Cooling tower atau menara pendingin adalah salah satu peralatan yang sering digunakan di dalam dunia industri. Alat ini digunakan untuk bisa menyalurkan udara panas ke udara luar. Dengan begitu, udara dingin bisa masuk ke dalam tempat yang dituju. Apabila anda menggunakan AC, maka anda perlu mengetahui bahwa hal tersebut merupakan salah satu contoh dari penggunaan cooling tower tersebut. Namun, cooling tower biasanya digunakan untuk menyalurkan udara dingin di dalam pabrik maupun sebuah perusahaan.

Sama seperti peralatan industri lainnya, cooling tower harus dibersihkan secara rutin. Dengan begitu, cooling tower tersebut bisa berfungsi seperti seharusnya. Ada berbagai hal buruk yang bisa terjadi apabila cooling tower tidak rutin dibersihkan. Untungnya, anda bisa menyewa jasa profesional untuk membersihkan cooling tower anda. Nah, selanjutnya kami akan membahas segala sesuatu yang perlu anda ketahui mengenai cooling tower dan mengapa anda sebaiknya menggunakan jasa profesional untuk membersihkan cooling tower anda.

Dasar-Dasar tentang Cooling Tower

Sebelum kita membahas mengenai pentingnya membersihkan cooling tower, mari kita membahas sedikit mengenai cooling tower itu sendiri. Seperti yang anda sudah ketahui, cooling tower digunakan untuk bisa memberikan udara dingin ke dalam suatu ruangan. Hal ini dilakukan melalui proses evaporasi sehingga udara panas bisa tersalurkan ke luar. Dengan begitu, udara dingin bisa masuk ke dalam suatu ruangan yang dituju.

Ada berbagai jenis cooling tower yang bisa anda temukan di luar sana. Anda bisa menemukan cooling tower yang besar maupun yang kecil. Apabila anda memiliki AC di rumah, maka kemungkinan anda memiliki cooling tower kecil yang bisa dipasang di atap rumah anda. Namun, anda juga bisa menemukan cooling tower dengan ukuran yang sangat besar. Bentuk dari cooling tower jenis ini biasanya mirip dengan cerobong asap yang sangat besar. Cooling tower yang besar sering digunakan untuk pabrik maupun perusahaan.

Manfaat Pembersihan Rutin dari Cooling Tower

Selanjutnya, mari kita membahas mengenai manfaat dari pembersihan rutin dari cooling tower. Dengan begitu, anda bisa mengerti betapa pentingnya membersihkan cooling tower. Menjaga kebersihan dari cooling tower menjadi sangat penting. Apabila cooling tower anda tidak dibersihkan secara rutin, maka alat tersebut tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Tentunya, hal ini akan sangat merugikan bagi anda. Inilah beberapa manfaat dari pembersihan rutin dari cooling tower.

Fungsinya Menurun

Efektivitas dari kerja cooling tower akan sangat terpengaruh apabila anda tidak rutin membersihkan alat ini. Cooling tower bekerja dengan sistem evaporasi panas. Apabila alat ini tidak dibersihkan secara teratur, maka akan terjadi gangguan berupa penggunaan energi yang tidak efektif. Hal ini tentunya akan diperparah dengan keberadaan mikroorganisme yang ada ketika cooling tower tidak dibersihkan.

Pertumbuhan Biofilm

Ketika sebuah cooling tower tidak dibersihkan, maka akan tumbuh lapisan biofilm di dalam cooling tower tersebut. Biofilm merupakan lapisan mikroorganisme yang bisa terdiri dari bakteri, ganggang, maupun jamur. Mikroorganisme tersebut biasanya tumbuh di tempat yang lembab, dimana hal ini mungkin sekali terjadi pada cooling tower yang tidak pernah dibersihkan.

Lapisan biofilm pada cooling tower bisa menyebabkan berbagai hal. Tentunya, fungsi dari cooling tower tersebut akan terganggu. Selain itu, lapisan ini bisa menyebabkan kontaminasi pada udara, mengingat bahwa biofilm terdiri atas mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Sayangnya, lapisan biofilm bisa tumbuh dengan cepat di berbagai bagian dari cooling tower seperti pada bagian cooling water. Pembersihan cooling tower secara rutin akan membantu anda mencegah pertumbuhan dari biofilm.

Hemat Energi

Cooling tower yang jarang dibersihkan akan menyebabkan fungsinya yang terganggu. Salah satu hal yang bisa terjadi ialah cooling tower tersebut menjadi tidak hemat energi. Hal ini tentunya akan meningkatkan biaya pengoperasian dari cooling tower tersebut. Apabila anda rajin membersihkan cooling tower anda, maka alat tersebut bisa berfungsi menggunakan kadar energi yang lebih rendah.

Mencegah Korosi

Korosi atau karat merupakan salah satu hal yang paling sering terjadi pada alat yang terbuat dari logam. Sayangnya, korosi tersebut tidak hanya mengganggu penampilan dari sebuah alat saja. Namun, korosi juga bisa menurunkan fungsi dari alat tersebut, termasuk pada cooling tower. Apabila anda tidak membersihkan cooling tower secara rutin, maka air dari cooling water bisa menyebabkan korosi pada berbagai komponen mesin di dalam alat tersebut. Korosi tersebut bisa mengurangi umur dari cooling tower anda.

Jasa Profesional untuk Membersihkan Cooling Tower

Untuk membersihkan cooling tower, ada berbagai langkah yang harus anda lakukan. Langkah-langkah tersebut mungkin cukup membingungkan bagi anda, terutama ketika anda tidak memiliki pengetahuan apapun mengenai cooling tower. Namun, anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali jasa profesional di luar sana yang menyediakan layanan pembersihan cooling tower. Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda sebaiknya menggunakan jasa tersebut ketika anda ingin membersihkan cooling tower.

Tenaga Ahli yang Lebih Berpengalaman

Jasa profesional menyediakan tenaga ahli yang lebih berpengalaman dalam membersihkan cooling tower. Tenaga ahli tersebut tentunya memiliki pengetahuan yang cukup memadai mengenai cooling tower dan bagaimana cara membersihkannya.

Peralatan untuk Membersihkan

Untuk membersihkan cooling tower, anda harus menggunakan peralatan khusus seperti mesin high pressure cleaner. Sayangnya, anda mungkin tidak memiliki alat tersebut. Nah, jasa profesional biasanya sudah menyediakan alat-alat tersebut. Anda tinggal membuat janji dengan mereka dan membiarkan mereka melakukan semuanya untuk anda. Inilah mengapa anda sebaiknya menggunakan jasa pembersihan cooling tower untuk membersihkan alat anda secara rutin.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *