Pentingnya Menjaga Kebersihan Gudang dan Cara Pembersihannya


Kebersihan merupakan salah satu hal yang sangat penting di era global seperti sekarang ini. Hal ini disebabkan karena saat ini lebih banyak orang menjadikan kebersihan sebagai salah satu faktor penting ketika akan membeli atau menggunakan produk dan jasa. Hal inilah yang menyebabkan kebersihan harusnya menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan termasuk kebersihan gudang. Berikut ini merupakan 4 Cara Untuk Menjaga Kebersihan Warehouse yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan membersihkan gudang atau warehouse Anda. Apa saja caranya? Berikut ini adalah ulasannya.

Manfaat membersihkan warehouse

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebersihan merupakan hal yang sangat penting di era modern seperti sekarang ini. Akan tetapi selain digunakan untuk memastikan konsumen mau menggunakan produk atau jasa yang Anda miliki, kebersihan juga sangat penting bagi performa warehouse Anda.

Kebersihan dari warehouse atau tempat penyimpanan barang merupakan salah satu indikator efektivitas dari gudang penyimpanan perusahaan Anda. Sebuah gudang penyimpanan yang kotor akan membuat area kerja dari para pekerja gudang menjadi berbahaya.

Salah satu contohnya adalah gudang tidak pernah di sapu dan ada plastik yang tidak terlihat, maka plastik ini bisa membuat pegawai gudang mudah terpeleset. Masalah kecelakaan kerja seperti ini bisa berakibat fatal untuk efektivitas kerja di gudang penyimpanan Anda.

Ketika bekerja mengalami trauma atau cedera, pegawai gudang ini tidak mungkin bisa menjalankan tugasnya. Izin mendadak dan tidak adanya persiapan personel yang kurang akan membuat gudang Anda pincang operasionalnya.

Inilah yang membuat kebersihan penting untuk meningkatkan produktivitas dan juga keamanan gudang penyimpanan Anda. Bukan hanya itu, gudang yang lebih bersih dan lebih sehat juga akan terlihat lebih terorganisir sehingga lebih mudah untuk melakukan transaksi.

Selain itu jika Anda tidak menjaga kebersihan gudang penyimpanan, maka peralatan-peralatan yang digunakan di werehouse ini juga lebih cepat rusak. Oleh karena itu pekerjaan bisa terganggu bukan? Nah untuk Anda yang ingin gudang Anda lebih sehat dan lebih bersih, maka berikut ini adalah empat langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu membersihkan gudang Anda.

Tentukan periode pembersihan gudang 

Jika Anda menginginkan gudang Anda lebih bersih dan lebih sehat, maka akan lebih baik jika Anda membersihkan gudang secara teratur. Membersihkan gudang secara teratur dengan aktivitas atau kegiatan pembersihan yang lebih kecil di setiap waktu yang telah ditentukan akan membantu meringankan kegiatan kebersihan.

Ketika akan membuat sebuah aturan kebersihan gudang, Anda harus tahu bahwa pekerjaan menjaga kebersihan ini pada sangat banyak jenisnya. Masing-masing pekerjaan pembersihan gudang ini memiliki kebutuhan dan bebannya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan jenis-jenis kegiatan kebersihan ini harus dibagi berdasarkan kategorinya.

Anda bisa memiliki kategori kebersihan ini menjadi kategori kebersihan harian mingguan dan juga bulanan. Dengan memiliki kategori kebersihan ini, maka Anda bisa mendapatkan gudang yang lebih bersih dan lebih sehat setiap harinya.

Aturan-aturan untuk mengambil sampah saat melihatnya

Salah satu dari 4 Cara Untuk Menjaga Kebersihan Warehouse yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan di area kerjanya setiap waktu. Salah satu cara yang bisa Anda aplikasikan untuk memastikan karyawan Anda selalu menjaga kebersihan adalah dengan menggunakan aturan khusus. Anda bisa membuat aturan agar karyawan Anda mengambil sampah yang terlihat saat mereka beraktivitas.

Misalnya ketika karyawan Anda sedang bekerja memindah barang dari satu tempat ke tempat yang lain dan melihat sampah, buat aturan agar karyawan Anda segera mengambilnya saat tidak membawa beban apapun. Hal ini bisa membantu Anda menjaga kebersihan gudang penyimpanan barang di setiap momen.

Tentukan pekerja yang bertanggungjawab dengan kebersihan masing-masing area 

Cara lain yang cocok untuk membantu menjaga kebersihan gudang penyimpanan ini salah satunya adalah dengan membagi area kebersihan di gudang yang Anda miliki. Gudang penyimpanan Anda pasti memiliki ukuran yang sangat luas bukan? Jika seseorang ditugaskan untuk piket satu hari untuk seluruh gudang, maka hal ini akan memberikan beban berat pada pekerja tersebut.

Oleh karena itu, bagi gudang berdasarkan area atau wilayah. Lalu berikan tanggung jawab kebersihan pada masing-masing area pada pekerja yang berbeda. Hal ini akan membantu meringankan pekerjaan kebersihan di gudang Anda.

Sistem ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah untuk memberikan tanggung jawab secara personal dan membuat karyawan tidak bergantung pada karyawan lainnya untuk masalah kebersihan. Selain itu pekerjaan dan beban menjadi lebih ringan sehingga karyawan lebih bersemangat untuk menjalankan kebersihan tersebut. Apalagi jika Anda memberikan reward kepada karyawan yang selalu menjaga kebersihan areanya dan memberikan punishment pada mereka yang lalai.

Tempatkan alat kebersihan di area yang mudah di jangkau 

Memastikan alat kebersihan di area yang mudah dijangkau juga merupakan salah satu cara yang terbaik untuk meningkatkan kebersihan dari gudang penyimpanan Anda. Dengan alat kebersihan yang mudah dijangkau, karyawan tidak akan merasa malas. Jadi siapkan area khusus untuk alat kebersihan dan pastikan penataan dilakukan dengan baik sehingga tidak merusak pemandangan gudang.

Penutup 

Membersihkan gudang merupakan salah satu hal yang sangat membutuhkan komitmen. 4 Cara Untuk Menjaga Kebersihan Warehouse di atas merupakan langkah yang bisa membantu Anda untuk membersihkan gudang dengan baik tanpa pekerjaan yang terlalu berat. Akan tetapi meskipun Anda sudah menerapkan langkah di atas tapi pekerja atau karyawan Anda tidak berkomitmen untuk melaksanakannya, maka langkah-langkah di atas akan terasa sia-sia. Oleh karena itu pastikan Anda membangun kedisiplinan dari karyawan dan juga pengawas lapangan sehingga masalah kebersihan gudang ini.

Berikan komentar:

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Hubungi Rochester Mitra Indonesia