cara membuat disinfektan

Bagaimana cara membuat disinfektan alami di rumah? Ya, sampai saat ini para peneliti masih melakukan studi tentang virus Corona. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena tetap bisa mencegahnya dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, tidak terkecuali lewat praktek kebersihan dalam lingkungan masyarakat dan rumah tangga. Salah satu cara menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan rumah ialah dengan memakai disinfektan sebagai pembunuh virus. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu tentang disinfektan dan bagaimana cara membuatnya di rumah.

Kenali Apa Itu Disinfektan?

Disinfektan merupakan produk cairan pembersih, biasanya terbuat dari perpaduan alkohol, hydrogen peroksida atau creosote yang digunakan untuk membunuh virus, bakteri, protozoa, maupun mikroorganisme lainnya yang berbahaya dan seringkali hinggap di permukaan ruangan atau benda mati.

Umumnya disinfektan dipakai untuk membersihkan benda-benda bersifat high touch surface, yaitu yang sering disentuh oleh banyak orang, misalnya meja, kamar mandi, gagang pintu, dan tempat tidur.

Selain itu, disinfektan juga memiliki kandungan konsentrasi biosida yang tinggi supaya dapat mencegah timbulnya mikroorganisme dan bakteri dalam benda mati yang menjadi tempat paparan infeksi virus berbahaya jika dihirup atau disentuh oleh manusia.

Cara Membuat Disinfektan Alami di Rumah

Anda bisa membeli disinfektan sebagai produk kebersihan rumah tangga berlisensi EPA (Environmental Protection Agency). Dimana disinfektan yang paling direkomendasikan ialah cairan pembersih dari alkohol 70%.

Selain itu, Anda juga bisa membuat disinfektan alami sendiri menggunakan cara dan bahan sesuai rekomendasi CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menggunakan bahan-bahan diantaranya seperti 4 sdt pemutih dalam 1 liter air atau 5 sdm pemutih ke dalam 3,7 liter air.

Selanjutnya tuangkan disinfektan ke dalam botol semprot, bisa juga dipakai untuk membersihkan tiap sudut ruangan di dalam rumah atau bagian di dalam rumah yang sering sekali disentuh, baik itu meja, gagang pintu, kamar mandi, maupun ruangan yang lainnya. Larutan disinfektan ini bisa membantu membunuh virus di dalam rumah.

Adapun, alternatif cara pembuatan disinfektan alami lainnya, ialah :

  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu botol semprot dengan volume 0,5 liter.
  2. Siapkan Isopropil alkohol berkadar 70%.
  3. Kemudian tambahkan dengan ½ sdt hydrogen peroksida.
  4. Lalu tambahkan dengan minyak esensial, diantaranya seperti minyak esensial lemon 15 tetes, minyak esensial tree tea oil 30 tetes, minyak esensial eucalyptus 15 tetes, dan minyak esensial lavender 15 tetes.
  5. Kemudian campurkan bahan-bahan di atas, dan masukkan ke botol semprot, lalu beri label larutan disinfektan.
  6. Selanjutnya larutan disinfektan yang Anda buat sudah bisa digunakan.

Itulah langkah-langkah cara membuat disinfektan alami di rumah sendiri. Anda bisa memakai larutan disinfektan yang sudah dibuat di atas untuk membersihkan keran air, permukaan meja, sakelar lampu, remot, gagang pintu, dan lain sebagainya.

Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa produk kebersihan berlabel antivirus yang sudah disetujui oleh EPA. Selanjutnya ikuti petunjuk untuk seluruh produk pembersih serta disinfektan, berikut cara pemakaian, waktu kontak dan konsentrasi.

Pembersihan Rutin dan Disinfeksi

Menurut rekomendasi CDC (Centers for Disease Control and Prevention), dimana setiap orang harus memperhatikan kebersihan dan melakukan metode pembersihan secara rutin memakai disinfektan khususnya pada benda-benda tertentu yang sering dipegang atau disentuh, baik itu lantai, meja, sakelar, gagang pintu, meja toilet, pegangan, karpet, bak cuci, kamar mandi, dapur, keran, dan peralatan lainnya.

Aktivitas pembersihan memakai disinfektan ini juga direkomendasikan untuk melakukan sterilisasi di area-area yang diduga sering dikunjungi pasien yang telah dikonfirmasi terinfeksi Covid 19 dan beberapa fasilitas umum, seperti mall, kantor, transportasi public, stasiun, bandara, kamar mandi umum, dan beberapa fasilitas umum yang lainnya.

Cara Memakai Disinfektan Untuk Membersihkan Rumah

Disinfektan memang sudah dipercaya ampuh membasmi bakteri dan kuman. Bahan larutan disinfektan tersebut juga telah terbukti bisa mematikan jamur, virus, dan mikroorganisme yang lainnya dengan efektif. Seluruh mikroorganisme yang langsung terkena oleh larutan disinfektan pasti langsung mati. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan larutan ini sebagai solusi efektif mencegah serangan virus corona supaya tidak menjangkiti rumah. Lalu, bagaimana cara menggunakan disinfektan untuk membersihkan rumah? Ini dia ulasannya :

  1. Bersihkan Rumah Lebih Dahulu

Sebelum menggunakan disinfektan, maka Anda harus membersihkan rumah lebih dahulu. Lakukan pembersihan rumah secara total, di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Anda bisa memulainya dari ruangan kamar tidur, lalu dilanjutkan ke dapur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu, dinding eksterior, teras, hingga pagar.

  1. Siapkan Larutan Disinfektan

Jika Anda sudah membuat disinfektan alami mengikuti tutorial di atas bisa langsung menyemprotkannya saja. Akan tetapi, jika membeli produk disinfektan di supermarket biasanya harus diencerkan dengan air terlebih dahulu. Lalu tuangkan larutan disinfektan ke botol spray supaya penggunaannya lebih mudah.

  1. Pakai Sarung Tangan Sekali Pakai

Saat membersihkan bagian permukaan memakai disinfektan, pakai sarung tangan sekali pakai agar terhindar paparan bakteri atau virus secara langsung.

  1. Pakai Masker

Pastikan untuk selalu memakai masker ketika Anda membersihkan seluruh ruangan di dalam rumah menggunakan disinfektan.

  1. Semprotkan di Area yang Tepat

Semprotkan cairan disinfektan dengan merata hingga ke seluruh area di dalam rumah tanpa terkecuali. Semprotkan ke dinding, plafon dan juga lantai. Jangan lupa pula untuk mengaplikasikan disinfektan ke setiap tanaman dan pagar rumah Anda.

Pastikan Anda sudah menjangkau seluruh ruangan di dalam rumah menggunakan disinfektan. Itulah cara membuat disinfektan secara alami dan cara mengaplikasikannya dengan benar. Semoga bermanfaat!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *