kebersihan ac

Bila Anda memiliki perangkat Air Conditioning (AC), sangat disarankan untuk menjaga kebersihan AC secara rutin. Mengapa menjaga kebersihan AC? Hal ini karena kebersihan AC turut berdampak pada kesehatan penghuni rumah.

Mengapa Kebersihan AC Perlu Dijaga?

Perangkat AC harus rutin dibersihkan bukan hanya untuk memastikan keluaran udaranya tetap bersih, tapi juga guna memastikan perangkat tersebut masih bekerja dengan baik. Sebagian besar permasalahan AC disebabkan karena kotornya komponen dalam AC. Itu sebabnya, aktivitas pembersihan AC sangat disarankan dilakukan oleh tenaga ahli. Tenaga ahli mengetahui seluk beluk komponen setiap tipe AC. Mereka akan memastikan AC mengeluarkan udara yang bersih sekaligus mengganti filter bila diperlukan sehingga AC bisa menghembuskan udara sejuk ke seluruh bagian rumah secara optimal.

Sementara itu, kondisi AC yang kotor nantinya akan mempengaruhi efisiensi dan operasional AC. Perangkat AC merupakan pendingin yang menyerap panas di dalam ruangan kemudian membuangnya keluar ruangan. Bagian terpenting dari perangkat ini adalah evaporator coils dan condenser coils. Kotoran yang menempel di dua komponen tersebut bisa menyebabkan terhalangnya proses transfer panas dari dalam ruangan ke luar ruangan.

Akibatnya, perangkat AC akan bekerja ekstra keras untuk mendinginkan ruangan dan membuat konsumsi daya listrik jadi lebih tinggi dari standar normalnya. Bila dibiarkan, lama kelamaan sistem pembersihan di dalam AC akan mengalami kerusakan sehingga Anda harus menyiapkan biaya perbaikan. Menjaga kebersihan AC juga bisa mengembalikan performa AC yang menurun karena pemakaian. Membersihkan filter AC merupakan salah satu cara mengembalikan performa AC menjadi lebih optimal. Hal inilah yang membuat mengapa menjaga kebersihan AC itu sangatlah penting.

Seberapa Sering AC Harus Dibersihkan?

Untuk menjaga performa AC, setidaknya AC harus dibersihkan setiap 6 bulan sekali. Hal ini terutama bila Anda menempatkan AC di dekat pintu depan maupun belakang rumah yang rentan debu dari luar. Dengan membersihkan AC dua kali setiap tahun, tingkat efisiensi AC pun akan tetap terjaga. Anda juga menghemat biaya perbaikan AC.

Perbaikan AC secara rutin dengan mengandalkan jasa servis pembersih AC kini kian mudah. Anda bisa menyewa jasa ini secara online atau perusahaan yang direkomendasikan oleh distributor AC. Jasa servis pembersih AC tersebut biasanya sudah memiliki tarif dan paket layanan yang jelas sehingga konsumen lebih mudah memilih layanan servis yang dibutuhkan.

Apapun tipe AC di rumah, tak masalah bagi jasa servis pembersih AC. Layanan ini tetap memberikan servis yang terbaik guna memastikan AC bekerja optimal. Bisa saja berupa layanan pembersihan unit jendela AC, pembersihan filter, kompresor atau bagian lainnya. Jasa pembersihan AC memastikan investasi yang Anda habiskan untuk membeli AC sepadan dengan performanya yang tahan lama.

Menjaga Kebersihan AC Membuat AC Lebih Tahan Lama

Membersihkan AC bukan hanya menghindarkan komponen AC dari debu dan kotoran lainnya. AC yang bersih juga bisa bertahan dari kondisi lingkungan yang ekstrem. Dalam kondisi iklim tertentu seperti panas terik atau dipasang di hunian dekat pantai, AC harus bekerja lebih berat. Bila kondisi AC kotor, AC harus bekerja ekstra mendinginkan ruangan. Bahkan kandungan garam di angin laut membuat AC mudah rusak.

AC yang dibersihkan secara berkala akan memiliki usia lebih panjang ketika dipasang di hunian dekat pantai. Kandungan garam di angin laut tak lekas merusak komponen AC. Namun, kondisi AC yang prima juga akan tercapai bila Anda turut membersihkan casing AC dari karat, bukan hanya bagian dalamnya saja.

Mengapa Harus Menyewa Tenaga Ahli?

AC sebenarnya bisa dibersihkan sendiri. Tapi, banyak yang merekomendasikan mengapa menjaga kebersihan AC harus dilakukan oleh tenaga ahli profesional. Hal ini karena beberapa alasan berikut :

  • Solusi permanen

Daripada menerka-nerka di mana area yang harus dibersihkan, tenaga pembersih AC profesional akan memberikan solusi permanen atas permasalahan AC yang sedang Anda hadapi. Solusi yang ditawarkan oleh tenaga profesional bukan solusi jangka pendek, melainkan solusi jangka panjang sehingga AC bisa bekerja lebih optimal. Membersihkan AC perlu pemahaman yang mendalam mengenai dinamika cara kerja pendingin udara dan membutuhkan keahlian khusus yang hanya dimiliki oleh tenaga pembersih AC profesional.

  • Kualitas

Baik AC ukuran kecil yang murah maupun AC besar yang mahal, akan bertahan lebih lama bila dijaga kebersihannya. Kualitas perawatan AC yang bagus hanya bisa dicapai dengan memanfaatkan jasa pembersih AC profesional. Apalagi mengingat komponen di dalam AC mudah sekali rusak sehingga membutuhkan perawatan yang seksama dari tenaga ahli.

  • Mengatasi berbagai masalah

Teknologi pendingin udara telah berkembang pesat dan kian canggih. Permasalahan yang sering muncul pun kian rumit. Mulai dari bagian thermostat, kipas hingga komponen terkecil merupakan kesatuan sehingga memerlukan perhatian lebih mendetail. Kerusakan satu komponen saja bisa mempengaruhi kinerja pendingin udara secara keseluruhan. Tenaga ahli pembersih AC memiliki pemahaman mendalam perihal komponen pendingin udara. Dengan begitu permasalahan AC hingga ke komponen terkecil pun bisa diatasi menggunakan teknik yang benar.

  • Garansi

Jasa pembersih AC profesional bukan hanya memberikan pelayanan berkualitas, tapi juga bergaransi. Tenaga ahli profesional biasanya sudah memiliki lisensi guna memastikan kualitas pekerjaannya. Garansi servis diberikan guna memastikan pelanggan tetap mendapatkan pelayanan optimal apabila ditemukan masalah di kemudian hari. Hal terpenting bagi pelanggan adalah memilih layanan servis AC yang menawarkan garansi sehingga pelanggan mudah melakukan klaim apabila masih muncul permasalahan di unit AC.

Memiliki unit AC yang bisa bekerja optimal di musim panas merupakan berkah tersendiri. Itu sebabnya mengapa menjaga kebersihan AC dan menyewa tenaga servis profesional sangat penting demi performa AC yang optimal di kondisi cuaca apapun.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *