Pada dasarnya, berbagai lini produksi dan industri sangat bergantung pada kebersihan lingkungan, yang mencakup pekerja atau SDM-nya, tempat, hingga mesin dan alat. Penerapan praktik kebersihan ini juga berperan besar dalam menjamin bahwa barang yang diproduksi di pabrik memenuhi standar kualitas maupun standar keamanan yang berlaku.  

Praktik kebersihan yang diterapkan dalam lingkungan industri pabrik, termasuk manufaktur maupun agrikultur, bertujuan untuk menjaga lingkungan kerja yang bersih dan steril, serta melindungi kesehatan para pekerja. Lebih lanjut lagi, penerapan praktik kebersihan yang ideal pun akan dapat membantu menjaga kesehatan masyarakat lewat jaminan kebersihan pada produk yang diterima para konsumen nantinya. 

Solusi Mudah dan Aman untuk Jaga Kebersihan Pabrik 

Mengingat betapa signifikannya dampak dari upaya menjaga kebersihan di lingkungan pabrik, termasuk pada alat dan mesin produksi selama masa operasionalnya, tentu Anda perlu melakukan berbagai upaya agar aspek sanitasi pabrik selalu terjaga. Meski demikian, tugas tersebut nyatanya tak semudah kedengarannya. Sebab, mengingat bahwa mesin dan alat produksi di pabrik beroperasi dengan menggunakan tenaga listrik, tentu saja penggunaan cairan pembersih umum tidak dapat digunakan karena bisa mengakibatkan korsleting dan merusak komponen kelistrikan yang penting. 

Untungnya, Anda sebenarnya tak perlu bingung mencari solusi untuk menjaga kebersihan pabrik yang mudah, praktis, dan dijamin aman tanpa resiko konsleting maupun kerusakan pada komponen kelistrikan. Sebab, ada Super Electrosafe, yaitu solven siap pakai yang memiliki kandungan dielektrik. Dengan begitu, Super Electrosafe pun dapat digunakan bahkan saat mesin dan alat operasional pabrik sedang dioperasikan, lho! Jadi, Anda pun bisa melakukan proses pembersihan, bahkan ketika proses produksi atau operasional sedang live. 

Bukan hanya itu saja, Super Electrosafe pun merupakan solven siap pakai yang dapat digunakan sebagai alternatif dari solven berklorin, yang selama ini masih sering digunakan di lingkungan pabrik. Karena itu, Super Electrosafe pun lebih aman dan nyaman digunakan, terutama karena tidak menyebabkan bau menyengat yang mengganggu. Apalagi jika pabrik Anda adalah pabrik makanan, di mana aroma klorin yang tajam bisa berisiko menempel pada makanan. 

Di samping kandungan dielektrik yang membuatnya aman digunakan pada alat elektronik dan bebas klorin, Super Electrosafe juga masih memiliki beberapa kelebihan lainnya. Seperti sifat cairan solven yang tidak korosif, sehingga tidak akan merusak logam pada mesin maupun komponennya. Super Electrosafe juga mudah menguap dan tidak akan meninggalkan residu berupa cairan maupun bekas lainnya, sehingga tidak akan menempel pada barang yang diproduksi dalam bentuk apapun. 

Dengan mempertimbangkan seluruh keunggulan Super Electrosafe tersebut, bisa dikatakan bahwa cairan solven ini adalah solusi yang andal, mudah, dan aman untuk menjaga kebersihan di lingkungan pabrik Anda. Masih belum yakin? Silahkan Anda coba dulu, baru rasakan dan lihat sendiri perbedaannya!  

Kontak kami untuk pertanyaan atau pemesanan Super Electrosafe

super electrosafe

Mengapa Kebersihan di Pabrik Penting 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kebersihan di pabrik berperan penting dalam melindungi kesehatan masyarakat, serta menjamin mutu produk yang dihasilkan. Kebersihan di pabrik sendiri juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada produk, yang dapat terjadi karena adanya kontak dengan benda maupun mikroorganisme yang tak diinginkan maupun tak diduga.  

Dan dengan begitu, pabrik yang bersih pun dapat mengurangi kemungkinan terjadinya bukan hanya kontaminasi, tapi juga persebaran hingga perkembangbiakan patogen-patogen maupun organisme lainnya yang berpotensi membahayakan sepanjang aktivitas operasional masih dijalankan di pabrik. Pada akhirnya, upaya praktik kebersihan yang ideal di pabrik pun berpengaruh pada kesehatan masyarakat sebagai konsumen akhir dari barang yang diproduksi di pabrik. 

Anda barangkali sering mendengar kasus penarikan barang-barang tertentu karena diketahui mengakibatkan masalah kesehatan pada masyarakat. Contohnya penarikan jamur enoki yang diketahui mengandung bakteri Listeria Monocytogenes di atas ambang batas, sehingga berisiko lebih besar mengakibatkan infeksi listeriosis. Dampaknya, produk jamur enoki tertentu harus ditarik dari pasaran dan dimusnahkan.  

Hal tersebut tentu mengakibatkan kerugian, baik dari segi material atau finansial karena produk yang tidak terjual, hingga kerugian dari segi kesehatan masyarakat. Apalagi, produsen bisa merasakan dampak berkelanjutan karena turunnya rasa percaya konsumen terhadap produknya, yang membuat mereka jadi enggan untuk membeli produk tersebut. Tentu Anda tak ingin hal serupa terjadi pada bisnis anda, kan? 

Penerapan Praktik Kebersihan di Pabrik 

Oleh karena itu, industri apapun selalu menuntut agar pabrik selalu menerapkan praktik kebersihan dalam seluruh tahapan operasionalnya. Industri manufaktur sendiri biasanya memiliki 4 (empat) tahap dalam operasionalnya – produksi, pengemasan, penyimpanan, dan distribusi. Di samping itu, ada juga tahap pengujian kualitas untuk mengecek apakah produk akhir yang siap dikemas, disimpan, maupun didistribusikan telah memenuhi seluruh ketentuan yang berlaku dan layak diedarkan. 

Hal ini pun berarti bahwa penerapan praktik kebersihan di pabrik mencakup seluruh aktivitas yang terdapat pada keempat tahap operasional tersebut. Jadi, kebersihan dijaga bukan hanya untuk lantai atau ruangannya saja, kebersihan pekerja saja, atau kebersihan mesin produksinya saja. 

Bukan hanya itu saja, masing-masing tahapan pun memiliki ketentuan praktik kebersihan yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, cairan pembersih atau solven yang digunakan untuk membersihkan ruang penyimpanan tentu tidak bisa sembarangan dipakai di area produksi, apalagi pada mesin dan alat yang dioperasikan dengan listrik. Sebab, cairan tersebut akan dapat memicu bahaya keamanan dengan memicu korsleting, dan akhirnya bisa mengakibatkan kebakaran. Oleh karena itu, Anda perlu inspeksi dengan cermat seluruh tahapan operasional yang dijalankan di pabrik Anda untuk membantu Anda dalam merancang desain praktik kebersihan yang tepat dan aman.  

Untuk menjalankan semua ini, Super Electrosafe bisa menjadi solusi yang benar-benar memudahkan Anda.

Kontak kami untuk pertanyaan atau pemesanan Super Electrosafe

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *