Corona Virus COVID-19 saat ini sedang menjadi perbincangan publik karena sifatnya yang mudah untuk menular. Bahkan virus ini telah menyebar ke berbagai negara dengan cepat dan telah menewaskan puluhan ribu orang dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Virus yang merebak dari kota Wuhan China ini telah menyebabkan banyak orang merasa khawatir karena penyebarannya yang cepat. Untuk itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memberikan banyak arahan untuk dapat menjaga kebersihan dan kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat mulai dari cuci tangan secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. 

Bagi anda yang bekerja di tempat umum, tentu resiko penularan akan semakin besar seperti di perkantoran dan pabrik. Untuk itu anda perlu mengantisipasinya dengan melakukan cara-cara efektif berikut untuk mencegah penyebaran corona di pabrik.

1. Cuci tangan yang teratur

Mencuci tangan merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk dapat mencegah dari berbagai penyakit berbahaya seperti Covid-19. Bagi anda yang bekerja ditempat umum sering-sering mencuci tangan terutama setelah menyentuh benda-benda yang sering dipegang umum seperti gagang pintu bahkan meja. Mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh kuman dengan lebih efektif. Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir selama setidaknya 20 detik untuk membunuh kuman dan virus yang menempel pada tangan. 

Menggunakan hand sanitizer juga dapat digunakan untuk membuat tangan lebih steril. Gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan yang mengandung alkohol dengan kadar setidaknya 60% untuk dapat membunuh kuman dengan lebih efektif. Cuci tangan sebelum menyentuh makanan merupakan hal yang tepat untuk dilakukan untuk mencegah kuman untuk masuk kedalam tubuh.

2. Bersihkan tempat kerja secara rutin

Kita tidak pernah tahu apakah tempat kerja kita mengandung kuman berbahaya. Untuk itu, anda bisa mencegahnya dengan rutin untuk membersihkan tempat kerja dengan cairan desinfektan untuk menjaga kebersihan tempat kerja tetap steril. Bersihkan tempat kerja mulai dari meja, gagang telpon, keyboard, mouse dan bagian lainnya. Membersihkan tempat kerja sebelum anda memakainya akan membantu anda untuk mencegah anda untuk tertular dari berbagai penyakit menular seperti Covid-19.

3. Menggunakan masker dan menyediakan tissue

Menggunakan masker akan mencegah kuman dan virus untuk masuk kedalam tubuh. Penggunaan masker yang benar harus menutupi mulut dan hidung. Masker akan menghindarkan seseorang untuk tertular dari virus yang tersebar di udara. Menggunakan masker yang benar dilakukan dengan meletakkan bagian putih yang ada di masker pada bagian dalam dan bagian hijau atau berwarna pada masker pada bagian luar. Jangan terbaik meletakannya. 

Melepaskan masker juga harus dilakukan dengan benar. Lepaskan masker dengan perlahan dan tidak menyentuh pada bagian luar masker yang kemungkinan sudah banyak tertempel kuman dan virus. Segera cuci tangan anda setelah menggunakan masker untuk memastikan tangan tetap higienis. Jika anda bersin atau batuk gunakan tissue agar cairan bersin atau batuk tidak tersebar secara luas. Hal ini penting untuk diketahui agar anda serta orang lain dapat tetap bersih dan mencegah penyebaran corona di Pabrik.

4. Tidak menyentuh hidung, mulut dan mata

Virus yang menempel pada tangan dapat masuk kedalam tubuh dengan melewati hidung, mulut dan mata. Oleh karena itu penting untuk menjaga tangan tetap bersih sebelum menyentuh hidung, mulut dan mata. Usahakan untuk rutin cuci tangan untuk mencegah penyebaran virus lewat hidung, mulut dan mata.

5. Beri jarak dengan orang yang bersin dan batuk

Orang yang sedang mengalami batuk dan bersin akan mengeluarkan cairan atau droplet yang akan menyebar di berbagai benda yang ada disekitar seperti meja dan bahkan lantai. Oleh sebab itu menjaga jarak dengan penderita bersin dan batuk dapat menjadi solusi yang terbaik untuk dapat terhindar dari terkenanya cairan tubuh yang keluar.

6. Minum suplemen kesehatan

Untuk dapat mencegah dari berbagai penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh dapat menjadi pilihan yang terbaik. Meminum suplemen kesehatan dapat menjadi solusi yang tepat untuk dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Jika anda memiliki sistem imun tubuh yang kuat, kuman dan bakteri dapat dilawan dengan lebih baik. Bagi anda yang sedang sakit, meminum suplemen kesehatan juga mampu untuk dapat meningkatkan kesehatan tubuh agar kembali normal.

7. Jika merasa tidak enak badan sebaiknya dirumah

Ada baiknya jika anda merasakan gejala flu seperti batuk, pilek, dan bersin anda sebaiknya tetap tinggal di rumah. Untuk saat ini penting untuk bisa meningkatkan kesadaran diri untuk lebih peka terhadap sekitar. Jika anda menemukan gejala flu seperti menunjukkan gejala penyakit Covid-19 anda sebaiknya melakukan isolasi diri dan membatasi untuk tidak bergaul dengan orang lain. Anda bisa mengkonsumsi paracetamol dan ibuprofen. Jika anda merasa penyakit anda semakin serius setiap harinya anda dapat menghubungi rumah sakit terdekat untuk melakukan tes laboratorium untuk memastikan kesehatan anda.

8. Lakukan social distancing di pabrik

Jika sebelumnya anda sering bersentuhan dengan teman-teman anda yang ada di pabrik, sebaiknya anda tidak melakukannya dulu untuk sementara waktu. Hal ini untuk menjaga untuk  terhindar dari penyebaran penyakit. Lakukan social distancing dengan menghindari kerumunan dalam waktu yang lama. Segera cuci tangan setelah anda melakukan kontak dengan banyak orang, karena besar kemungkinan tangan anda terkena kuman dan virus setelah berada di kerumunan

9. Menjaga pola hidup sehat

Menjaga pola hidup sehat dapat menjauhkan dari berbagai penyakit berbahaya. Menjaga pola hidup sehat seperti menjaga pola makan yang teratur dan bergizi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat lebih kuat. Minum air putih yang banyak untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dan terjauh dari penyakit

10. Tetap tenang

Dalam menghadapi berbagai kepanikan yang ada dalam masyarakat anda perlu untuk tetap tenang. Tetap tenang dengan mengikuti pola hidup yang sehat. Jika anda terlalu panik dan takut akan menurunkan sistem imun tubuh anda, sehingga penting untuk tetap tenang dan mengikuti perkembangan berita.

RMC Indonesia memiliki produk khusus yang ampuh mencegah Corona. Simak disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *