Sudah kurang lebih 2 bulan ini, masyarakat Indonesia dihantui dengan adanya keberadaan virus covid-19. Maka dari itu, untuk bisa tetap sehat dan terhindar dari penularan virus covid-19 ini, masyarakat hendaknya patuh terhadap ketentuan yang dianjurkan oleh pemerintah. Selain itu, masyarakat juga perlu melakukan beberapa hal yang menunjang pencegahan virus ini menyebar lebih luas lagi. Kira – kira apa saja ya hal – hal yang dapat dilakukan? Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Mencuci Tangan dengan Sabun

Hal pertama yang dapat Anda lakukan guna mencegah penyebaran virus covid-19 ini adalah dengan mencuci tangan Anda dengan menggunakan sabun. Memang, sebelum adanya virus covid-19 ini, sebenarnya mencuci tangan dengan sabun merupakan sebuah hal yang wajar untuk dilakukan dan memang semestinya untuk dilakukan. Namun, dalam rangka pencegahan penyebaran virus ini, proses mencuci tangan yang diharapkan adanya lebih intens dan juga dilengkapi dengan sabun yang dapat membunuh kuman, bakteri, serta virus yang menempel pada tangan Anda. gunakan sabun yang baik dan cuci tangan Anda sesuai ketentuan. Gerakan tangan Anda seperti ketentuan pencucian tangan dan jangan tergesa – gesa. Pastikan tangan Anda sudah benar – benar bersih, barulah Anda bisa membilas tangan Anda tersebut.

Pencucian tangan ada baiknya dilakukan sesering mungkin saat Anda sedang menyentuh barang – barang asing. Misalnya seperti gagang pintu rumah orang lain atau tempat umum, memegang pegangan tangga, ke tempat – tempat umum, dan lain sebagainya. jangan lupa untuk melakukan pencucian tangan saat Anda hendak masuk ke dalam rumah. Agar Anda tidak membawa kotoran dari luar ke dalam rumah.

Jika Anda berada di luar rumah dan kesulitan untuk menemui wastafel atau tempat mencuci tangan, Anda bisa melakukan pencucian tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer dapat digunakan untuk mencuci tangan dengan lebih praktis sehingga Anda tidak perlu membilas tangan Anda kembali. Namun, dalam prakteknya, ada baiknya Anda untuk tidak terlalu sering menggunakan hand sanitizer ini karena malah akan merusak lapisan kulit tangan Anda Jika terlalu sering.

Tidak Menyentuh Wajah

Hal kedua yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ini adalah dengan menghindari tangan Anda untuk menyentuh wajah Anda, khususnya saat Anda berada di luar rumah, atau di tempat – tempat khalayak ramai. Sebab, dengan menyentuh wajah, maka penyebaran akan lebih rentan terjadi mengingat di bagian wajah, akan lebih mudah terhirup oleh kita serta pori – pori lebih besar sehingga memudahkan virus covid-19 yang ukurannya sangat kecil untuk masuk ke dalam tubuh kita. Maka dari itu, jika Anda terpaksa menyentuh wajah Anda, cucilah tangan Anda dahulu hingga bersih dengan menggunakan sabun, baru kemudian Anda bisa menyentuh wajah Anda.

Menggunakan Masker

Selanjutnya, Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan masker. Memang, saat awal penyebaran covid-19 ini, diberitahukan bahwa penggunaan masker ada baiknya untuk digunakan oleh para penderitanya saja. Karena yang menentukan virus tersebut menyebar kemana – mana adalah penderitanya sendiri. Namun, semakin seringnya kasus yang muncul akibat virus ini membuat pemerintah menganjurkan untuk setiap orang agar mengenakan masker saat bepergian keluar rumah.

Masker sekali pakai memang saat ini semakin sulit ditemukan dan dijual dengan harga yang mahal, maka dari itu, pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker kain yang dapat digunakan hingga beberapa kali pakai dan bisa dicuci. Namun, jangan biarkan Anda menggunakan masker kain yang sama lebih dari 4 jam berturut – turut. Sebab kabarnya, masker kain yang demikian tidak efektif untuk menjaga Anda dari virus – virus yang ada di luar sana. Penggunaan masker ditujukan agar ada yang menahan kotoran – kotoran asing dari luar untuk masuk ke saluran pernafasan Anda. sehingga potensi tertular virus dapat dikurangi.

Menghindari Keramaian

Selanjutnya, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari keramaian. Memang, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial dimana manusia perlu untuk berinteraksi antar sesama. Meskipun begitu, ada baiknya di masa pandemic ini, Anda menghindari keramaian – keramaian di luar sana. Hal ini dikarenakan keramaian akan sangat rentan menjadi media penularan covid-19 ini. dengan jarak yang tidak berjauhan dapat membuat virus dari satu orang menyebar ke banyak orang yang berada di kawasan yang sama.

Apalagi, tanda – tanda covid-19 tidak bisa langsung diketahui gejalanya meskipun seseorang sudah terinfeksi virus tersebut. Sehingga ada baiknya untuk tetap waspada, dan menjaga jarak dengan orang lain. hindari juga duduk bersebelahan dengan orang lain di tempat umum. Terapkan social distancing sejauh 1,5 meter antara 1 orang dengan orang lainnya untuk memperkecil potensi seseorang tertular covid-19 ini.

Menyediakan Desinfektan

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk menyediakan desinfektan di rumah Anda. semprotkan disinfektan ke perabot – perabot rumah Anda dan ke bagian – bagian rumah yang seringkali disentuh anggota keluarga Anda. Anda juga bisa menyemprotkan cairan desinfektan ini ke pagar rumah Anda dan bagian depan rumah Anda yang notabenenya dilalui banyak orang.

Kemudian juga, apabila Anda menggunakan jasa pengiriman barang dalam membeli sesuatu, ada baiknya paket yang sampai dan Anda terima Anda semprotkan terlebih dahulu dengan menggunakan desinfektan untuk memastikan bahwa paket yang Anda terima terbebas dari virus yang berbahaya.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai cara untuk mencegah penyebaran covid-19. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *