantai pabrik berbahan beton dengan menggunakan chemical atau bahan kimia. Misalnya saja asam sitrat yang Anda tuangkan dalam jumlah sedikit pada bagian lantai yang terkena noda. Lalu setelah dituangkan, Anda bisa mendiamkannya beberapa menit.

Kemudian gosok dan sikatlah dengan kawat untuk menghilangkan sisa noda, kemudian bilaslah dengan air. Cara ini ampuh untuk menghilangkan kotoran di lantai tersebut. Chemical lainnya yang bisa Anda gunakan adalah bahan pemutih, amonia, atau hidrogen peroksida untuk membantu Anda membersihkan noda yang membandel.

  1. Pembersihan Mikroba

Pembersihan mikroba dilakukan dengan menggunakan organisme hidup atau mikroba untuk mengonsumsi minyak. Enzim yang dikeluarkan oleh mikroba akan mematahkan kontaminan minyak menjadi lebih mudah untuk dicerna.

Mikroba akan melakukan migrasi ke dalam pori beton agar bisa mencerna minyak. Lalu diubah menjadi karbon dioksida dan air. Dengan begitu, cara ini mampu menghilangkan adhesi untuk pelapis lantai.

Menyadari betapa pentingnya melakukan pembersihan area pabrik, terutama bagian lantainya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan memberi keamanan bagi para pekerja. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan lantai pabrik yang terbuat dari beton, di mana salah satunya Anda bisa menggunakan chemical atau bahan kimia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *