Pandemi COVID-19 merupakan sesuatu yang sudah mengubah berbagai aspek dalam kehidupan kita. Karena virus Corona mampu bertahan di udara, maka kita harus bisa selalu waspada dimanapun kita berada. Terlebih lagi, sekarang kita mengetahui bahwa virus COVID-19 akan lebih mudah menular pada ruangan yang sirkulasinya tidak baik seperti ruangan yang tertutup. Mengingat bahwa ruangan dengan pendingin atau AC merupakan ruangan yang tertutup, kita harus bisa mencari cara untuk mencegah penularan virus ini pada ruangan ber-AC.

Hubungan Antara Virus COVID-19 dengan Ruangan Ber-AC

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengamankan ruangan dengan pendingin dari COVID-19, anda harus mengerti hubungan antara virus COVID-19 dengan ruangan ber-AC. Dengan begitu, anda akan mampu memahami mengapa mengamankan ruangan yang ber-AC menjadi sesuatu yang sangat penting untuk anda lakukan. Untungnya, kami akan menjelaskan kepada anda segala sesuatu yang perlu anda ketahui mengenai hal tersebut.

Virus COVID-19 merupakan sebuah virus yang baru. Karena hal tersebut, masih banyak hal yang belum kita ketahui mengenai virus ini, termasuk cara penularannya. Namun, ada sebuah hasil studi di Tiongkok yang menunjukkan bahwa ada kemungkinan virus COVID-19 mampu menular pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang buruk. Dalam penelitian ini, terdapat 67 orang penumpang di dalam sebuah bus, dimana 1 orang di dalam bus tersebut terinfeksi COVID-19. Hasil akhirnya ialah 24 orang di dalam bus tersebut terinfeksi dengan COVID-19. Setelah diteliti, ternyata orang-orang yang duduk di samping jendela bus yang terbuka tidak tertular dengan virus ini. Hal ini menunjukkan bahwa virus ini lebih mudah menginfeksi pada area dengan sirkulasi yang buruk.

Seperti yang kita ketahui, ruangan ber-AC pasti merupakan ruangan yang tertutup. Artinya, ruangan dengan pendingin juga tidak akan memiliki sirkulasi yang baik. Hal ini disebabkan karena pendingin di dalam ruangan akan mensirkulasikan udara yang sama. Apabila ada virus COVID-19 di dalam ruangan dengan pendingin tersebut, maka virus tersebut akan terus bersirkulasi di dalam ruangan tersebut. Akibatnya, orang-orang di dalam ruangan akan lebih mudah tertular dengan virus COVID-19. Sayangnya, masih banyak dari kita yang harus beraktivitas di dalam ruangan ber-AC dengan banyak orang. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara mencegah penularan virus COVID-19 di dalam ruangan dengan pendingin.

Membuka Jendela Sebagai Solusi

Seperti yang sudah anda ketahui, akar dari permasalahan penularan virus COVID-19 dalam ruangan ber-AC ialah sirkulasi udara yang buruk. Maka dari itu, untuk membuat ruang dengan pendingin tetap aman dari COVID-19, maka anda perlu meningkatkan sirkulasi udara dalam ruangan tersebut. Dengan membuka jendela di dalam ruangan anda, maka udara yang sama tidak akan berputar-putar di dalam ruangan tersebut. Dengan begitu, apabila ada virus di dalam sirkulasi udara, virus tersebut bisa keluar dengan adanya sirkulasi udara yang baik. Namun, membuka jendela bukan satu-satunya solusi yang bisa anda lakukan untuk mencegah penularan COVID-19 pada ruangan tertutup dengan pendingin.

Menjaga Jarak di dalam Ruangan

Walaupun anda sudah membuka jendela di dalam ruangan ber-AC anda, anda harus tetap menjalankan protokol-protokol kesehatan lainnya. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk bisa menjaga jarak di dalam ruangan. Sebaiknya, anda tidak berdekatan dengan orang lain saat anda beraktivitas di dalam ruangan tersebut. Pastikan bahwa anda bekerja dengan jarak minimal 1 meter dengan orang di sekitar anda. Dengan begitu, risiko penularan virus COVID-19 akan semakin menurun sehingga anda bisa beraktivitas dengan tenang.

Selain menjaga jarak dengan satu sama lain, sebaiknya jumlah orang di dalam ruangan tersebut juga dibatasi. Dalam sebuah ruangan ber-AC yang tertutup, seharusnya ada regulasi mengenai jumlah maksimal orang yang bisa masuk ke dalam ruangan tersebut. Dengan begitu, anda akan terhindar dari keramaian yang tidak perlu. Keramaian dapat meningkatkan risiko penularan COVID-19. Maka dari itu, sebaiknya penting bagi anda untuk membatasi jumlah orang yang bisa beraktivitas di dalam ruangan ber-AC tersebut.

Gunakan Masker Setiap Saat

Masker merupakan salah satu hal yang paling penting untuk anda gunakan selama masa pandemi ini. Meskipun anda sudah menjaga jarak, hal tersebut akan percuma apabila anda tidak menggunakan masker. Masker dapat membantu menyaring udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan anda. Salah satu hal yang bisa disaring oleh masker ialah bakteri dan virus, termasuk virus COVID-19. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk terus menggunakan masker di dalam ruangan yang ber-AC. Dengan begitu, risiko penularan COVID-19 akan menjadi semakin rendah.

Kebersihan Tangan Adalah Kunci

Terakhir, anda harus mengingat untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memutus rantai penularan COVID-19. Melalui kegiatan sederhana ini, anda bisa menghilangkan virus maupun organisme lain yang menempel di tangan anda. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas apapun. Selain itu, anda juga harus menghindari memegang mata, hidung, mulut, ataupun daerah wajah lainnya, terutama ketika anda belum mencuci tangan. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko masuknya virus COVID-19 ke dalam tubuh anda. Melalui tips-tips tersebut, anda bisa membuat ruang dengan pendingin tetap aman dari COVID-19.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *