steam cleaning

Anda tentu pernah mendengar tentang proses steam cleaning. Proses pembersihan yang menggunakan uap air panas ini bisa diaplikasikan pada banyak hal. Mulai dari kebutuhan rumah untuk membersihkan perabotan, untuk kebutuhan kantor untuk membersihkan karpet kantor ataupun di industri untuk membersihkan parts mesin di pabrik.

Penggunaan yang masih sering membuat banyak orang penasaran adalah aplikasi steam cleaning untuk kebutuhan industri. Tentu aplikasinya di industri ini ada macam – macam. Mulai dari otomotif, makanan, mesin dan bahkan industri berat lainnya bisa menggunakan teknik ini. Jika ingin tahu lebih soal aplikasinya dan informasi lain seputar steam cleaning, mari bahas bersama di sini.

Apa Sebenarnya Steam Cleaning Itu?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, steam cleaning menggunakan uap panas untuk membersihkan sesuatu. Suhu yang tinggi dan juga air yang dihasilkan bisa mengangkat noda dengan lebih cepat. Penggunaan uap ini tentu bervariasi. Jika untuk di rumah, uap bisa dihasilkan dari alat seperti vacuum cleaner, tapi untuk pembersihan mesin pada mobil, mesin uap biasanya dilengkapi kompresor dengan daya tekan tinggi. Karena banyak variasinya, Anda tentu bisa melihat betapa fleksibel penggunaan cara bersih – bersih dengan uap ini.

Jika melihat sejarahnya, pembersihan uap pertama kali diangkat oleh Frank W Ofeldt pada tahun 1927. Pembersihan alat – alat industri waktu itu tentu cukup sulit mengingat bahan bakar batu bara masih umum digunakan. Jadi arang dan karbon pasti mudah terbentuk pada mesin dan bisa membuat masalah pada mesin. Untuk memudahkan pembersihan ini, uap-pun digunakan.

Sampai saat ini, uap masih digunakan dan bahkan dibuat lebih compact agar siapa saja bisa menggunakannya. Tapi untuk industri, penggunaan steam cleaning makin condong ke power. Uap yang lebih panas dan juga daya sembur yang lebih kuat adalah hal yang diutamakan pada dunia industri.

Aplikasi Steam Cleaing Dalam Industri

Nah, Anda tentu sudah tahu bahwa aplikasi uap untuk industri tentu ada banyak tergantung dari industri apa yang menggunakannya. Untuk mengetahui lebih detail, mari angkat beberapa contoh aplikasi dari beberapa industri berikut ini:

Industri Alat Berat

Pada industri alat berat, steam cleaing lebih digunakan sebagai bagian dari proses maintenance. Mesin – mesin yang besar dan complex tentu harus bisa dijaga kondisinya agar produksi di pabrik tetap berjalan lancar. Tapi mesin – mesin ini tentu akan sulit jika harus dibongkar untuk dibersihkan. Jadi untuk membersihkannya, steam cleaning digunakan untuk membersihkan celah – celah mesin.

Kotoran yang menumpuk, debu, oli dan juga hal lain bisa lepas dari mesin karena suhu tinggi dan juga tekanan uap. Tanpa harus membongkar mesin, tekanan dari mesin dan suhunya yang tinggi pasti akan menyebar dan mendorong kotoran keluar dari mesin.

Industri Kimia

Di industri kimia, steam cleaning digunakan untuk mensterilkan peralatan. Jika ada masalah kontaminasi pada peralatan, tentu reaksi kimia yang tidak diinginkan bisa terjadi. Beberapa bakteri dan material yang tidak diinginkan tentu bisa mudah dibersihkan dengan uap suhu tinggi. Karena hal ini, pada industri kimia, steam cleaning lebih mementingkan suhu yang tinggi.

Industri Makanan

Hampir sama dengan industry kimia, industri makanan juga menggunakan steam cleaning untuk memastikan peralatan yang digunakan bersih dan bebas dari bakteri. Orang – orang tentu ingin membeli produk makanan yang bersih dari kontaminasi. Jadi dalam menjaga kebersihan peralatan, alat uap pembersih-pun digunakan. Biasanya uap yang digunakan di sini tidak hanya memiliki suhu tinggi tapi juga dicampur dengan bahan khusus untuk menetralkan bakteri berbahaya juga.

Industri Tekstil

Dalam industri ini, pembersihan dengan uap panas lebih digunakan pada pabrik karpet, bulu hewan, kulit serta sejenisnya. Pembersihan dengan cara ini bisa memastikan debu dan kotoran yang menempel pada material. Dalam industri ini, pembersihan dilakukan di gundang. Anda bisa bayangkan saat produk lama disimpan dan belum dikirim, kotoran pasti akan menumpuk pada produk karpet ataupun bahan kulit tebal lainnya. Tapi saat akan dikirim, pembersihan tentu diperlukan untuk mengangkat kotoran, membunuh bakteri dan juga menghilangkan bau.

Industri Otomotif

Jika urusan mengurusi mesin, tidak ada yang lebih sibuk soal ini selain industri otomotif. Untuk bagian – bagian mesin mobil yang perlu dibersihkan karena masalah oli ataupun penumpukan karbon karena pembakaran, penggunaan steam clening sangat efektif. Noda membandel ini biasanya dibersihkan dengan uap air yang dikompres dengan tekanan tinggi dan juga suhu yang tinggi.

Pembersihan ini juga penting digunakan saat mobil ataupun motor perlu dicat. Permukaan body kendaraan sebelum di cat harus bersih dari segala kotoran. Jika dibersihkan dengan teknik ini, kotoran past lepas dan meninggalkan permukaan yang mulus dan bersih. Dalam kondisi ini, hasil pengecatan tentu akan mulus dan sempurna.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Steam Cleaing

Dalam industri, penggunaan uap untuk pembersihan bisa dibilang lebih berbahaya daripada penggunaan untuk pembersihan biasa. Jika di rumah ataupun kantor, vacuum uap mungkin tidak terlalu letal walaupun tetap berbahaya. Tapi saat di industri, berurusan dengan uap panas dengan tekanan tinggi tentu perlu peraturan tertentu. Jadi karena hal ini, proses steam cleaning dalam industri memiliki tim dan peralatan khusus yang menjamin keamanan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *