Legionella

Legionella adalah salah satu jenis bakteri gram negatif yang berflagel atau memiliki ekor bakteri untuk bergerak. Bakteri ini merupakan bakteri yang termasuk dalam genus Legionellosis yang menjadi bakteri akut tersebut bersifat kasus darurat yang terbaru.

Legionella adalah bakteri yang menyukai air. Air adalah tempat berkembang biak yang sangat efektif bagi bakteri yang satu ini. Bakteri ini bisa hidup dan berkembang-biak dengan mudah pada tempat-tempat yang memiliki kelembapan yang tinggi dan bisa menular dengan mudah lewat udara bahkan juga bisa lewat air yang mengandung bakteri ini.

Legionella terkenal banyak hidup di alat pendingin ruangan atau AC, di alat pemanas ruangan, di tandon air, dan lain sebagainya yang mengandung air atau lembap. Bakteri ini sangat berbahaya karena bisa menyerang paru-paru sehingga dalam kasus akutnya bisa menyebabkan pneumonia.

AC yang tidak sering dibersihkan bisa memudahkan Legionella semakin berkembang-biak. Dan apabila AC dinyalakan maka akan sangat mudah menyebar ke seluruh ruangan karena sifatnya yang bisa menular lewat udara yang lembap.

Oleh karena itu sebaiknya bagi Anda yang memiliki suatu tempat yang memiliki kelembapan tinggi, menggunakan AC, atau menggunakan penghangat ruangan ini langsung saja mengecek apakah sudah terjangkit atau belum. Berikut ini cara-cara mudah untuk mengecek Legionella sudah menjangkit fasilitas Anda atau belum :

Ruangan terlalu Lembap

Anda bisa mengecek apakah ruangan Anda terjangkit Legionella dengan ruangan yang terlalu lembap. Ruangan yang lembap ini menjadi tempat yang nyaman bagi Legionella yang menyukai tempat berair dan juga kelembapan yang tinggi. Apabila ruangan terlihat sangat lembap maka Anda bisa patut curiga

Ruangan yang terlalu lembap dan berair akan menjadikan ruangan sebagai tempat bersarangnya bakteri Legionella. Maka dari itu untuk mencegahnya lebih baik Anda menggunakan humidifier agar kelembapan ruangan bisa lebih terkontrol dan ruangan tidak menjadi sarang berkembang-biaknya bakteri Legionella.

Apabila dalam fasilitas Anda juga terdapat air yang tidak tertutup  seperti tandon air maka tempat tersebut juga bisa menjadi sarang yang baik bagi Legionella yang berada pada ruangan. Untuk itu usahakan untuk selalu menutup semua tempat air sehingga bisa mencegahnya.

AC atau Penghangat Ruangan tidak Pernah Dibersihkan dan Penampilannya Kotor

Anda juga bisa mengecek Legionella dari AC atau penghangat ruangan yang tidak pernah dibersihkan. AC dan Penghangat ruangan yang tidak pernah dibersihkan ini bisa menjadi sarang dari Legionella karena sangat lembap, kotor, dan tidak pernah dibersihkan sehingga menjadi nutrisi yang baik bagi Legionella.

Kotornya AC dan penghangat ruangan ini membuat suasana menjadi lembap dan kotor sehingga bisa saja tidak hanya Legionella yang bisa hidup dan membahayakan manusia akan tetapi juga menimbulkan mikroorganisme lain yang bisa hidup di dalamnya yang pasti akan membuat penyakit yang tambah beragam.

Untuk mencegahnya, Anda harus rutin membersihkan AC dan penghangat ruangan sehingga tidak akan terjangkit bakteri Legionella. Dengan rajin membersihkan AC dan penghangat ruangan maka nutrisi untuk Legionella akan berkurang dan tentunya akan mematikan bakteri tersebut.

Ada orang yang mengidap Penyakit Paru-paru atau bahkan Pneumonia                         

Anda bisa mengecek apakah fasilitas Anda terjangkit Legionella atau tidak bisa dilihat apakah dalam fasilitas tersebut ada orang yang terjangkit penyakit paru-paru atau pneumonia. Apabila ada yang mengidap penyakit Pneumonia dan Paru-paru serta didukung dengan AC serta penghangat ruangan yang tidak pernah dibersihkan,

Selain itu juga terdapat tandon air yang tidak tertutup. Maka bisa dipastikan hal tersebut mungkin saja sebagai tanda terjangkitnya Legionella pada fasilitas Anda. Anda harus curiga dan mewaspadainya dan melakukan pengecekan tingkat lanjut.

Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan kontrol atau cek kesehatan bagi para pekerja agar penyakit telah terdeteksi secara dini sehingga tidak terjadi penularan kepada orang lain. Dengan hal tersebut maka Anda bisa mencegahnya lebih cepat dan lebih akurat.

AC dan Penghangat Ruangan yang Tidak Digunakan lama

AC yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menjadi salah satu sarang terbaik bagi Legionella ini. Tempat tersebut sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu sehingga tidak berbahaya. Apabila Anda langsung menggunakannya tanpa melakukan prosedur pembersihan maka akan sangat berbahaya jika langsung dinyalakan.

Hal tersebut juga berlaku pada penghangat ruangan yang tidak digunakan lama sehingga bisa menjadi sarang bakteri Legionella. Hal ini sangat berbahaya apalagi langsung digunakan tanpa melalui prosedur pembersihan untuk membasmi bakterinya terlebih dahulu.

Penularan akan sangat cepat karena AC dan Penghangat ruangan yang lama tidak digunakan langsung menghembuskan angin sehingga akan beterbangan di udara yang lembap. Hal ini bisa menjangkit orang-orang yang ada di dalamnya.

Bekerja Sama dengan Dinas Kesehatan Setempat untuk Melakukan Pengecekan

Untuk mengeceknya secara resmi dan akurat, Anda bisa bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk melakukan pengecekan yang sesuai dengan prosedur, Dengan bekerja sama dengan dinas kesehatan maka fasilitas Anda akan langsung dicek oleh para petugas dan bisa langsung di cek di balai laboratorium untuk memastikannya apakah benar fasilitas Anda terjangkit atau tidak.

Dengan menggunakan petugas tes yang mumpuni dan telah terlatih maka hasilnya juga akan sangat akurat. Untuk itu, fasilitas tersebut bisa langsung terdeteksi dan bisa langsung dilakukan pencegahan jika tidak terbukti dan juga dilakukan prosedur kesehatan yang lain apabila sudah terbukti terjangkit bakteri ini.

Itu tadi beberapa cara mengecek apakah fasilitas Anda terjangkit Legionella atau tidak. Semoga bermanfaat!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *