Coronavirus atau sekarang dikenal dengan Covid-19 merupakan penyakit yang saat ini sudah menyebar di 60 negara di dunia. Penyakit yang dapat menyebabkan kematian ini menimbulkan banyak kekhawatiran pada masyarakat. Hal ini juga dikarenakan belum ditemukannya vaksin untuk Covid-19 ini sehingga semakin menimbulkan kekhawatiran publik. 

Covid-19 ini ditularkan oleh pengidap melalui cairan tubuh yang keluar seperti saat batuk dan bersin yang kemudian cairan akan menempel pada benda-benda sekitar seperti meja, lantai gagang pintu dan lain sebagainya. Untuk itu bagi anda terutama yang bekerja di kantor, penting untuk tetap menjaga kesehatan anda dan menerapkan pola hidup bersih. Apakah tempat kerja anda bebas corona? Pertanyaan ini mungkin akan muncul dipikiran anda saat bekerja. Untuk dapat menghindari penyakit ini, ada tips penting yang bisa anda terapkan selama bekerja.

1. Menjaga tangan agar tetap bersih

Menjaga tangan untuk tetap bersih dapat dilakukan dengan rutin untuk mencuci tangan dengan teratur. Mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik dapat membunuh kuman dan bakteri dengan lebih optimal. Tangan harus senantiasa dijaga kebersihannya untuk menjaga agar tidak membawa bakteri dan virus yang berbahaya. Hal ini dikarenakan tangan biasanya lebih banyak menyentuh benda-benda yang ada disekitar tempat kerja seperti gagang pintu, gagang telepon dan fasilitas lainnya. Oleh karena itu, mencuci tangan merupakan hal wajib yang harus diterapkan dengan lebih sering saat ini.

Anda bisa menjaga kebersihan tangan anda dengan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya alkohol 70-80% sehingga dapat membunuh kuman dengan lebih efektif. Hindari untuk tidak menyentuh area hidung, mulut dan mata sebelum mencuci tangan.

2, Menggunakan masker

Menggunakan masker saat ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga anda dari resiko tertularnya Covid-19. Masker medis merupakan salah satu masker yang dapat lebih efektif untuk melindungi dari kuman yang berbahaya. Pakai masker dengan benar dan lepaskan dengan perlahan untuk menghindari tangan menyentuh area luar dari masker. Lalu buang masker ke tempat sampah. Ingat untuk selalu menggunakan masker sekali pakai untuk menghindari terkena penyakit.

Jika tidak ada masker, gunakan tisu saat batuk atau bersih untuk mencegah penyebaran penyakit atau gunakan siku untuk menutup mulut dan hidung saat bersin dari pada menggunakan tangan yang memiliki resiko untuk dapat menyebarkan penyakit. 

3. Menjaga peralatan kantor tetap bersih

Pada dasarnya kita tidak pernah tahu apakah tempat kerja kita telah tertular penyakit oleh kuman atau tidak. Namun kita dapat mencegah penyakit untuk datang ke tubuh kita. Hal penting yang perlu anda lakukan adalah menjaga tempat kerja anda untuk selalu bersih. Sebelum menggunakan peralatan kantor, penting bagi anda untuk membersihkan peralatan kantor dengan baik. Gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan peralatan kantor mulai dari gagang telepon, keyboard, mouse, pegangan kursi dan bahkan handphone kita agar tetap steril.

Seperti yang diketahui bahwa virus corona (Covid 19) dapat menempel pada benda mati hingga berjam-jam lamanya. Oleh karena itu penting untuk memastikan peralatan kantor kita tetap dalam keadaan yang bersih dan terawat. 

4. Jangan menyentuh berbagai fasilitas umum di kantor dengan tangan

Mulai saat ini hindari untuk menggunakan tangan untuk menggunakan fasilitas umum seperti gagang pintu dan tombol lift dengan tangan. Anda bisa menggunakan siku untuk menekan tombol yang ada pada nomor lantai. Untuk membuka pintu, anda bisa mendorong pintu menggunakan punggung anda. Hal ini akan membantu anda untuk mencegah penyebaran virus dari berbagai fasilitas umum di kantor yang anda pegang. 

Saat ini, memang anda diperlukan untuk selalu menjaga kebersihan diri anda dengan rutin mencuci tangan dan tidak sembarangan dalam memegang fasilitas umum yang ada di tempat anda. Lap meja anda menggunakan desinfektan dan lap gagang telepon sebelum anda menggunakan apabila menggunakan gagang telepon, terutama gagang telepon yang digunakan secara umum.

5. Menghindari kerumunan

Jika tidak dalam keadaan mendesak, anda sebaiknya menghindari kerumunan yang ada di tempat kerja anda. Untuk melakukan rapat ataupun pertemuan yang sifatnya berkelompok, anda bisa mencoba untuk melakukannya lewat fasilitas online. Anda bisa memulai untuk melakukan video call bersama rekan kerja anda untuk mencegah penularan penyakit yang lebih besar. Hal ini didasarkan pada pernyataan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa orang yang berjarak 1- 2  meter dari pengidap Covid-19 memiliki kemungkinan untuk tertular penyakit ini lebih besar. Anda bisa melakukan tindakan pencegahan penularan melalui social distancing yang saat sudah digerakkan oleh pemerintah.

Bila diizinkan, anda bisa mengambil kerja dari rumah untuk menghindari kerumunan. Mencoba bekerja dari rumah dapat menjadi solusi yang tepat untuk anda agar terhindar dari penyakit.

6. Mengikuti perkembangan berita

Terus mengikuti perkembangan berita dapat memberikan anda informasi penting terkait dengan Covid-19 ini. Hal ini untuk dapat memastikan anda untuk mengetahui langkah-langkah penting yang harus dilakukan seperti bila dilakukan lockdown, maka anda dapat mengetahui caranya dengan benar.

7. Menjaga kesehatan tubuh

Untuk mencegah penyebaran penyakit hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima. Tubuh yang sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan untuk menunjang kesehatan tubuh anda dengan lebih baik. Selain itu, hal yang penting adalah menjaga pola makan anda. Pastikan untuk makan-makanan yang bergizi untuk dapat terhindar dari Covid-19.

RMC memproduksi F-29, sangat berguna mencegah Corona. Simak keterangannya disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *