kebersihan saat musim hujan

Musim hujan adalah salah satu musim yang banyak ditunggu-tunggu setelah terjadinya musim kemarau, musim hujan bisa memberikan banyak sekali manfaat, namun terkadang karena intensitas yang terlalu sering, hujan juga dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor apalagi jika sampai terjadi banjir. Lingkungan akan sangat kotor karena lumpur dan sampah terkadang masuk ke lingkungan.

Salah satu lingkungan yang juga ter dampak adalah pada bagian Pabrik. Pabrik adalah salah satu tempat yang digunakan untuk membuat suatu produk-produk tertentu. Pabrik merupakan suatu tempat dengan jumlah karyawan yang sangat banyak dan juga menggunakan berbagai peralatan canggih.

Pabrik biasanya akan mengalami banyak masalah kebersihan saat musim hujan tiba. Sehingga harus sangat ekstra untuk menjaganya. Bisa dengan mencegahnya atau mengatasi berbagai masalah kebersihan lingkungan pabrik. Lalu bagaimanakah sebenarnya cara menjaga kebersihan di Lingkungan Pabrik ?

Mewajibkan untuk Membersihkan Sepatu Sebelum Masuk Gedung Pabrik

Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah membersihkan sepatu saat akan memasuki gedung pabrik. Hal ini sangat penting karena biasanya sepatu bisa membawa berbagai kotoran dari luar baik lumpur, tanah, ataupun air yang keruh. Karyawan bisa membersihkan sepatu dengan menggunakan air mengalir bisa dari kran atau dari penampungan air dengan menggunakan gayung.

Kran air atau penampungan air ini bisa diletakan di bagian teras pabrik yang terlindungi dari hujan dan berada di tempat sebelum pintu masuk gedung pabrik sehingga para karyawan bisa membersihkan sepatu tanpa harus terkena kotoran lagi dari tanah atau pasir yang akan diinjak lagi.

Setelah sepatu dibilas menggunakan air pastinya masih menyisakan air pada bagian bawah sepatu yang jika menginjak lantai pabrik akan membekas. Untuk menghindarinya bisa menggunakan keset plastik PVC. Keset jenis ini adalah keset yang terbuat dari plastik PVC dan memiliki permukaan yang kasar namun juga bisa menyerap air ke bawah.

Biasanya Pabrik memiliki banyak sekali keset jenis ini karena juga sebanding dengan banyaknya karyawan yang bekerja di sana. Dengan menggunakan keset jenis ini maka sepatu akan lebih kering. Namun terkadang jika penggunaannya terlalu sering atau terlalu banyak yang menggunakan, keset tersebut jadi susah menyerap air lagi.

Jika keset sudah mulai sulit menyerap air maka lebih baik menggantinya lagi dan juga jangan lupa untuk menyiapkan keset yang menyerap air seperti keset sabut kelapa atau keset dari kain yang digunakan untuk lebih menyerap air pada bagian bawah sepatu yang telah bersih dari lumpur, pasir, dan sebagainya.

Mewajibkan Menggunakan Sepatu Boots

Anda bisa menggunakan sepatu boots saat memasuki bagian gedung produksi. Hal ini juga bisa menghindarkan segala macam kotoran dari luar yang masuk ke dalam gedung produksi. Apalagi jika pabrik tersebut adalah pabrik makanan atau kosmetik yang sangat menuntut kebersihan. Dengan menggunakan sepatu boots khusus pabrik akan menghindarkan berbagai kontaminasi kotoran dari sepatu yang digunakan untuk hujan-hujan dengan bagian gedung produksi.

Menggunakan Dehumidifier

Saat musim hujan tiba biasanya lingkungan gedung akan sangat lembap dan mudah berjamur apalagi banyak menggunakan bahan berupa kayu. Kelembapan yang berlebihan ini juga bisa membuat mesin-mesin yang menggunakan bahan besi yang sudah lama atau Kurangnya perawatan bisa mengalami karatan.

Jamur sangat menyukai ruangan dan bagian-bagian yang terasa lembap karena merupakan habitatnya, apalagi ruangan pabrik memiliki suhu yang lebih hangat dari pada di luar gedung. Jamur ini menimbulkan bau yang tidak sedap. Jamur ruangan dan bau yang tidak sedap ini sangat berbahaya jika pabrik memproduksi makanan.

Karat juga timbul karena besi mengalami oksidasi yang mana besi bersentuhan dengan air yang mengandung oksigen pada tempat yang lembap. Karat juga sangat berbahaya bahkan untuk semua jenis produksi pabrik, baik makanan ataupun pabrik yang memproduksi barang-barang dengan material besi.

Dehumidifier ini sangat penting diletakan di ruang produksi pabrik yang bisa menyerap kelembapan ruangan. Dehumidifier untuk ruangan besar juga membutuhkan yang besar atau banyak. Hal ini bisa mengurangi kelembapan yang terjadi saat hujan sehingga terhindar dari jamur, karat dan lain sebagainya.

Mengolah Sampah dan Limbah Pabrik sesuai Standar

Pabrik seharusnya sangat peduli dengan pengolahan limbah mereka. Pengolahan limbah harus sangat efektif dan tidak menimbulkan pencemaran baik udara, air, dan tanah. Pihak pabrik pasti tahu yang seharusnya dalam mengolah limbah karena sudah diatur dalam undang-undang. Jangan sampai hanya karena untuk menghemat biaya produksi, limbah tidak diolah dengan baik dan dibuang sembarangan ke aliran air.

Jika limbah berupa cairan pasti akan menyebabkan bau yang tidak sedap apalagi jika sampai terjadi banjir maka akan meluap dan kontaminasi zat-zat yang berbahaya tersebut saat menyentuh kulit manusia akan menyebabkan berbagai penyakit. Bukan hanya warga sekitar saja wang bisa terkena, namun juga bisa masuk ke lingkungan pabrik yang tentunya akan menyebabkan karyawan sakit.

Selain cairan, biasanya Pabrik juga memiliki limbah padat yang seharusnya diolah dengan benar namun dibuang sembarangan ke saluran air umum. Hal ini bisa menyumbat aliran air dan tentu saja bisa menyebabkan banjir. Banjir juga bisa berdampak buruk bagi Pabrik, proses produksi akan terhambat karena genangan air dan bisa menyebabkan keuntungan pabrik turun.

Pabrik yang bersih bisa terwujud karena ada suatu kerja sama antara karyawan dan atasan. Pengolahan limbah yang benar dan juga kesadaran pegawai untuk saling menjaga kebersihan Pabrik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *