sampah kantor

Sampah adalah salah satu masalah yang tidak pernah habis-habisnya menghantui manusia. Sampah bisa terdapat di mana saja dan semakin hari semakin banyak dan bisa menimbulkan penyakit. Apalagi kini banyak sekali sampah plastik dan styrofoam yang membuat sampah semakin menumpuk karena tidak mudah di urai dalam tanah sehingga memerlukan jutaan tahun untuk menguraikan sampah jenis tersebut.

Untuk mengurangi sampah pada area Kantor perlu sesuatu koordinasi dan kekompakan dari para karyawan kantor dan juga bos untuk selalu berkomitmen agar mengurangi penggunaan sampah plastik, styrofoam, maupun kalen. Jika semua sudah sepakat maka akan sangat mudah. Lalu bagaimanakah cara mengurangi sampah kantor dengan efisien ? Berikut penjelasan lengkapnya

Membawa Tempat Makan Sendiri

Jika Anda dan karyawan sudah sepakat untuk membawa makan sendiri maka akan sangat baik untuk mengurangi penggunaan tempat makan instan yang banyak digunakan saat ini. Membawa makanan sendiri juga lebih hemat sehingga lingkungan kantor akan terbebas oleh berbagai jenis bungkus makanan. Selain hemat dan ramah lingkungan, membawa makanan sendiri juga akan menjamin lebih sehat.

Tempat makan yang Anda bawa ini bisa dibersihkan dan digunakan lagi esok hari atau juga bisa digunakan sebagai wadah makanan yang Anda beli di sekitar kantor. Misalnya saja ada penjual bakso lewat di depan kantor, Anda bisa membawa tempat makan Anda untuk wadah bakso tersebut, jadi Anda sudah mengurangi penggunaan plastik bakso bukan ?

Menggunakan Tumbler dan Menyediakan Air Minum Isi Ulang

Anda harus sepakat dengan karyawan untuk menggunakan tumbler sebagai wadah air minum yang bisa digunakan berulang-ulang. Dengan menggunakan tumbler, karyawan tidak perlu membeli air mineral dengan wadah plastik sekali buang yang bisa meningkatkan sampah. Dengan menggunakan tumbler juga bisa digunakan untuk mengisi ulang air minum. Menggunakan tumbler juga bisa digunakan untuk menghemat biaya membeli air mineral botol.

Selain menggunakan tumbler untuk Anda dan karyawan, Kantor juga harus berkomitmen untuk menyediakan air isi ulang. Air isi ulang bisa menggunakan air mineral galon atau juga bisa dengan menggunakan air masak sendiri. Dengan komitmen tersebut maka karyawan akan lebih mudah mendapatkan minum. Selain itu, minum air putih juga sehat serta meningkatkan konsentrasi yang tentunya bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

Menyediakan Peralatan Makan dan Minum Darurat

Kantor juga sebaiknya menyediakan peralatan makan dan minum yang terbuat dari kaca, melamin, atau bahan yang awet lainya. Peralatan makan dan minum ini bisa digunakan bagi karyawan yang lupa membawa tempat makan atau pun tumbler mereka. Dengan menyediakan peralatan darurat ini karyawan akan senantiasa menjaga komitmen untuk tidak membeli makanan dengan wadah plastik, styrofoam, kaleng, dan sebagainya.

Kurangi Penggunaan Kertas

Kantor yang sangat identik dengan lembaran kertas di mana-mana harus mulai berubah dan harus berkomitmen untuk menggunakan sedikit kertas. Walaupun kertas bisa terurai dengan cepat tetapi akan lebih baik jika mengurangi penggunaan kertas sehingga mengurangi sampah kertas juga. Anda bisa meningkatkan mutu kantor dengan menggunakan media internet dan penggunaan teknologi yang canggih.

Selain bisa mengurangi penggunaan kertas, dengan menggunakan teknologi masa kini apalagi sudah berbasis internet maka data-data dan berbagai pekerjaan bisa lebih aman karena tersimpan dalam sistem. Berbeda dengan lembaran kertas yang gampang hilang dan rusak.

Menggunakan Totebag pengganti tas Plastik

Terkadang jika banyak membawa banyak dokumen, peralatan kantor atau setelah membeli makan bisa menggunakan plastik. Untuk saat ini, Kantor sebaiknya membeli totebag yang bisa digunakan untuk membawa dokumen, membawa makanan atau bisa digunakan untuk membawa berbagai peralatan karyawan. Gunakan desain yang unik jadi Karyawan tertarik.

Menyediakan Bahan Minuman

Bagi karyawan sebaiknya menyediakan bahan-bahan minuman seperti kopi, gula, teh, sirop dan lain sebagainya sendiri untuk mencegah membeli minuman di luar yang masih menggunakan kemasan plastik. Dengan menyediakan berbagai macam bahan minuman ini membuat karyawan tidak jajan sembarangan lagi, mereka bisa leluasa membuat minuman kesukaan mereka.

Menggunakan Sedotan Ramah Lingkungan

Anda dan Karyawan sebaiknya juga berkomitmen untuk menggunakan sedotan yang ramah lingkungan dan bisa dipakai kembali. Kini banyak sekali jenis sedotan yang ramah lingkungan seperti sedotan dari aluminium, sedotan bambu, dan lain sebagainya. Anda bisa mencucinya lagi setelah digunakan.

Saat ini banyak sekali penjual sedotan yang ramah lingkungan sehingga Anda tidak perlu bingung mencarinya. Sedotan yang ramah lingkungan bisa kita temukan di berbagai platform e-commerce dan juga toko offline. Jadi tidak ada alasan lagi menggunakan sedotan yang ramah terhadap lingkungan.

Memilah Sampah

Sediakan tempat sampah kantor yang  berbeda-beda di setiap jenis sampahnya. Untuk sampah yang organik bisa didaur ulang menjadi pupuk kompos dan bisa digunakan untuk memupuk tanaman di sekitar kantor agar terlihat lebih hijau dan sehat.

Untuk sampah plastik bisa didaur ulang kembali, atau bisa juga diolah menjadi bijih plastik kembali oleh perusahaan pembuat bijih plastik. Namun alangkah baiknya jika tidak menggunakan plastik kembali.

Budayakan Membawa Saputangan

Anda dan juga karyawan sebaiknya juga membudayakan untuk membawa saputangan atau handuk kecil sendiri dari rumah sehingga mengurangi penggunaan tisu. Tisu banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena dinilai lebih higienis, namun penggunaan tisu ini juga menyebabkan sampah tisu juga semakin banyak. Alangkah lebih baik jika membawa saputangan sendiri atau handuk kecil yang bisa dicuci dan bisa digunakan kembali sehingga bisa mengurangi sampah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *