pemanfaatan air hujan

Air hujan adalah air yang turun dari awan yang mengandung air dari proses penguapan dan melewati daerah yang dingin. Hujan sebenarnya adalah air yang bersih, namun terkadang karena adanya polusi udara yang terlalu banyak membuat air hujan juga ikut terkontaminasi oleh berbagai zat-zat berbahaya sehingga air hujan tidak bersih lagi setelah sampai di permukaan bumi.

Air hujan terkadang juga sering menyentuh berbagai tempat seperti dahan pohon, genting, dan lain sebagainya sehingga sampai di bawah air hujan tidak lagi bersih. apalagi air hujan ini melewati genting, dahan pohon, atap mobil dan lain sebagainya yang sudah terkontaminasi banyak kotoran baik debu atau bahkan dedaunan kering.

Dengan berbagai masalah tersebut membuat banyak orang yang tidak memanfaatkan air hujan secara langsung. Air hujan biasa terbuang sia-sia bahkan sampai menyebabkan banjir karena curah hujan yang sangat tinggi apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Air hujan hanya akan mengalir ke aliran sungai dan menjadi kotor kembali apalagi sungai yang sudah sangat tercemar sehingga membuat air hujan tidak lagi bisa dimanfaatkan.

Pada Bidang industri, air sangat penting sekali dan sangat berguna untuk kegiatan industri maupun untuk kepentingan pegawai. Air bersih sangat penting bagi pelaku industri apalagi industri di bidang makanan yang sangat memerlukan banyak air untuk proses produksi selain makanan ada juga industri tekstil yang juga memerlukan air dalam proses pewarnaan kain.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menjadikan air hujan bermanfaat bagi manusia, khususnya di lingkup industri. Namun sayang, banyak sekali pelaku industri yang tidak tahu mengenai cara mengolah air hujan agar bisa menjadi bersih dan bisa digunakan untuk kegiatan industri maupun untuk keperluan para karyawan. Berikut adalah contoh manfaat air hujan untuk industri :

Pemanfaatan Air Hujan Menjadi Air Bersih

Seperti yang kita tahu, air bersih dalam industri sangat penting apalagi bagi pelaku industri makanan yang banyak membutuhkan air. Air bersih juga tidak hanya bisa digunakan untuk proses produksi namun juga berguna untuk air minum, air untuk mandi, untuk buang air, dan lain sebagainya. Ada beberapa cara untuk membuat air hujan bisa menjadi air yang bersih dan bisa digunakan untuk industri :

  1. Menggunakan Sistem PAH

Sistem PAH ini banyak digunakan dan termasuk paling mudah dilakukan. Sistem kerja dari SPAH ini yaitu dengan menampung air hujan yang jatuh di atap rumah dan dialirkan dengan menggunakan pipa dan masuk ke bak penampungan. Namun sebelum masuk ke bak penampungan, air akan tersaring terlebih dahulu sehingga bisa memilih antara air dan kotoran seperti daun, kerikil, pasir, tanah dan lain sebagainya.

Setelah air hujan yang ditampung dalam bak penampung sudah cukup banyak maka air akan dialirkan ke sumur resapan yang memiliki lubang kira-kira sedalam 3 meter. Pada sumur resapan tersebut juga disediakan filter alami berupa kerikil. Setelah air menyerap sempurna ke dalam tanah maka air hujan akan menjadi air tanah alami.

Air yang sudah terkumpul pada sumur resapan maka akan mengalir ke bidang resapan yang bisa dipompa dan disaring kembali dengan sistem ARSIUM sehingga air yang dihasilkan sudah bersih dan bisa Anda manfaatkan secara langsung.

  1. Rain Water Harvesting

Sistem ini merupakan salah satu sistem memanen air hujan dan proses pemanfaatan air hujan yang sangat efektif untuk industri. Ada sedikit persamaan dengan SPAH namun lebih sederhana. Dengan menggunakan metode ini Anda hanya memerlukan bak penyaring dan juga bak penampung air.

Sistemnya hampir sama dengan sistem SPAH yaitu dengan mengambil air hujan dari atap rumah yang telah ditampung lalu disaring dengan menggunakan bak pertama yang bisa menyaring kotoran-kotoran yang berukuran lebih besar seperti dedaunan, kerikil, pasir dan lain sebagainya.

Pada bak kedua adalah bak penampungan air bersih yang pada bagian atasnya sudah diberikan filter yang lebih baik daripada filter yang pertama. Filter ini dapat menyaring berbagai materi yang sangat kecil yang masih menempel pada molekul air. Bahan ini adalah zeolit, ijuk, dan karbon aktif.

Bahan-bahan ini akan menyaring air hujan dengan lebih efektif sehingga menghasilkan air yang sangat bersih dan bisa langsung digunakan baik untuk air produksi, atau kebutuhan MCK sehingga sangat bermanfaat sekali.

Selain itu, sistem ini juga bisa dimanfaatkan bersamaan dengan sumur resapan yaitu ketika curah hujan sangat tinggi air pasti akan melimpah bahkan tidak muat ditampung pada bak penampung besar, maka pada bak penampung lebih baik dibuat aliran yang bisa mengalirkan kelebihan air ke lubang sumur resapan sehingga tidak akan ada air yang sia-sia terbuang. Air akan menyerap pada tanah dan menjadi air tanah dan bisa dipompa kembali.

Pemanfaatan Air Hujan Sebagai Sumber Listrik

Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika air adalah salah satu bahan yang bisa membangkitkan aliran listrik begitu juga dengan air hujan yang bisa Anda gunakan untuk membangkitkan listrik berupa lampu atau jika air hujan melimpah bisa digunakan untuk menjalankan berbagai alat-alat elektronik produksi.

Sistem pengolahan air hujan untuk listrik ini bisa dengan menampung air hujan sebanyak-banyaknya dalam suatu wadah. Jika wadah sudah terisi penuh bisa Anda alirkan untuk memutar dinamo yang akan menghasilkan aliran listrik. hal ini bisa Anda gunakan untuk menggantikan teknologi genset yang masih menggunakan bahan bakar yang tidak ramah terhadap lingkungan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *