Bagaimana pembersihan pabrik tanpa mengganggu operasional? Pabrik adalah pondasi utama bagi setiap perusahaan belum lagi di era modern seperti saat ini, pabrik sudah menawarkan lingkungan kerja lebih baik jika dibandingkan era revolusi industri yang terjadi sebelumnya. 

Walaupun demikian kebersihan dalam sebuah pabrik harus tetap dijaga sesuai standar, seperti dengan membersihkan peralatan produksi dan lantai secara rutin, sampai pembersihan dengan menggunakan metode khusus agar ruangan pabrik tetap terjaga kesterilannya dan terbebas dari kontaminasi.  

Bagian-Bagian yang Harus Dibersihkan di Pabrik 

Ada beberapa bagian yang harus selalu dibersihkan di lingkungan pabrik berikut tipsnya, di bawah ini : 

  1. Membersihkan Lingkungan Produksi atau Area Kerja 

Langkah paling utama ialah membersihkan lingkungan atau area yang sering dipakai karyawan untuk melakukan aktivitasnya, seperti area produksi, sebagai tempat aktivitas produksi, melibatkan alat-alat produksi, mesin, dan bahan-bahan mentah, yang tentunya meninggalkan banyak residu. Apabila area ini tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan masalah kerusakan bahkan mengancam keselamatan para karyawan. 

  1. Merapikan dan Membersihkan Gudang 

Pembersihan gudang penting sekali karena tempat ini sering disukai banyak binatang, seperti kecoa, tikus, dan lain sebagainya. Terlebih lagi gudang tempat penyimpanan makanan biasanya lebih baik dibersihkan secara rutin. Area pabrik dan gudang wajib dibersihkan dengan memastikan lorong-lorongnya sudah terbebas dari minyak dan kotoran. Selain itu, pastikan pula suasana lingkungan yang ada di dalam gudang sesuai kebutuhan bahan-bahan yang disimpan di dalamnya, seperti sirkulasi udara dan pengaturan suhunya. 

  1. Membersihkan Langit-Langit, Lantai dan Dinding 

Pembersihan dinding, lantai, serta langit-langit penting sekali sebab saat membersihkan daerah tertentu di area pabrik, tak hanya membersihkan bagian tertentu saja yang harus diperhatikan tetapi juga langit-langit dan dinding juga wajib dibersihkan. Sebab langit-langit dan dinding pun dapat terkontaminasi oleh kotoran, debu, abu bekas pembakaran, minyak, dan yang lainnya. 

  1. Menyapu dan Mengepel Lingkungan Kantor 

Ara kantor biasanya digunakan sebagai tempat manajemen perusahaan, sekaligus sebagai tempat yang harus selalu dibersihkan. Para petugas kebersihan harus mengepel dan menyapu lantai yang kotor di dalam kantor, dan biasanya dilakukan dengan rutin supaya kondisi kantor tetap terjaga kebersihan dan kenyamanannya. 

  1. Membersihkan Toilet 

Petugas toilet juga harus selalu membersihkan toilet, selalu menyediakan tisu, sabun pencuci tangan, serta mesin pengering tangan di setiap toilet supaya bahan kontaminan yang ada di toilet tidak masuk ke tubuh para pekerja pabrik atau karyawan yang memakai toilet dengan cara bergiliran. 

  1. Membersihkan Tempat Istirahat atau Kantin 

Area-area tersebut juga wajib dibersihkan karena termasuk bagian dari industri atau pabrik sekaligus sebagai tempat beraktivitas para karyawan/pekerja. Kebersihan lantai kantin juga bisa kotor dan berminyak akibat dari aktivitas memasak. Selain itu, bersihkan ruang merokok yang seringkali kotor akibat puntung rokok yang berceceran. Untuk kebersihan dan sanitasi yang menyeluruh pada area istirahat ini juga tak boleh luput dari kebersihan.  

  1. Membersihkan Halaman Luar Pabrik 

Selain bagian dalam pabrik, area luar pabrik juga sangat penting untuk diperhatikan. Area luar pabrik wajib dibersihkan dengan rutin, mulai dari tempat parkir, taman dan yang lainnya. Hal ini dilakukan agar semua karyawan pabrik tetap merasa nyaman dan betah dengan kondisi pabrik yang selalu terawat dan bersih. 

Lalu, Bagaimana Dengan Kebersihan Alat-Alat Elektronik dan Listrik di Pabrik? 

Komponen yang juga harus benar-benar diperhatikan dalam perawatan dan kebersihan pabrik ialah peralatan listrik. Peralatan elektronik dan listrik jika dibersihkan bisa menimbulkan akibat yang fatal, karena bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan kerja akibat korsleting listrik atau kerusakan pada mesin yang tidak dirawat dengan benar. 

Namun, untuk peralatan listrik yang termasuk bagian vital di pabrik ini juga tidak sembarangan dilakukan pembersihan begitu saja. Karena memerlukan cairan khusus untuk membersihkannya. Namun kini Anda tak perlu khawatir, karena Super Electrosafe bisa menjadi solusi sekaligus andalan untuk membersihkan peralatan listrik. 

Kontak Kami untuk Pertanyaan atau Pemesanan Super Electrosafe

Super Electrosafe dapat digunakan untuk membersihkan elektronik, motor, dan degreaser karena memiliki kekuatan dielektrik yang kuat sehingga bisa mencegah terjadinya korsleting listrik sekaligus tidak akan merusak bagian-bagian tertentu pada kelistrikan.  

Pembersihan Pabrik Tanpa Mengganggu Operasional Dengan Super Electrosafe 

Sebuah industri atau pabrik tentu dituntut untuk selalu on alias selalu beroperasi selama 24 jam penuh. Adapun salah satu kendala membersihkan pabrik, terkadang dikarenakan pabrik yang selalu beroperasi full jadi jika dilakukan pembersihan biasa bisa saja mengganggu aktivitas operasional yang ada di pabrik itu sendiri. 

Tapi tunggu dulu, jika Anda mengandalkan Super Electrosafe maka hal ini tidak menjadi masalah. Karena solven ini memungkinkan proses pembersihan secara live sehingga tidak mengganggu proses operasional di pabrik yang beroperasi atau yang sedang berjalan.  

Kontak Kami untuk Pertanyaan atau Pemesanan Super Electrosafe

Jadi, Super Electrosafe ialah solven yang siap pakai dengan kemampuan dielektrik yang cukup tinggi. Solven ini juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya tidak korosif, 100% mudah menguap, tidak akan menimbulkan residu atau kotoran, dan tidak menimbulkan bau menyengat, sehingga penggunaannya tidak mengganggu. 

Dengan membersihkan peralatan industri menggunakan cairan yang tepat, tentu saja tidak berdampak negatif bagi peralatan maupun orang-orang yang menggunakan peralatan tersebut. Sebab yang namanya peralatan listrik atau mesin di pabrik selalu digunakan setiap waktu saat pabrik beroperasi. Jadi penting sekali memperhatikan perawatan dan pembersihan alat tersebut agar tetap berfungsi dengan baik. 

Super Electrosafe adalah andalan pembersihan peralatan pabrik yang tepat karena khusus digunakan untuk alat-alat industri yang berkaitan dengan bidang kelistrikan atau elektronik.

Kontak Kami untuk Pertanyaan atau Pemesanan Super Electrosafe

super electrosafe

Kontak Kami untuk Pertanyaan atau Pemesanan Super Electrosafe

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *