manfaat sarung tangan steril

Penggunaan sarung tangan pelindung dalam pekerjaan tentu sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bukan? hal ini tidak lain karena fungsi dari sarung tangan itu sendiri. Ada dua jenis sarung tangan yang digunakan dalam dunia industri yakni sarung tangan steril dan non steril. Sarung tangan steril lebih banyak dipilih karena manfaatnya yang cukup banyak. Lantas apa manfaat sarung tangan steril bagi pelaku industri?

Apa itu sarung tangan steril? 

Sebelum anda mengetahui apa sajakah manfaat dari sarung tangan steril tersebut, anda wajib untuk mengetahui pengertiannya. Nah, sarung tangan steril ini sendiri adalah sebuah sarung tangan atau hand gloves yang mendapatkan perlakuan khusus. Dimana akan mendapatkan sterilisasi terlebih dahulu dengan akan membuat sarung tangan menjadi steril dalam jangka waktu tertentu. 

Adapun tujuan dari proses sterilisasi tersebut adalah berguna agar mikroorganisme berbahaya yang terdapat pada sarung tangan bisa mati dan tidak berpindah ke tubuh manusia. Untuk proses sterilisasi dengan menggunakan metode pemanasan sangat tidak dianjurkan karena akan membuat sarung tangan menjadi rusak.  Teknologi dengan gas ethylene oxide dan electrone beam digunakan untuk melakukan sterilisasi sarung tangan yang satu ini. 

Sarung tangan steril untuk pelaku industri 

Saat ini penggunaan sarung tangan steril ternyata tidak hanya digunakan dalam dunia medis saja, tetapi juga di dalam dunia industri. Sarung tangan yang hanya digunakan sekali ini memang sudah banyak digunakan untuk memberikan perlindungan kepada para pelaku industry sebagai salah satu sistem keamanan. 

Sarung tangan jenis steril ini sudah banyak digunakan dalam dunia industri kesehatan, farmasi, makanan dan minuman hingga elektronik. Untuk mengetahui apa saja manfaat sarung tangan steril bagi pelaku industri, maka anda wajib untuk menyimak ulasan yang ada di bawah ini. 

1. Sebagai alat pelindung saat bekerja 

Manfaat pertama yang dihadirkan oleh sarung tangan steril ini dalam dunia industri adalah digunakan sebagai alat pelindung saat bekerja. Dimana pekerjaan bisa mengakibatkan resiko untuk terkena cedera pada tangan. 

2. Untuk mencegah mikroorganisme berbahaya 

Tidak adanya itu saja, keberadaan sarung tangan steril ini pun ternyata juga bisa menjadi solusi untuk mencegah mikroorganisme berbahaya yang menempel pada benda ataupun makanan yang diproduksi. Mikroorganisme berbahaya yang tidak segera dihilangkan akan sangat berbahaya untuk tubuh kita. 

3. Untuk melindungi tangan dari pekerjaan yang berhubungan dengan zat kimia 

Manfaat sarung tangan steril bagi pelaku industri yang berikutnya adalah digunakan untuk melindungi tangan anda dari pekerjaan yang berhubungan dengan zat kimia berbahaya di dalam sebuah laboratorium. Untuk jenis sarung tangan steril yang satu ini biasanya terbuat dari bahan latex, vinyl dan PVC. 

Seperti yang sudah kita ketahui zat berbahaya didalam sebuah laboratorium memang bisa mengakibatkan cedera pada tangan anda apabila anda tidak berhati-hati dalam bekerja. 

4. Untuk menjaga kualitas dari produk industri 

Manfaat terakhir yang dihadirkan oleh sarung tangan steril adalah digunakan untuk menjaga kualitas dari produk industri dari sebuah perusahaan. Seperti yang telah kita ketahui, kualitas memang menjadi salah satu bahan pertimbangan  bukan? salah satu cara untuk menjaga kualitas tersebut adalah penggunaan sarung tangan steril ini. 

Macam-macam bahan sarung tangan steril

Ada beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk pembuatan sarung tangan steril tersebut. diantaranya adalah sebagai berikut ini. 

Sarung tangan latex

Jenis sarung tangan yang satu ini paling banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk jenis sarung tangan yang satu ini terbuat dari karet latex dimana menggunakan bahan alami sehingga kualitas yang dimiliki tidak perlu anda ragukan lagi. Sarung tangan jenis ini banyak digunakan dalam dunia industri maupun medis. 

Hal ini tidak lain karena jenis sarung tangan ini mempunyai lapisan yang cukup kuat, solid, anti selip hingga flexible. Sarung tangan jenis ini merupakan sarung tangan berkualitas yang bisa anda pilih. 

Sarung tangan Vinyl 

Adapun bahan lainnya yang biasanya digunakan untuk membuat sarung tangan steril adalah sarung tangan bahan vinyl ini. jenis sarung tangan yang satu ini biasanya digunakan dalam dunia industri makanan maupun rumah tangga. Dibandingkan dengan sarung tangan sebelumnya, jenis sarung tangan yang satu ini memang lebih terjangkau. 

Sarung tangan nitrile 

Jenis sarung tangan yang satu ini terbuat dari karet sintetis. Biasanya jenis sarung tangan ini bisa menjadi alternatif terbaik apabila anda mempunyai alergi dengan jenis sarung tangan sebelumnya. Sarung ini sangat cocok digunakan dalam dunia medis karena anti terhadap kebocoran. 

Tips memilih sarung tangan steril untuk industri 

Pastikan memilih bahan yang berkualitas 

Tips pertama yang akan membantu anda untuk menemukan sarung tangan yang berkualitas adalah pastikan apabila anda memilih bahan yang berkualitas dan sesuaikan dengan industri yang anda miliki 

Ukuran sarung tangan yang pas dengan tangan

Agar memberikan kenyamanan bagi para pelaku industri, pastikan juga apabila sarung tangan tersebut mempunyai ukuran yang pas dengan tangan anda. hal ini sangat penting untuk menghindari selip saat menggunakan sarung tangan. 

Pilih sarung tangan yang menutupi pergelangan tangan juga

Terakhir, anda juga bisa mempertimbangkan sarung tangan yang menutupi pergelangan tangan yang anda miliki tersebut. Hal ini sangat penting agar anda bisa memperoleh perlindungan secara maksimal. 

Penggunaan sarung tangan steril dalam dunia industri memang sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bukan? Demikian manfaat sarung tangan steril  bagi pelaku industri yang wajib diketahui. 

Simak Cara RMI Membantu Mengatasi Virus Corona

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *