cara bersihkan peralatan dengan disinfektan

Bagaimana cara efektif bersihkan peralatan dengan disinfektan? Virus Covid 19 sekarang ini telah menginfeksi sebanyak 192 negara yang ada dunia. Dimana para ilmuwan dan para ahli pun tetap berusaha untuk meneliti semua hal terkait virus Corona ini. Di samping meneliti vaksin sebagai anti virusnya, ilmuwan dan para ahli pun ikut meneliti disinfektan untuk membasmi virus.

Menurut para ahli sendiri, ada beberapa metode untuk membasmi virus Corona secara efektif. Dimana langkah-langkah ini mungkin dapat dilakukan dalam rangka pencegahan paparan virus Covid 19 di dalam rumah.

Ini Cara Efektif Bersihkan Peralatan Dengan Disinfektan

Menurut para ahli, aturan paling penting dalam membersihkan rumah dengan disinfektan ialah jangan langsung terburu-buru membersihkan disinfektan sesudah digunakan, biarkan cukup lama sampai virus dibasmi oleh disinfektan terlebih dahulu. Berikut beberapa hal terkait penggunaan disinfektan untuk membersihkan rumah :

  1. Barang yang Rutin Dibersihkan

Berdasarkan Pusat Pengendalian serta Pencegahan Penyakit Amerika Serikat merekomendasikan penggunaan disinfektan setiap hari di permukaan benda tertentu yang rentan dan sering disentuh banyak orang, mulai dari saklar lampu, gagang pintu, meja, telepon, meja dapur, keran, toilet, wastafel dan keyboard. Sebelum disinfekti, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu menggunakan sabun atau deterjen dan air di bagian permukaan yang tampak kotor.

Apabila di rumah Anda ada anggota keluarga yang mempunyai gejala flu, sebaiknya segera mendisinfeksi rumah dengan rutin, sebab virus Corona terbukti dapat bertahan hingga 16 jam dalam material plastik.

Pastikan untuk tidak memakai produk pembersih berbeda dengan bersamaan. Ada beberapa zat kimia rumah tangga yang apabila dicampur bisa menciptakan gas beracun dan berbahaya.

Jika memakai pemutih, sebaiknya aplikasikan ¼ cangkir dalam 1 galon air, namun pastikan untuk tetap mengikuti petunjuk dalam label produk. Sebaiknya encerkan pemutih sesuai dengan kebutuhan dan pakai selama kurun waktu 1 hari atau 24 jam, jika lebih maka kekuatan disinfeksinya bisa berkurang.

  1. Bersihkan Mainan Dengan Mencelupkannya Dalam Cairan Disinfektan

Barang barang seperti mainan dari plastik yang sifatnya tidak keropos, bisa dicelupkan ke cairan pemutih dalam waktu 30 detik saja. Sementara pada permukaan peralatan rumah tangga tertentu yang tak akan rusak terkena pemutih, maka harus didiamkan dan diberikan pemutih paling tidak dalam waktu 10 menit.

Cairan pemutih biasanya bersifat keras dan mengiritasi kulit, karenanya jangan pakai pemutih sebagai pengganti hand sanitizer atau sabun pencuci tangan. Alkohol sendiri mempunyai banyak jenis, salah satunya jenis rubbing alcohol, bersifat bisa membunuh kuman.

Caranya cairkan alkohol ke dalam air namun pastikan agar konsentrasi alkohol tetap terjaga 70% untuk memenuhi persyaratan bisa membunuh virus.

  1. Diamkan Alkohol Pada Permukaan Selama 30 detik

Alkohol kadar 70% wajib didiamkan di dalam permukaan hingga 30 detik, tidak terkecuali pada permukaan ponsel untuk bisa membunuh virus. Kadar alkohol murni yang 100% biasanya akan menguap dengan sangat cepat bila didiamkan di permukaan yang terbuka.

Berbeda dengan larutan pemutih, biasanya larutan alkohol tetap manjur asalkan masih tertutup dan tersegel dengan baik. Namun larutan alkohol 70% ini jika dicampur air akan bersifat keras serta tidak boleh dipakai sebagai pengganti pembersih atau pencuci tangan.

Selain itu, bisa juga memakai formula H2O2 atau hydrogen peroksida yang biasanya dijual dengan konsentrasi 3%. Caranya cukup encerkan dengan konsentrasi 0,5% supaya lebih efektif membasmi virus. Kemudian biarkan dalam permukaan selama 1 menit sebelum dilakukan penggelapan. Tea tree oil dan cuka sebagai bahan kimia alami tidak dianjurkan memerangi virus corona.

  1. Semprotkan Disinfektan Pada Perlengkapan Kerja

Sejumlah perusahaan telah menerapkan kebijakan untuk work from home guna mengurangi penyebaran covid 19. JIka Anda bekerja dari rumah, maka tentunya akan membawa beberapa perlengkapan kantor. Seperti mouse, laptop, kabel, mouse pad,  printer maupun perlengkapan kerja lainnya yang sangat penting digunakan untuk bekerja.

Namun sebelum memakainya, pastikan jika peralatan tersebut sudah dalam kondisi bersih dengan membersihkannya memakai disinfektan.

Adapun cara membersihkan perlengkapan kerja dengan disinfektan, ialah sebagai berikut :

  • Laptop

Anda bisa membalikkan laptop untuk menghilangkan kotoran berukuran besar dan kotoran yang biasanya tersangkut pada sela-sela keyboard. Pakai lap microfiber saat membersihkan tuts-nya. Anda juga dapat memakai kapas yang telah diteteskan disinfektan, atau sanitizer untuk membersihkan keyboard-nya.

Pada bagian layar, Anda cukup membersihkannya saja memakai lap microfiber. Pastikan pula membersihkan mouse pad dan mouse sebab keduanya sering kita gunakan dan sentuh setiap kali memakai laptop/PC.

  • Ponsel

Saat work from home, tentu saja Anda harus selalu siap dihubungi rekan kerja dalam urusan pekerjaan. Maka ponsel pun harus selalu menyala dan dalam genggaman. Maka dari itu, pastikan untuk tidak mengabaikan kebersihannya.

Coba lap ponsel dengan teratur setiap hari. Anda bisa mengelapnya memakai kapas dan lap microfiber yang sudah ditetesi oleh alkohol 70%. Coba bersihkan bagian laptop yang dirasa tidak akan rusak dan aman oleh alkohol.

  • Ear phone atau headphone

Bagi yang sering melakukan video call atau conference meeting untuk keperluan kerja atau berkoordinasi, maka earphone dan headphone sering dipakai. Jangan lupa pula membersihkannya memakai lap bersih atau memakai tisu alkohol secara rutin setiap hari jika sudah selesai dipakai.  Menjaga kebersihan merupakan salah satu upaya untuk menjaga imunitas tubuh yang penting sekali dalam menangkal paparan virus corona.

Ya, itulah cara efektif bersihkan peralatan dengan disinfektan yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *