Apakah Anda punya ruang pribadi yang dikhususkan utk bekerja? Jika ya, pasti Anda akan berupaya membuatnya senyaman dan sebersih mungkin. Tapi mungkin Anda ada kendala dalam menjaga ruangan kerja tetap bersih dan nyaman?

Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat ruangan kerja nyaman dan bebas kuman. Penasaran? simak informasi berikut ini.

Sebagai informasi, RMC menyediakan layanan dan bahan-bahan pembersihan utk berbagai ruangan kerja perkantoran dan industri. Silakan hubungi kami utk informasi lebih jauh.

Menentukan Konsep Ruangan Kerja

Setiap konsep yg Anda rencanakan untuk ruang kerja Anda, hendaknya menyertakan pikiran tentang bagaimana cara membersihkannya juga. Jangan sampai konsepnya terlalu sulit sehingga ruangan akhirnaya sulit dibersihkan. Biasanya konsep sederhana bisa menghasilkan ruang kerja yg bersih maksimal.

Lalu, bagaimana cara menentukan konsep? Ada baiknya Anda menentukan konsep sesuai dengan kegemaran Anda supaya membuat Anda lebih betah di dalam ruangan kerja dan menambah tingkat produktivitas Anda saat Anda sedang bekerja. Untuk jenisnya, Anda juga bisa mencari berbagai macam jenis konsep interior ruangan di internet atau bahkan, Anda juga bisa konsultasi dengan orang – orang yang ahli agar mendukung penetapan konsep untuk ruangan kerja Anda.

Ukuran Ruangan

Kenyamanan ruang kerja sangat bergantung pada ukuran ruangan. Jika ruangannya besar dan perabotannya sedikit, maka ruangan akan semakin nyaman dan lebih mudah dibersihkan. Konsep ini biasanya disebut konsep minimalis.

Tapi bagaimana jika yg minimal adalah ukuran ruangannya? Maka Anda harus pandai-pandainya membuat ruangan tetap nyaman. Mengurangi banyaknya perabotan didalam ruangan adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan.

Hanya tempatkan perabotan yg benar-benar Anda perlukan di ruangan yang ukurannya terbatas, ini menjamin kenyamanan tempat kerja Anda.

Ukuran ruangan, tidak soal besar atau kecil, dapat tetap memberi kenyamanan jika ditata dengan baik.

Menggunakan Lemari Untuk Menyimpan Segala Macam Barang

Lemari yg tinggi biasanya cocok ditempatkan dalam ruangan yg sempit. Banyak barang keperluan kerja bisa di konsentrasikan di lemari tersebut sehingga ruangan bisa punya lebih banyak space utk hal lainnya.

Tapi perlu diperhatikan bahwa membersihkan lemari tinggi ada tantangannya sendiri. Debu dan kotoran bisa dengan mudah menempel tanpa kita sadari. Maka pembersihan rutin perlu selalu dijadwalkan setiap hari.

Memperhatikan Mengenai Penggunaan Pencahayaan Alami

Selanjutnya, untuk dapat memiliki ruangan kerja yang baik, ada baiknya Anda memperhatikan penggunaan pencahayaan alami. Selain itu, menurut beberapa sumber, penggunaan pencahayaan alami juga dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dalam melakukan pekerjaan.

Untuk itu, Anda dapat meletakan meja kerja Anda dekat dengan jendela, atau dapat pula atap yang melindungi ruangan kerja Anda menggunakan atap kaca, sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan pencahayaan.

Hal ini tidak berarti Anda tidak memasang lampu di ruangan kerja Anda, hanya saja intensitas penggunaannya lebih sedikit ( di malam hari ). Hal yang seperti ini akan sangat baik untuk Anda dan juga mengurangi jumlah pembayaran listrik per bulannya.

Pencahayaan alami juga membuat penglihatan lebih sehat dan tidak terlalu menyengat dan memantul ke dalam mata Anda nantinya. Dengan menggunakan pencahayaan alami pula, menandakan bahwa ruangan kerja Anda tidak terlalu tertutup, dan masih membiarkan pencahayaan masuk ke dalam ruangan kerja Anda, dimana hal ini sangat baik pula untuk ruangan.

Membersihkan Ruangan Kerja Secara Teratur

Kemudian, setelah memiliki segala macam hal yang menunjang ruangan kerja Anda untuk dapat digunakan dengan nyaman, langkah selanjutnya adalah dengan membuat ruangan kerja Anda bersih bebas dari debu dan kotoran.

Tentunya hal seperti ini dilakukan agar nantinya Anda tetap nyaman bekerja dan Anda juga terhindar dari segala penyakit akibat kotoran – kotoran ruangan tersebut. Bersihkan secara teratur agar debu dan kotoran tidak sampai menumpuk.

Proses pembersihan ini misalnya dapat Anda lakukan mulai dari menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu di meja kerja Anda, mengelap jendela yang sudah mulai berdebu dan membuat jendela tidak jernih lagi, mengosongkan tempat sampah yang telah penuh, menyapu, mengepel, dan bahkan  dapat Anda lakukan dengan menggunakan vacuum cleaner untuk mengatasi debu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *