Apakah anda sedang mencari cara mengatasi pipa mampet? Apabila iya, maka anda sudah datang ke tempat yang tepat. Saluran pembuangan air merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dimiliki. Tanpa saluran pembuangan air, anda tidak akan bisa menyalurkan air yang sudah digunakan untuk dibuang. Inilah mengapa pipa dalam rumah anda merupakan sesuatu yang harus anda perhatikan dengan baik.

Saluran pembuangan air terletak di berbagai tempat di dalam bangunan anda. Mungkin anda memiliki wastafel, septic tank, tempat cucian piring, maupun kloset yang memiliki pipa sebagai saluran pembuangan air. Sayangnya, pipa pembuangan air tersebut bisa mengalami mampet karena berbagai hal. Berbagai hal yang bisa menyebabkan mampetnya pipa tersebut antara lain tumpukkan lemak, kotoran yang mengerak, endapan sabun, atau gumpalan rambut.

Keberadaan sumbatan dalam pipa bisa menyebabkan berbagai hal yang tentunya tidak anda inginkan. Dengan adanya sumbatan, bakteri bisa bertumbuh di dalam penyebab sumbatan tersebut. Akibatnya, akan muncul bau tidak sedap dari saluran pembuangan air anda. Selain itu, pipa tersebut juga tidak akan mampu mengalirkan air dengan baik lagi. Hal ini tentunya menjadi masalah yang harus anda atasi. Untungnya, ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi pipa mampet. Inilah beberapa cara yang bisa anda terapkan.

Alirkan Air Mendidih ke dalam Pipa

Cara pertama ialah dengan mengalirkan air mendidih ke dalam pipa. Air mendidih mampu menghilangkan sumbatan-sumbatan yang ringan. Contoh sumbatan yang ringan ialah tumpukan lemak, endapan sabun, ataupun gumpalan rambut yang kusut di dalam pipa anda. Dengan bantuan air mendidih, sumbatan-sumbatan tersebut akan menghilang sehingga pipa yang mampet tersebut bisa kembali seperti semula. Anda tinggal menuangkan air mendidih ke dalam saluran pembuangan yang sedang mampet. Cara ini merupakan cara yang sangat mudah, murah, dan cukup efektif untuk sumbatan-sumbatan yang ringan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda menggunakan teknik ini. Air mendidih hanya bisa digunakan untuk pipa tersumbat yang terbuat dari logam atau metal. Jangan pernah menuangkan air mendidih ke dalam pipa paralon pvc. Hal ini disebabkan karena risiko pipa meleleh akibat suhu air mendidih yang terlalu panas. Selain itu, anda juga harus sangat berhati-hati ketika menuangkan air panas ke dalam pipa yang tersumbat. Jangan sampai anda terluka karena terkena air panas saat melakukan hal tersebut.

Garam Dapur untuk Melarutkan Sumbatan

Penggunaan garam merupakan cara mengatasi pipa mampet dalam dunia industri selain menggunakan air mendidih. Garam dapur merupakan sesuatu yang sangat mudah untuk ditemukan. Bahkan, anda mungkin saat ini sudah memiliki garam di dalam dapur anda. Inilah mengapa metode ini merupakan salah satu metode yang paling mudah untuk menghilangkan sumbatan di dalam pipa anda. Anda memerlukan setengah kilogram garam dapur untuk menghilangkan sumbatan di dalam pipa anda. Setelah itu, campurkan garam tersebut dengan 5 liter air panas. Anda hanya perlu menunggu hingga garamnya larut sebelum anda bisa menuangkan larutan tersebut ke saluran yang tersumbat.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan cara ini. Pertama-tama, pastikan bahwa anda berhati-hati dalam menuangkan larutan tersebut. Sebaiknya anda menuangkan larutan tersebut dengan perlahan-lahan. Anda juga harus menunggu selama 3 jam sebelum anda bisa memastikan kembali apakah sumbatannya sudah hilang. Sama seperti metode air mendidih, anda juga hanya bisa menggunakan cara ini untuk pipa yang terbuat dari logam ataupun metal.

Kekuatan Mekanik Karet Penyedot

Apakah anda pernah mendengar istilah plunger atau karet penyedot? Nah, alat ini merupakan salah satu alat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi pipa yang mampet. Alat ini terdiri atas tongkat dan karet penyedot yang dihubungkan di ujung tongkat tersebut. Anda bisa menemukan plunger di toko bangunan terdekat anda. Dengan bantuan plunger, anda akan mampu menghilangkan berbagai masalah sumbatan di dalam bangunan anda melalui kekuatan mekanik. Penggunaan plunger tergolong sebagai cara yang mudah dan cepat untuk mengatasi pipa yang sedang mampet.

Untuk bisa menggunakan karet penyedot, anda harus menguras terlebih dahulu genangan air pada saluran pipa yang mampet. Setelah itu, anda tinggal meletakkan plunger tepat di atas lubang saluran tersebut. Namun, anda harus memastikan bahwa karet penyedot pada plunger menutup lubang tersebut dengan rapat. Dengan begitu, daya sedot dari alat ini akan menjadi semakin maksimal. Selanjutnya, anda harus memompa berkali-kali sambil mengecek apakah air sudah bisa mengalir melalui pipa tersebut. Selain efektif untuk mengatasi mampet, penggunaan plunger juga cukup disenangi karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang mungkin berbahaya.

Penggunaan Soda Api pada Pipa yang Mampet

Cara terakhir yang akan kami rekomendasikan kepada anda adalah dengan menggunakan soda api. Soda api merupakan bahan yang bisa anda temukan di toko bangunan. Bahan ini mampu menghilangkan sumbatan yang bisa dibilang cukup bandel. Sumbatan tersebut bisa berupa lemak, kerak, bakteri, rambut, sabun, dan lain sebagainya yang bisa menyumbat pipa saluran air anda. Namun, anda tidak boleh menggunakan soda api sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan soda api, mengingat bahwa bahan ini cukup berbahaya bila digunakan sembarangan.

Pastikan bahwa anda menggunakan pelindung sebelum anda menggunakan soda api. Anda memerlukan pelindung mata, sarung tangan, dan masker supaya anda terlindungi dari bahaya kimia dari soda api tersebut. Anda juga sebaiknya membuka pintu dan jendela yang ada pada ruangan tersebut. Apabila semua sudah dipastikan aman, anda bisa menuangkan soda api tersebut ke dalam pipa yang tersumbat. Pastikan bahwa anda menuangkan soda api perlahan-lahan. Setelah anda tuangkan, anda bisa siram perlahan-lahan pipa tersebut dengan air panas. Inilah cara mengatasi pipa mampet dalam dunia industri yang bisa anda lakukan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *