Yang Perlu Diperhatikan Sewaktu Melakukan Perjalanan Udara Ketika Pandemi


Di saat pandemi seperti ini, banyak masyarakat yang masih harus berpergian menggunakan transportasi umum, seperti pesawat. Tapi karena masih belum ada kabar baik dari Covid-19 ini, kebanyakan dari mereka merasa khawatir karena harus menggunakan pesawat. Dan juga, ketika menaiki pesawat mereka harus memenuhi persyaratan yang cukup banyak.

Syarat Menaiki Pesawat saat Pandemi

Sesuai Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, syarat dan kriteria oleh yang harus dilakukan calon penumpang diantaranya,

  1. Bagi Pekerja Lembaga Swasta atau Pemerintah
  • Menunjukan hasil non-reaktif atau Negatif pada hasil Rapid Test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) test. Bisa juga dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit, dinas kesehatan, atau klinik.
  • Untuk Aparatur Sipil negara, Tentara Nasional Indonesia, serta Kepolisian Indonesia, harus membawa dan Menunjukan surat tugas yang telah ditandatangani minimal pejabat tingkat eselon 2.
  • Untuk pegawai BUMN, BUMD, Unit Pelaksana Teknis, Satuan Kerja, Organisasi non-Pemerintah¬† serta Lembaga Usaha juga membawa dan menunjukan surat tugas yang telah ditandatangani oleh Kepala Kantor/Direksi.
  • Harus membuat surat pernyataan dengan materai yang diketahui lurah atau kepala desa tempatnya tinggal bagi yang tidak mewakili lembaga swasta ataupun pemerintah.
  • Menunjukan kartu identitas diri, seperti KTP atau tanda pengenal lain.
  • Dari rencana jadwal perjalanan sampai kepulangan, wajib melaporkannya.
  1. Bagi Pasien atau Anggota Keluarga dari pasien yang sakit serta Meninggal
  • Menunjukan hasil non-reaktif atau Negatif pada hasil Rapid Test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) test. Bisa juga dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit, dinas kesehatan, atau klinik.
  • Menunjukan kartu identitas diri, misalnya KTP atau tanda pengenal lain.
  • Membawa serta menunjukan surat rujukan rumah sakit untuk pasien yang harus melakukan pengobatan di tempat lain.
  • Membawa serta menunjukan surat keterangan kematian untuk izin mengunjungi keluarganya yang meninggal dunia.
  1. Bagi Pekerja Migran Indonesia, Pelajar atau Mahasiswa yang berada di luar negeri dan pemulangan warga dengan alasan khusus
  • Menunjukan hasil non-reaktif atau Negatif pada hasil Rapid Test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) test. Bisa juga dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit, dinas kesehatan, atau klinik.
  • Menunjukan kartu identitas diri, misalnya KTP atau tanda pengenal lain.
  • Wajib menunjukan surat yang berasal dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ataupun dari perwakilan Indonesia yang ada di luar negeri.
  • menunjukan surat keterangan yang didapat dari sekolah atau universitas.
  • Pemulangan harus terorganisir oleh pemerintah serta universitas.

Tips Menaiki Pesawat Ketika Pandemi

Bagi yang ingin menaiki pesawat di pandemi seperti ini, kalian bisa mengikuti beberapa Tips mengadakan perjalanan udara di saat pandemi, yaitu,

  1. Memakai Masker.

Masker sendiri ada beberapa macam. Untuk masker kain, cocok bagi yang berbelanja di toko atau tempat semacamnya. Tapi kalau kalian berada di pesawat dan duduk dengan orang lain dalam waktu yang lama di tempat tertutup, kalian harus memakai masker terbaik dan bagus yang kalian punya.

Bisa dari masker bedah, masker N95 atau N99, karena sangat lebih efektif menghalau virus daripada masker kain biasa. Dan juga sekarang kalian tidak bisa memakai masker dengan ventilasi, karena masker tersebut diketahui tidak bisa mencegah kuman atau virus dengan baik sehingga maskapai penerbangan melarang penggunaannya.

  1. Membuat Rencana Pergi.

Setelah terjadi pandemi, kalian harus bisa mempertinvangkan keamanan serta jarak sosial. Kalian juga harus memutuskan apa yang lebih nyaman, lalu buatlah rencananya. Terus pakai masker ketika menggunakan transportasi umum apapun itu, membersihkan tangan sebelum serta setelah masuk transportasi.

  1. Memilih Penerbangan dengan Benar.

Banyak maskapai penerbangan yang telah memblokir kursi bagian tengah, walaupun masih ada juga yang masih menjual semua kursi pesawat. Jadi, periksalah dahulu daftar-daftarnya agar dapat mengetahui kebijakan dari masing-masing maskapai yang ada  kalian bisa memilih pesawat yang memiliki lebih banyak ruang di antara kursi penumpangnya.

Kalian juga harus mempertimbangkan waktu terbang, kalian bisa memilih di jam-jam yang tidak sibuk atau yang sekiranya memiliki penumpang yang tidak penuh atau padat.

  1. Memilih Boarding Terakhir.

Kalian lebih baik menghindari yang namanya bergerombol ketika boarding, dengan bisa memilih boarding yang paling terakhir. Karena kalian bisa menghindari kemungkinan berdekatan dengan orang lain ketika mengantri dan berjalan di koridor.

  1. Sering Bersihkan Tangan.

Kebiasaan baru di zaman pandemi adalah sering mencuci tangan. Jadi kalian harus sering melakukannya dan juga jangan lupa membawa hand sanitizer setiap di perjalanan sebagai pengganti cuci tangan. Dalam Penerbangan, sekarang diizinkan penumpang membawa pembersih tangan dengan wadah sampai 12 ons per penumpang.

  1. Makan Dahulu.

Kalian biasanya diizinkan melepas atau membuka masker untuk makan serta minum ketika di bandara ataupun pesawat. Tapi hal itu bisa menjadi resiko bagi kalian juga orang kali karena sering membuka menutup masker.

Maka dari itu, kalian lebih baik mencoba makan serta minum sebelum memulai perjalanan jauh. Kalian bisa membawa makanan sendiri dari rumah jika memungkinkan, sebagai jaga-jaga jikalau toko-toko di bandara banyak yang tutup.

  1. Usahakan Tetap Terhidrasi.

Kalian harus menyiapkan air sebelum melakukan penerbangan agar dapat menjaga tubuh terus terhidrasi. Karena jika tidak, tubuh akan bisa kekurangan cairan yang dapat meningkatkan resiko kalian tertular virus serta bakteri. Mengingat juga udara yang kering di kabin pesawat bisa menyebabkan keringnya selaput lendir di hidung, kalian sangat harus memperbanyak cairan dalam tubuh.

  1. Membersihkan Kursi.

Kalian harus selalu membawa tisu ataupun tisu basah. Jadi, ketika sebelum duduk kalian bisa membersihkan kursinya, dari sandaran kursi, seka kursi, sabuk pengaman, layar hiburan kursi, meja baki, serta sandaran tangannya.

Begitulah beberapa syarat serta Tips Mengadakan Perjalanan Udara Di Saat Pandemi yang bisa selalu kalian taati. Juga, jangan lupa selalu taati protokol kesehatan yang ada agar bisa lebih menjaga tubuh dari berbagai virus.

Berikan komentar:

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Hubungi Rochester Mitra Indonesia