Menjaga kebersihan pesawat adalah salah satu cara menjaga kepuasan pelanggan dalam dunia aviasi. Membersihkan pesawat sama sekali berbeda, tidak seperti membersihkan truk atau mobil yang tinggal semprot dan sikat. Pembersihan pesawat tidak lah mudah dilakukan banyak tantangan pembersihan pesawat dalam dunia aviasi. Padahal banyak sekali manfaat yang didapatkan maskapai dari kegiatan membersihkan pesawat.

Manfaat Membersihkan Pesawat Bagi Maskapai

Bukan tanpa alasan pesawat harus dibersihkan karena sesungguhnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Dalam kegiatan pembersihan pesawat banyak hal yang akan didapatkan oleh pesawat atau maskapai pemiliknya. Berikut ini adalah manfaat membersihkan pesawat bagi sebuah maskapai:

  • Penampilan luar lebih bagus. Dengan melakukan prosedur pembersihan pesawat secara rutin maka penampilan eksterior sebuah pesawat akan semakin bagus. Cat eksterior atau body pesawat akan terlihat berkilau dan tampil lebih menawan. Ini akan menarik perhatian bagi konsumen pengguna jasa penerbangan di seluruh dunia. Perhatian konsumen akan lebih besar terhadap maskapai yang memiliki unit pesawat dengan penampilan luar yang menawan.
  • Aerodinamis terjaga. Dengan permukaan pesawat yang bersih maka tidak ada kotoran atau debu yang menempel, sehingga hambatan gaya aerodinamis akan menurun. Maka dari itu pesawat yang bersih aerodinamisnya akan lebih terjaga dengan baik.
  • Hemat bahan bakar. Pesawat yang rutin dibersihkan akan menyebabkan seluruh komponennya terjaga dengan baik. Kinerja mesin pesawat akan lebih baik sehingga akan irit penggunaan bahan bakar dibandingkan dengan pesawat yang tidak dibersihkan.
  • Penghematan biaya. Mungkin prosedur pembersihan pesawat membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi tujuan akhirnya adalah penghematan. Dengan melakukan prosedur pembersihan secara rutin pada pesawat maka aerodinamis terjaga, bahan bakar irit dan hemat biaya.

Itulah manfaat dari membersihkan sebuah unit pesawat bagi maskapai yang memilikinya. Oleh sebab itu sangat penting melakukan kegiatan pembersihan pesawat secara rutin baik eksterior atau pun interior. Namun banyak kendala atau tantangan pembersihan pesawat dalam dunia aviasi saat ini.

Kendala Saat Pembersihan Pesawat Dalam Dunia Aviasi

Upaya peningkatan mutu pelayanan maskapai salah satunya adalah dengan cara melakukan pembersihan pesawat, menurut Kusuma. Namun banyak kendala atau tantangan pembersihan pesawat dalam dunia aviasi yang harus dihadapi. Berikut ini kendala-kendala yang harus dihadapi sebuah maskapai dalam hal pembersihan pesawat:

  1. Banyak Area Yang Harus Dibersihkan

Membersihkan pesawat memang tidak semudah membersihkan alat transportasi kecil seperti mobil, bus atau truk. Pesawat memiliki banyak sekali bagian yang harus dibersihkan baik eksterior maupun interior. Bagian dalam pesawat mulai dari kokpit, kursi penumpang, pantry, toilet, cargo, area cabin, lantai karpet, pintu pesawat dan lavatory.

Tantangannya saat membersihkannya adalah setiap bagian tersebut membutuhkan perlakuan pembersihan yang berbeda. Tidak semua pembersihan bisa dilakukan kru pesawat atau maskapai, seringkali prosedur pembersihan rutin diserahkan kepada pihak lain yang lebih ahli.

  1. Banyak Metode Berbeda Yang Harus Diterapkan

Membersihkan pesawat baik eksterior atau pun interior memang membutuhkan banyak sekali metode yang harus dilakukan. Contoh metode yang sering digunakan untuk membersihkan interior pesawat adalah, metode dusting, interior cleaning, metode spot removing, vacuuming dan banyak lagi.

Setiap bagian dari pesawat memang membutuhkan metode berbeda-beda untuk dapat membersihkan secara maksimal. Dengan banyaknya metode yang harus dilakukan ini menjadi tantangan pembersihan pesawat dalam dunia aviasi. Sering kali maskapai tidak melakukan prosedur yang benar untuk pembersihan.

  1. Membutuhkan Air Yang Sangat Banyak

Selain pembersihan interior, eksterior pesawat juga harus dibersihkan demi penampilan luar dan menjaganya dari korosi. Untuk melakukan pembersihan bagian luar pesawat dibutuhkan jumlah air bersih yang sangat banyak. Menurut Isaac Low, karena pesawat sangat besar, ribuan liter air diperlukan untuk membersihkan kotoran yang sudah tertanam di permukaan pesawat.

Itulah kekurangan pembersihan pesawat secara konvensional, sehingga saat ini mulai dikembangkan drywash. Senada dengan Isaac Low, dirut Garuda juga menyatakan pembersihan pesawat bisa menghabiskan air hingga 2000 meter kubik.

  1. Dibutuhkan Ketrampilan Khusus

Tantangan pembersihan pesawat dalam dunia aviasi selanjutnya adalah butuh ketrampilan khusus untuk melakukannya. Membersihkan pesawat tidak semudah kelihatannya, penyemprotan airnya pun harus benar agar tidak merusak bagian pesawat.

Sebagai contoh dalam penyemprotan air tidak boleh langsung disemprotkan ke jendela. Untuk itu sebuah maskapai akan menyerahkan kepada perusahaan lain sebagai rekanan dalam hal pembersihan pesawat.

  1. Waktu Terbatas

Keterbatasan waktu juga menjadi tantangan pembersihan pesawat dalam dunia aviasi, terutama pembersihan bagian kabin. Sering kali pesawat harus segera terbang kembali sebelum kru maskapai selesai membersihkan. Padahal kebersihan pesawat adalah kebutuhan bagi setiap penumpang yang menggunakan jasa maskapai tersebut. Jika pun sebuah maskapai melakukan prosedur pembersihan dengan benar maka efeknya pada terjadinya delayed penerbangan.

  1. Membutuhkan Chemical Khusus

Seperti membersihkan alat transportasi lainnya, pembersihan pesawat juga membutuhkan chemical khusus. Hal ini karena kotoran yang menempel dan tertanam pada permukaan pesawat atau bagian pesawat yang tersembunyi butuh dibersihkan. Terkadang pembersihan menggunakan air saja tidak akan maksimal sehingga dibutuhkan chemical untuk meluruhkan kotorannya.

  1. Biaya Terbatas

Tantangan atau kendala klasik yang sering dialami maskapai dalam pembersihan pesawat adalah keterbatasan biaya. Banyaknya maskapai dengan biaya murah sering menjadi kendala sebuah maskapai dalam menyediakan budget khusus prosedur pembersihan.

Akhirnya karena keterbatasan dana pembersihan dilakukan sekedarnya tidak sesuai prosedur. Padahal ini akan sangat merugikan maskapai di masa yang akan datang karena kerusakan pesawat akan segera terjadi.

Demikianlah kendala yang seringkali dialami saat harus melakukan pembersihan pesawat. Ini tantangan pembersihan pembersihan pesawat dalam dunia aviasi yang harus segera diatasi agar maskapai dapat memperoleh manfaat dari pembersihan pesawat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *