Virus Corona atau Covid-19 telah menjadi bencana dunia yang menyerang tidak hanya satu atau dua negara saja, tetapi hampir semua negara. Berbagai dampak negatif yang disebabkan oleh virus berbahaya ini telah membuat seluruh masyarakat dunia perlu waspada di mana pun mereka berada. Bahkan, hingga beberapa negara memutuskan untuk memberlakukan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebarannya yang semakin masif. Selain kebijakan lockdown, pemberlakukan work from home (WFH) atau bekerja di rumah juga dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus di tempat kerja. Sehingga, cara ini dipilih sebagai cara yang efektif namun tetap bisa produktif untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan di masa pandemi ini dengan mengerjakannya di rumah masing-masing.

Dari serentetan kebijakan yang diberlakukan, yang tidak kalah penting adalah penerapan akan kebersihan, baik kebersihan diri, lingkungan, dan barang belanjaan Anda. Karena tidak bisa dihindari, walaupun terdapat pelarangan untuk berada di tempat yang ramai, setiap orang perlu berbelanja untuk bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari terutama dalam memenuhi kebutuhan asupan gizi keluarga. 

Sehingga, sebagian besar orang pun masih tetap pergi ke pasar maupun supermarket untuk membeli kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dan barang-barang yang Anda beli perlu diperhatikan kebersihannya, mengingat penularan Covid-19 juga bisa melalui permukaan atau barang yang terinfeksi lalu tangan Anda menyentuh bagian dari wajah Anda.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Barang Belanjaan Anda

Sangat tidak mungkin jika selama memberlakukan stay at home dalam masa pandemi Covid-19 ini setiap orang tidak berbelanja, terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti sembako, buah, sayur, dan perlengkapan mandi berupa sabun, sampo, dan pasta gigi. Kebutuhan-kebutuhan tersebut adalah kebutuhan primer yang digunakan sehari-hari dan akan segera habis. Oleh karena itu, Anda perlu untuk berbelanja. Namun, dalam masa ini kewaspadaan menjadi hal yang sangat penting, di mana menjaga agar barang-barang belanjaan yang berada di luar tersebut dan telah banyak terpapar bisa digunakan secara aman oleh Anda. 

Biasanya ketika berbelanja, para pembeli akan melihat dan mengecek setiap barang dengan menyentuhnya. Hal tersebut pun berpotensi untuk memindahkan virus ke barang-barang tersebut dan kemudian akan dipegang orang lain kembali. Hal ini lah yang membuat proses pemaparan virus semakin meluas. Sehingga, penting sekali untuk menjaga kebersihan barang belanjaan Anda. Terutama ketika sudah sampai di rumah, agar barang tersebut tidak disentuh oleh anggota keluarga yang lain sebelum dibersihkan.

Upaya membersihkan ini adalah bagian dari menjaga dan melindungi keluarga Anda dari paparan virus Covid-19 yang membahayakan tersebut. Selain itu, hal ini juga menjadi upaya untuk bisa memberikan barang-barang dan makanan yang bersih dan sehat untuk keluarga Anda. Dengan makanan yang sehat, maka keluarga juga akan sehat dan mampu mempertahankan kekebalan tubuhnya dari hadirnya virus-virus.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Akan Kebersihan Barang Belanjaan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan khususnya pada kebersihan barang-barang belanjaan Anda. Di mana kemungkinan berbagai macam virus bisa saja menempel pada barang belanjaan termasuk Covid-19. Agar Anda tidak terpapar akan virus tersebut, maka berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan barang belanjaan Anda tersebut.

  1. 1.Pastikan Kebersihan Tangan Anda

Tangan menjadi salah satu organ tubuh yang paling mudah dan paling sering terpapar. Karena tangan lah yang lebih aktif untuk menyentuh apa saja. Sehingga kebersihan tangan perlu untuk diperhatikan lebih terutama di tengah pandemi Covid-19 ini. Anda perlu berhati-hati terhadap segala sesuatu yang Anda sentuh. Sering lah untuk membersihkannya dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Begitu pun saat Anda akan berbelanja, juga bersihkan terlebih dahulu tangan Anda sebelum memegang barang belanjaan. Jika Anda menggunakan troli atau keranjang barang, usahakan untuk membersihkan pegangannya karena alat tersebut telah digunakan oleh banyak orang. Selain itu juga usahakan untuk memegang barang-barang yang memang akan Anda beli saja. Sebelumnya Anda bisa membuat daftar belanja agar lebih cepat dan sesuai tujuan. 

  1. Membersihkan Kemasan

Jika Anda membeli makanan kemasan, untuk makanan yang berada di dalam kemasan akan relatif aman dari paparan virus. Namun, tidak untuk kemasannya. Kemasan tersebut bisa saja telah tersentuh oleh beberapa orang yang juga akan membeli. Sehingga, Anda perlu untuk berhati-hati. Sebelum mengkonsumsinya, bersihkan dahulu kemasan makanan tersebut dengan menggunakan cairan disinfektan yang dituangkan ke sebuah kain lalu gunakan untuk membersihkan kemasannya. Baru setelah itu, Anda bisa mengkonsumsinya.

  1. Mencuci Buah Dan Sayur Yang Dibeli

Buah dan sayur yang Anda beli, sesampainya di rumah segera dibersihkan dengan cara mencucinya dengan air bersih yang mengalir serta gunakan sabun khusus untuk mencuci bahan makanan. Hal tersebut dikarenakan, selama buah dan sayur berada di pasar atau supermarket biasanya dipajang, sehingga peluang untuk terpapar sangat lah besar. 

  1. Membersihkan Kantong Plastik Atau Tas Kain

Ketika Anda berbelanja, biasanya Anda akan mendapat kantong plastik sebagai wadah barang-barang belanjaan Anda atau Anda yang membawa tas belanja sendiri dari rumah. Agar plastik bisa digunakan kembali misalnya sebagai tempat sampah, maka plastik tersebut bisa diletakkan di luar rumah terlebih dahulu baru kemudian digunakan. Sedangkan tas kain untuk berbelanja harus segera dicuci agar bisa digunakan untuk berbelanja kembali.

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Begitu pun dengan barang-barang belanjaan yang bersih tentu akan baik untuk pembelinya. Menjaga kebersihan barang belanjaan haruslah diperhatikan dengan baik agar penularan virus Covid-19 dapat diminimalisir.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *