kebersihan rumah sakit

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Tidak bisa dipungkiri bahwa di mana pun, kebersihan harus selalu diprioritaskan, tidak terkecuali di rumah sakit yang merupakan tempat yang seharusnya diperhatikan dengan baik akan kebersihannya.

Rumah sakit menjadi tempat di mana banyak orang menderita berbagai penyakit. Jika tidak dijaga kebersihannya, maka hal ini akan sangat membahayakan bagi seluruh pasiennya, tenaga medis, dan para pengunjung.

Lingkungan rumah sakit yang bersih akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan kesehatan bagi para pasiennya. Karena rumah sakit menjadi tujuan bagi para pasien untuk mendapatkan kesembuhannya dan bisa hidup dengan sehat kembali. Bahkan dengan menjaga kebersihan secara baik, hal ini akan menjadi penentu dari mutu rumah sakit itu sendiri.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah Sakit

Lingkungan rumah sakit yang tidak diperhatikan kebersihannya, maka tempat tersebut berpotensi untuk menjadi sarangnya penyakit dan sumber infeksi.

Bakteri yang ada mampu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya maupun dari satu pasien ke pasien lainnya. Oleh karena itu penting sekali agar seluruh fasilitas rumah sakit dijaga selalu kebersihannya.

Hal ini akan membantu di dalam mencegah penyakit maupun infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Semakin sedikit jumlah bakteri yang ada, maka semakin sedikit juga adanya risiko terinfeksi. Oleh karena itu, jika berada di lingkungan rumah sakit, baik pasien, tenaga medis, maupun pengunjung agar selalu menjaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun.

Lalu agar bakteri tidak menular dari benda, maka sterilisasi pun harus rutin dilakukan. Ini menjadi langkah yang efektif untuk tetap menjaga rumah sakit selalu dalam kondisi yang bersih.

Mengutamakan Kenyamanan Pasien

Ada banyak pasien dengan berbagai penyakit yang menginap di rumah sakit. Untuk mendukung kenyamanan mereka selama berhari-hari menjalani perawatan di rumah sakit, maka kebersihan haruslah selalu diperhatikan dengan baik. Terutama pada kamar pasien, di mana pasien banyak menghabiskan waktu di ruangan tersebut.

Perhatikan selalu ventilasi udaranya agar sirkulasi udara bisa berlangsung dengan baik dan pasien tetap bisa menghirup udara yang segar. Selain itu dengan adanya ventilasi yang baik, hal ini juga akan membantu agar udara di dalam kamar tidak pengap. Lalu, kamar mandi di dalam ruang rawat juga harus selalu rutin dibersihkan dan jangan sampai menimbulkan aroma yang tidak sedap di dalam ruang rawat tersebut.

Kemudian dari tempat tidur pasien haruslah rutin untuk selalu mengganti seprai kasur dan sarung bantal dengan yang bersih. Begitu pun dengan perabotan yang ada di dalamnya, baik berupa meja, kursi, kulkas, lemari, dan sebagainya. Dengan selalu menjaga kebersihan ruang rawat pasien, hal ini akan membuat pasien nyaman berada di dalamnya dan mampu mendukung kesembuhannya.

Cara Menjaga Kebersihan Di Rumah Sakit

Siapa pun yang berada di rumah sakit tentu ingin segera keluar dari rumah sakit dalam kondisi yang sehat. Oleh karena itu, penting sekali untuk menerapkan cara menjaga kebersihan rumah sakit berikut ini.

1.    Jaga Tangan Agar Selalu Bersih

Tangan merupakan salah satu organ yang sering menyentuh berbagai benda. Dan tanpa Anda ketahui, benda yang Anda sentuh mengandung banyak bakteri yang sangat berbahaya jika sampai tangan Anda menyentuh wajah maupun orang lain.

Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kehigienisan tangan dengan rutin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan antiseptik. Karena saat Anda berada di rumah sakit mudah sekali untuk menjumpai antiseptik yang disediakan di setiap sudut untuk bisa digunakan oleh siapa saja agar terhindar dari bakteri.

2.    Buanglah Sampah Pada Tempatnya

Kebersihan di lingkungan rumah sakit adalah tanggung jawab semua orang yang berada di lingkungan tersebut. Baik tenaga medis, pasien, maupun pengunjung. Jadi, pastikan Anda membuang sampah di tempat yang sudah disediakan. Karena pihak rumah sakit pastinya menyediakan tempat sampah di beberapa titik, bahkan memisahkannya menjadi beberapa jenis sampah.

Kesadaran membuang sampah pada tempatnya menjadi wujud kepedulian Anda pada lingkungan khususnya para pasien yang sedang menjalani proses penyembuhannya.

3.    Tidak Menggunakan Peralatan Milik Pasien

Pastikan Anda menghindari untuk menggunakan peralatan yang digunakan oleh pasien. Jika pasien menderita penyakit tertentu yang menular, maka hal ini akan sangat berbahaya. Pisahkan antara peralatan pasien, baik berupa piring, sendok, gelas, baju, dan sebagainya dengan peralatan untuk orang yang sehat. Hal ini dalam upaya agar Anda terhindar dari penyakit dan juga menghindarkan pasien dari bakteri dari Anda sendiri setelah berada di luar ruangan.

4.    Melepas Alas Kaki

Alas kaki tentunya sudah Anda gunakan dari rumah sampai ke rumah sakit. Dan sebelumnya alas kaki tersebut juga digunakan untuk bepergian ke berbagai tempat yang tanpa Anda sadari banyak bakteri yang menempel. Oleh karena itu, untuk menjaga agar ruang rawat pasien tetap bersih, maka saat Anda menjenguk, lepaslah alas kaki tersebut di luar ruangan.

Meski hal ini sering kali diabaikan, namun Anda bisa memberikan contoh yang baik dan sadar diri bahwa kesehatan pasien di dalam adalah hal yang utama. Sehingga kedatangan Anda dengan niat baik untuk menjenguk tersebut tidak menghadirkan penyakit lainnya untuk pasien.

Dengan begitu, untuk menjaga kesehatan bersama di lingkungan rumah sakit, maka kesadaran bersama untuk menjaga kebersihannya sangatlah penting. Hal ini tidak hanya akan mendukung kesembuhan bagi para pasien saja, tetapi juga memberikan suasana yang nyaman bagi siapa saja yang berada di lingkungan rumah sakit, baik tenaga medis maupun pengunjung. Bahkan dengan menjaga kebersihannya akan bisa membangun citra yang baik bagi rumah sakit itu sendiri.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *