Menjaga Fisik Tetap Prima

Musim Pancaroba yang merupakan musim peralihan antara musim panas dan musim dingin atau sebaliknya biasa dikenal dengan musim penyakit. Mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan pada musim pancaroba banyak sekali orang-orang yang sakit. Maka sangat penting untuk menjaga fisik tetap prima saat  musim ini.

Selain itu musim hujan juga dikaitkan sebagai musim penyakit karena udara yang dingin dan lembap menjadi tempat yang nyaman untuk berkembang biaknya para mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur.

Hal ini dikarenakan cuaca yang tidak menentu sehingga membuat imunitas tubuh menjadi kurang baik sehingga bakteri dan virus akan mudah masuk pada tubuh seseorang tersebut dan menyebabkan penyakit. Bisa juga karena seseorang tersebut memiliki alergi terhadap salah satu cuaca seperti alergi dingin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di musim penyakit tersebut pastinya Anda juga khawatir bukan jika sampai terkena penyakit ? ya, penyakit dapat menyebabkan pekerjaan menjadi terhambat, tidak bisa merasakan enaknya makan, kurang bersemangat, sakit, dan rasan tidak nyaman yang lainnya.

Untuk itu, Anda harus menjaga fisik tetap prima pada musim penyakit agar tubuh tetap prima dan bisa menjalani aktivitas seperti biasanya. Lalu hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga fisik tetap prima saat musim penyakit ? Berikut ulasannya :

Berolah Raga secara Teratur

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang memang dipercaya banyak orang berguna untuk menjaga kesehatan, dan hal ini juga dibenarkan oleh para ahli kesehatan serta mereka pun sangat menganjurkan bahkan mewajibkan setiap orang untuk selalu berolahraga.

Dengan olahraga maka banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, otot-otot Anda akan lebih rileks, paru-paru akan lebih sehat dengan pengaturan napas yang baik, dan tentunya olahraga akan merangsang tubuh agar bisa mengeluarkan hormon endorfin yang bisa membuat Anda lebih bahagia dan lebih semangat.

Masih banyak lagi manfaat dari olahraga ini, Anda bisa meluangkan waktu sejenak mungkin sekitar 30 menit sampai 1 jam sehari untuk berolahraga.

Istirahat yang Cukup

Istirahat juga sangat berguna untuk menjaga fisik tetap prima. Jika Anda terus menerus bekerja tanpa kenal lelah maka tubuh lama-lama akan lemah dan imunitasnya pun akan turun sehingga penyakit akan mudah masuk dalam tubuh.

Usahakan dalam sehari Anda bisa tidur sekitar 6 sampai 8 jam. Apabila Anda tidak bisa tidur malam 8 jam bisa menambahkan 2 jam-nya pada siang hari atau sekedah istirahat santai merelakskan otot dan pikiran agar tubuh tidak dipaksa bekerja terus menerus.

Kurangi bergadang saat malam hari, lebih baik Anda bangun pagi dan menyelesaikan pekerjaan. Bangun pagi akan membuat pikiran Anda lebih segar dan positif.

Makan Makanan yang Bergizi dan Seimbang

Untuk menjaga tubuh tetap prima saat musim penyakit selanjutnya adalah dengan makan makanan yang bergizi dan dalam takaran yang seimbang. Anda harus makan makanan yang mengandung gizi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, mineral dan vitamin, serta lemak yang cukup.

Anda harus makan makanan yang mengandung karbohidrat contohnya nasi, kentang, roti, ubi dan lainnya. Makanan yang berprotein seperti : telur, daging, ikan, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung mineral seperti susu yang mengandung kalsium tinggi, vitamin dari sayur dan buah. Serta lemak yang bisa didapatkan dari keju, susu, daging, dan lain sebagainya. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan seberapa banyak aktivitas.

Minum Multivitamin

Multivitamin sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya jika Anda hanya meminum vitamin C saja sudah cukup untuk menjaga imunitas atau kekebalan tubuh Anda. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika Anda imbangi dengan mengonsumsi berbagai jenis vitamin yang lainnya sehingga manfaatnya banyak sekali bagi tubuh.

Multivitamin bisa Anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran hijau yang sudah pasti memiliki kandungan vitamin yang beragam, atau juga bisa Anda dapatkan dari berbagai suplemen yang banyak dijual di pasaran. Tetapi tetap disarankan untuk tetap berhati-hati karena banyak sekali oknum yang menyalahgunakan, cari produk yang sudah memiliki izin edar minimal jika di Indonesia dari BPOM.

Menghindari Stres

Stres merupakan silent killer atau bisa disebut pembunuh diam-diam. Stres merupakan suatu suasana hati yang sangat tertekan. Walaupun stres ini merupakan gangguan psikologi tetapi sangat erat kaitannya dengan fisik seorang manusia.

Stres yang merupakan gangguan psikologi ini sangat mengurangi energi Anda untuk berpikir, ya berpikir juga membutuhkan energi. Apabila energi terserap habis dengan berpikir maka tubuh juga akan lemah dan imunitas tubuh juga akan ikut turun.

Oleh karena itu, Anda harus bisa memanajemen stres. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan berolah raga yang bisa merangsang hormon endorfin, menyalurkan hobi seperti menggambar, menari, menyanyi, dan melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti menyapu rumah.

Menghindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan Alkohol merupakan dua hal yang banyak dikonsumsi apalagi oleh para anak mudah zaman sekarang. Dua hal sudah banyak yang tahu mengenai bahayanya. Rokok bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti membuat penyakit jantung, paru-paru, gangguan janin, kanker dan lain sebagainya.

Alkohol pun sama, alkohol akan mengurangi kekebalan tubuh serta akan merusak organ dalam sehingga bisa menyebabkan penyakit.  Kedua hal ini sangat berbahaya akan tetapi karena sifatnya yang adiktif membuat para penggunanya akan kesulitan melepas. Anda yang belum terlanjur lebih baik untuk tidak mencoba-coba karena bisa membuat tubuh tidak prima di musim penyakit seperti musim sekarang ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *