kebersihan dapur

Setiap perusahaan selayaknya memiliki dapur atau pantry sebagai tempat penyimpanan dan pengolahan makanan/minuman demi memicu produktivitas seluruh karyawan. Ketersediaan dapur di dalam sebuah kantor atau perusahaan pun wajib dijaga layaknya di rumah. Jika sampai dapur itu kotor apalagi sampai mengusik kenyamanan, tentu saja dampaknya sangat buruk bagi kinerja seluruh karyawan.

Manfaat Dapur Bersih bagi Perusahaan

Dapur yang bersih bakal memberikan banyak manfaat bagi sebuah kantor atau perusahaan. Pasalnya, dari situlah lingkungan kerja yang sehat menciptakan kondisi nyaman dan memacu performa terbaik seluruh karyawan. Nah, sejumlah manfaat kebersihan dapur bagi perusahaan antara lain sebagai berikut:

  1. Melindungi dari Risiko Penyakit

Dapur seringkali identik dengan kondisi yang kotor karena di sanalah proses pengolahan makanan dan minuman dilakukan dan kadang penggunanya kurang mempedulikan faktor higienitas dan sanitasi. Alasannya sederhana; karena dapur itu bukan miliknya, berbeda dari rumah, dan “cuma” milik kantor. Persepsi semacam itu haruslah diubah karena dapur dalam sebuah kantor atau perusahaan adalah milik bersama semua karyawan yang beraktivitas di ruang lingkup kerja itu. Dapur yang bersih otomatis akan melindungi semua orang yang berada di dalam satu gedung atau ruangan di dalamnya dari segala risiko penyakit.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Dapur yang bersih akan membantu meningkatkan produktivitas perusahaan. Secara teori, semua orang pasti memahaminya. Kenyataan di lapangan seringkali berbeda. Perlakuan terhadap dapur kantor atau perusahaan biasanya berbeda dari rumah. Padahal, ruangan dapur yang tidak kondusif menyimpan resiko dan ancaman produktivitas. Karyawan akan enggan memasuki dapur, padahal sudah disediakan sesuai fungsinya. Dan ketika makin banyak karyawan yang tidak memanfaatkan dan merawatnya secara optimal, produktivitas perusahaan akan terusik karena dapur yang seharusnya sebagai sumber pengolahan logistik tenaga kerja tidak berfungsi.

  1. Mengurangi Risiko Depresi

Rumusan yang sangat mudah dan semua orang pasti memahaminya, bahwa jika seluruh spot dalam sebuah ruangan atau gedung bersih dan sehat, niscaya setiap orang yang berada di dalamnya akan merasa rileks. Atmosfer dapur yang bersih dan sehat akan menumbuhkan rasa tenang, percaya diri, dan mencegah stress. Bayangkan saja apa jadinya karyawan yang selama berjam-jam berkutat di depan tumpukan pekerjaan dan makin frustasi karena kondisi dapur yang kotor dan tidak enak dipandang. Mantaat vital kebersihan dapur juga adalah untuk mencegah risiko stres yang diakibatkan karena lingkungan pekerjaan yang tidak bersih.

  1. Mendukung Kebutuhan Logistik 

Semua orang yang bekerja di dalam perusahaan membutuhkan asupan logistik. Alih-alih membeli di luar atau jajan di kantin, tentunya akan lebih seru dan memuaskan jika karyawan dapat mengolah makanan dan minumannya sendiri di waktu istirahat atau di sela-sela rutinitas. Mereka bisa memasak makanan kesukaannya sendiri, membikin kopi, teh, atau beragam kebutuhan logistik karena faktor itulah yang sangat positif dalam lingkungan perusahaan.

  1. Mengembalikan Semangat Kerja

Selama hampir seharian bekerja di dalam ruangan, karyawan membutuhkan sedikit waktu senggang untuk sekedar bersantai. Nah, jika dapur selalu dalam kondisi bersih dan sehat, di sinilah tempat yang sangat ideal bagi seluruh karyawan, mengembalikan semangat kerja mereka layaknya charging tenaga baru dan siap kembali beraktivitas.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Sebuah dapur yang bersih akan menghasilkan makanan dan minuman yang higienis dan menyehatkan. Dari kondisinya saja yang bersih sudah menjamin kualitas kesehatan setiap karyawan yang beraktivitas dalam kantor tersebut. Kebersihan dapur sudah seharusnya menjadi kesadaran bagi pengelola dan diterapkan secara menyeluruh.

Tips Menjaga dan Meningkatkan Kebersihan Dapur Perusahaan

Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan demi mewujudkan, menjaga, dan meningkatkan kebersihan dapur supaya semua manfaat yang disebutkan di atas dapat tercapai?

  1. Menerapkan Standar Aturan Kebersihan 

Perusahaan harus menerapkan standar aturan kebersihan secara tegas. Setiap orang yang menggunakan dapur perusahaan wajib mematuhinya. Aturannya harus spesifik misalnya kewajiban mencuci setiap perlengkapan yang telah selesai dipakai memasak. Jangan sampai ada perlengkapan dapur yang masih tertinggal atau terbengkalai di tempat cuci dapur.

  1. Pengelolaan Kebersihan

Untuk mewujudkan dapur perusahaan yang bersih dan sehat, pengelolaan mesti terencana dan dipatuhi oleh pihak yang bertanggung jawab. Jangan sampai ada sisa limbah yang belum dibuang ke tempat semestinya, memastikan tidak ada percikan minyak, debu, sisa bahan makanan/minuman, dan jenis kotoran lainnya yang melekat.

  1. Higienitas dan Sanitasi Peralatan Dapur

Higienitas dan sanitasi peralatan dapur diwujudkan melalui proses renovasi jika ada masalah di saluran air yang tersumbat atau mampet, melakukan pengecatan ulang, instalasi sarana baru, atau semua kebijakan perusahaan yang berkenaan langsung dengan masalah higienitas dan sanitasi peralatan dapur.

  1. Pengecekan dan Pembaruan Peralatan Dapur

Penanggung jawab dapur perusahaan punya kewajiban melakukan pengecekan jika ada peralatan yang sudah tidak layak pakai dan segera melakukan pembaruan stok. Tanggung jawabnya meliputi urusan kelayakan setiap perlengkapan dapur mulai dari kompor, tabung gas, piring, gelas, dan lain-lain.

  1. Pengecekan Stok Bahan Makanan dan Minuman

Semua karyawan memiliki hak menyimpan bahan makanan dan minuman dalam dapur termasuk di lemari es. Tapi semua simpanan itu harus dikelola secara bertanggung jawab oleh pihak yang memilikinya. Risiko bahan makanan dan minuman yang terlalu lama disimpan di dalam lemari es akan menimbulkan masalah karena dapat menimbulkan dampak negatif apalagi jika dibiarkan di luar karena akan membusuk dan mengundang mikroorganisme.

Dapur yang bersih dan sehat wajib diwujudkan setiap perusahaan. Langkah-langkah di atas semestinya diterapkan oleh seluruh orang yang merasa memiliki dapur perusahaan. Prinsip utamanya adalah menanamkan kesadaran pentingnya kebersihan dapur.

Anda perlu bantuan untuk menjaga dapur industri Anda bersih? Silakan isi form dibawah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *